Windows Phone 8

21 Jan 2013 17:00 | Hits: 3677

Cara Menkonfigurasi Windows Phone 8 Agar Tersinkronasi Ke Windows

Cara Menkonfigurasi Windows Phone 8 Agar Tersinkronasi Ke Windows

Windows Phone 8 mungkin kurang akrab ditelinga masyarakat kita. Padahal produk baru nokia ini bukan tidak bagus. Fitur dan kemampuannya jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows Phone 7. Mungkin Nokia sudah kalah pamor terlebih dahulu dengan Android dan iPhone yang tahun ini benar-benar mengebrak.

Untuk mendorong pengguna beralih ke Windows Phone 8, salah satu cara yang digunakan Nokia adalah mematikan kompabilitas dengan aplikasi desktop Zune untuk sinkronasi. Untuk Windows 7, ini merupakan kebijakan yang menurunkan pelayanan Windows Phone. Sebagai gantinya di Windows Phone 8, mereka menggunakan Windows Phone dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Windows Store. Inilah guna dari store, berbagai aplikasi bisa ditemukan diasana.

Sinkronisasi pada Windows 7

Pengguna Windows Phone 7 mungkin sudah mengetahui sinkronisasi ke PC dengan menggunakan Metro-style Zune. Ini bisa digunakan untuk memutar MP3 dari data Windows Phone 7, video, akses ke Zune Marketplace dan Windows Phone juga mendukung musik dari XBox. Tetapi saat ini aplikasi ini telah dipensiunkan oleh Windows Phone. Dengan alasan agar pengguna beralih ke Windows Phone 8. Sebenarnya sinkronisasi Windows Phone ke PC masih bisa dilakukan, tetapi itu butuh teknik khusus yang bukan dari Windows Phone sendiri.

Penyelarasan Windows Phone 8 dengan Windows Phone 7

Untuk bisa sinkron dengan Windows 7, silahkan Anda menuju halaman ini kemudian download aplikasi sinkronasi tersebut (masih dalam versi beta). Setelah selesai menginstal, Anda harus menghubungkan Windows Phone 8 Anda ke komputer. Di bagian bawah Anda akan melihat apakah penyimpanan data telah digunakan dan type data apa tipe datanya.

Untuk menyelaraskan Windows Phone 8 ke Windows 7 pilih menu PC di kiri atas dan ketik tipe media yang Anda inginkan. Pengaturan akan berbeda untuk tiap tipe file seperti musik, video, foto dan nada dering. Alat penyelaras ini akan memasukkan folder dari Library Windows yang memungkinkan Anda memilih folder mana yang ingin di pilih untuk disinkronisasi dengan smartphone Anda.

Folder-folder khusus mungkin perlu sedikit pengaturan atau Anda dapat menggunakan nama folder dari smartphone Anda. Sangat mudah menyelaraskan Windows Phone 8 ke Windows 7, cukup centang kotak yang disedikan kemudian komputer akan menyalin data dari smartphone Anda. Sambungan berikutnya kita tidak perlu lagi melakukan pengaturan, cukup sambungkan saja perangkat Anda termasuk ketika Anda menambahkan folder baru di ponsel.

Melalui pilihan Setting Anda bisa mengatur cara data diselaraskan agar ukuran data bisa lebih kecil lagi seperti foto Resize untuk mengatur besar foto dan Take Up less space untuk mengurangi besar sebagian dari data Anda, Anda juga bisa melakukan penyelarasan video, musik dari folder Library atau iTunes.

Yang perlu diperhatikan bila folder foto, video, dan musik kosong, mungkin itu karena Anda tidak memilikinya di folder Library Windows. Untuk mengatasinya Anda perlu menghubungkan folder media di ponsel ke folder Library di Windows 7.

Penyelarasan Windows Phone 8 dengan Windows 8

Cara penyelarasannya dengan Windows 7 hampir sama dan memungkinkan Anda masuk ke halaman depan Windows 8 Store. Dari sini kita bisa menelusuri atau search di store untuk menemukan aplikasi dan mengintaslnya. Alat untuk penyelarasnya juga dalam bentuk aplikasi desktop dan cara-caranya sama dengan yang telah dijelaskan di atas.

Sedikit catatan untuk Windows Phone 8, sinkronisasi tidak terlalu dibutuhkan karena integrasinya dengan PC sudah sangat baik apalagi untuk Windows 8. Di Windows Phone 8 kita akan lebih mudah melakukan kegiatan penyelarasan. Kesulitan yang dihadapi Windows Phone 7 dan 7,5 adalah Windows memblok penggunaan penyimpanan USB dalam mengintegrasikan Windows Phone 7 ke PC. Untuk sinkronisasi harus menggunakan aplikasi tersendiri (kecuali Anda tahu cara penyelarasan ilegal), untuk Windows Phone 8 telah menggunakan MTP (Media Transfer Protocol). Ini yang agak sedikit kurang pada Windows Phone 8, karena USM (USB Mass Storage) memiliki keunggulan dari MTP seperti tidak terbatasnya file yang ditransfer, bisa menggunakan perangkat ketika sedang transfer dan mendukung (Windows Media Digital Rights Management). Tetapi sepertinya Windows memiliki alasan lain menggunakan teknologi MTP, harga dari teknologi ini lebih murah daripada USM dan juga menjaga agar perangkat tidak crash saat melakaukan penyelarasan. [RIC]