M-Banking BCA

20 Aug 2011 14:36 | Hits: 41362

Maksimalkan Layanan M-Banking BCA dari Ponsel Anda

Maksimalkan Layanan M-Banking BCA dari Ponsel Anda

Setelah membahas m-banking Mandiri, kini giliran m-banking BCA yang ingin Paseban bahas. Bank BCA memiliki 4 layanan m-banking BCA yang bisa Anda manfaatkan menggunakan peralatan mobile yaitu BCA by Phone, m-BCA, SMS BCA, dan KlikBCA.

KlikBCA

KlikBCA adalah produk perbankan elektronik yang memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi perbankan melalui komputer dan smartphone. Untuk KlikBCA versi smartphone Anda dapat langsung akses ke https://m.klikbca.com di mana Anda akan langsung mendapat layar login KlikBCA. Untuk selanjutnya Anda dapat melakukan transaksi perbankan m-banking BCA yang diinginkan.

Anda tinggal datang saja ke ATM BCA untuk Registrasi Internet dan mendapatkan user ID serta PIN Internet Banking yang dapat langsung dipakai untuk login. Layar KlikBCA dirancang seperti layar ATM BCA sehingga begitu mudah, dan tidak perlu ketrampilan khusus untuk menggunakannya.

KlikBCA dilengkapi dengan security untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data dan transaksi yang Anda lakukan. Untuk menambah keamanan, ia juga dilengkapi dengan KeyBCA, yaitu alat pengaman tambahan untuk lebih mengamankan transaksi finansial di KlikBCA. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan password yang selalu berganti setiap kali Anda melakukan transaksi finansial. Dengan demikian, keamanan Anda bertransaksi akan makin terjaga.

Transaksi yang Anda dapat lakukan melalui ATM BCA, dapat dilakukan melalui KlikBCA, kecuali penarikan tunai. Biaya layanan KlikBCA adalah biaya layanan data internet yang Anda gunakan.

BCA by Phone

BCA by Phone adalah produk perbankan elektronik yang disediakan membantu Anda untuk dapat menerima layanan informasi perbankan dan melakukan transaksi finansial non tunai melalui pesawat telepon (touch tone atau handphone). BCA by Phone dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, yaitu Personal Identification Number (PIN) dan KeyBCA.

Layanan m-banking BCA yang satu ini juga memberikan kemudahan berupa penambahan nomor akses BCA by Phone melalui ponsel. Anda cukup tekan 69123 pada ponsel, maka otomatis akan terhubung ke BCA by Phone. No Akses ini berlaku nasional, sehingga nasabah dapat mengakses nomor telepon ini dimana pun nasabah berada. Hal ini dimungkinkan karena BCA bekerja sama dengan operator GSM seperti: Indosat, Excelcomindo, dan Telkomsel.

Pemegang rekening/kartu: BCA Prioritas, Tapres, Giro, BCA Dollar, BCA Card, Tahapan dengan Kartu Paspor Platinum bisa melakukan semua kegiatan transaksi bank menggunakan BCA by Phone.

Untuk melakukan registrasi Anda cukup mengisi formulir yang disediakan di kantor cabang BCA terdekat, kemudian Anda dapat mengambil PIN BCA by Phone 7 (tujuh) hari kerja kemudian dan KeyBCA 10 (sepuluh) hari kerja kemudian dengan membawa bukti kepemilikan rekening dan kartu identitas.

KeyBCA yang digunakan pada BCA by Phone sama dengan KeyBCA yang digunakan pada KlikBCA Individu. Apabila Anda sudah memiliki KeyBCA yang terhubung dengan KlikBCA Individu dan ingin melakukan transaksi finansial melalui BCA by Phone, Anda harus melakukan registrasi BCA by Phone dan tambah koneksi KeyBCA di kantor cabang BCA terdekat.

Untuk menambah keleluasaan Anda, BCA by Phone dapat diakses dari :

Tarif layanan BCA by Phone adalah Rp. 550/menit baik melalui ponsel maupun nomor di atas.

M-BCA

M-BCA adalah layanan perbankan BCA berupa menu yang bisa Anda akses melalui ponsel. Berbagai transaksi perbankan dapat anda lakukan melalui ponsel anda, semudah anda bertransaksi di ATM BCA.

Operator yang sudah bekerjasama dalam layanan m-BCA ini adalah:

  • PT XL Axiata Tbk, untuk pemegang kartu Xplor & bebas
  • PT Indosat,Tbk untuk pemegang Kartu Mentari, Matrix dan IM3
  • PT Telekomunikasi Selular untuk pemegang kartu HALO & simPATI

m-BCA dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal. Selain menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

Syarat Menggunakan m-BCA

  1. Pemegang kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA)
  2. Pelanggan GSM (XL, Indosat dan Telkomsel) yang memiliki SIM Card yang sudah m-BCA Ready.

Caranya adalah:

  1. Melakukan registrasi/ pendaftaran di ATM/Kantor Cabang BCA terdekat
  2. Melakukan aktivasi di ponsel (untuk transaksi m-Info, m-Payment & m-Admin)
  3. Melakukan aktivasi fin di cabang BCA terdekat (untuk transaksi m-Transfer & m-Commerce)

SMS BCA

SMS BCA adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung oleh Nasabah melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (Short Message Services). Semua SIM Card baik GSM maupun CDMA bisa menggunakan layanan ini.

Jenis informasi yang dapat diakses melalui SMS BCA adalah :

  • Info saldo,
  • Info mutasi dan
  • Info Nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA
  • Info Kurs
  • Info Rekening Deposito
  • Registrasi Informasi Kartu Kredit BCA
  • Penghapusan Registrasi Informasi Kartu Kredit BCA
  • Info Limit Kartu Kredit BCA
  • Info Tagihan Kartu Kredit BCA
  • Info Transaksi Kartu Kredit BCA
  • Pembelian Pulsa Isi Ulang

Syarat Menggunakan SMS BCA

  1. Pemegang kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA)
  2. Pelanggan GSM atau CDMA

Cara mendapatkan layanan SMS BCA, Nasabah cukup melakukan Registrasi di ATM BCA:

  1. Masukkan kartu ATM BCA.
  2. Masukkan PIN.
  3. Pilih Menu 'Daftar E-Banking/Autodebet'
  4. Pilih 'SMS BCA'. Hasil: Tampil klausula telah setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan SMS BCA serta meminta nasabah untuk memasukkan nomor handphone.
  5. Masukkan nomor handphone yang akan dipakai untuk melakukan transaksi SMS BCA. Hasil : Tampil layar untuk memasukkan kode akses.
  6. Masukkan 4 (empat) digit kode akses sesuai pilihan sendiri. Hasil: Tampil layar untuk memasukkan ulang kode akses.
  7. Masukkan 4 (empat) digit kode akses yang telah dipilih sekali lagi dan pilih "Benar". Hasil: Tampil klausula untuk tidak m mberitahukan kode akses kepada orang lain dan konfirmasi terhadap nomor handphone yang akan didaftarkan.
  8. Pilih "Ya" untuk persetujuan konfirmasi nomor handphone. Hasil: Mesin ATM/ANT mengeluarkan struk.

Untuk menggunakan SMS BCA, Anda akan dikenakan biaya SMS yang langsung memotong pulsa (untuk pelanggan prabayar) atau masuk dalam tagihan bulanan ponsel (untuk pelanggan pasca bayar). Tarif layanan SMS BCA ini adalah sebagai berikut:

Tarif GSM = Rp. 800 - Rp. 900
Tarif CDMA = Rp. 400 - Rp. 550

Untuk setiap transaksi yang anda lakukan, anda akan menerima bukti transaksi dalam bentuk SMS yang masuk ke inbox ponsel. RY