Recovery Repair

16 Jan 2013 21:00 | Hits: 6239

Tips Cara Membuat Media Recovery Repair Windows 8 Pada USB Drive, CD, DVD

Tips Cara Membuat Media Recovery Repair Windows 8 Pada USB Drive, CD, DVD

Pada artikel kali ini Paseban akan mencoba memberikan sedikit tips untuk membuat media recovery pada Windows 8, Anda akan dapat membuat media recovery di Windows 8, media ini dapat digunakan dalam situasi ketika instalasi Windows 8 Anda gagal atau error dalam melakukan proses booting. Recovery media ini adalah sebuah partisi yang berguna untuk memulihkan atau memperbaiki sistem operasi Windows 8 Anda. Anda dapat melakukannya secara sederhana untuk melakukan boot dari media ini dan juga untu memperbaiki sistem komputer Anda menjadi stabil. Anda dapat menggunakan media seperti USB drive yang memiliki kapasitas minimum memori penyimpanan sebesar 256 MB atau Anda juga dapat menggunakan disk CD/DVD untuk membuat recovery repair media ini.

Berikut ini adalah cara menggunakan recovery disk pada media CD/DVD pada Windows 8:

• Buka charm bar dengan cara mengarahkan mouse Anda ke arah pojok kanan atas atau pojok kanan bawah pada Windows 8 Anda, lalu ketik recovery pada Windows 8 charm bar tersebut.

• Lalu klik settings pada right pane.

• Selanjutnya klik Create a recovery disk.

• Klik YES , lalu klik Run as Administrator.

• Anda harus memasukan password, simpan di tempat yang aman karena password ini nantinya yang akan digunakan jika suatu saat Windows 8 Anda gagal melakukan booting entah karena virus ataupun ada sistem file yang corrupt atau hilang.

• Klik Next.

• Masukkan USB drive/flashdisk yang kosong dengan ukuran minimum memori penyimpanan sebesar 256 MB.

• Klik pada pada Create a system recovery disk menggunakan media CD atau DVD.

• Masukkan CD/DVD yang kosong dan pastikan CD/DVD tersebut dapat berjalan dengan baik.

• Selanjutnya klik tombol Create Disk.

Berikut ini adalah cara membuat recovery disk menggunakan media USB drive/flashdisk:

Sebelum memulai, siapkan sebuah USB drive atau flashdisk dengan ukuran kapasitas memori minimum sebesar 256 Mb atau ukuran kapasitas yang lebih besar. Pastikan USB drive tersebut bebas dari virus dan juga kosong, jika Anda ragu apakah USB drive/flashdik tersebut berisi virus atau tidak silakan scan terlebih dahulu menggunakan antivirus yang menurut Anda baik, atau dapat juga dilakukan dengan memformat USB drive/flashdik tersebut.

• Jika semua sudah disiapkan dengan baik tekan tombool press Windows + W pada keyboard, atau arahkan mouse ke pojok kanan atas atau pojok kanan bawah untuk memanggil menu charm bar pada Windows 8.

• Pada kotak pencarian ketik recovery drive (tanpa tanda petik) kemudian pilih dan klik Create a recovery drive.

• Selanjutnya masukkan USB Drive/flashdisk yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke PC, laptop atau tablet Windows 8 Anda.

• Lalu akan muncul jendela Recovery Drive, selanjutnya kli tombol Next dan pilih nama lokasi di mana USB drive/flashdisk yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

• Aplikasi ini akan melakukan format terhadap USB drive/flashdisk, pastikan tidak ada data-data penting yang masih tersimpan.

• Tunggu proses pemformatan USB drive/flashdisk hingga selesai.

• Setelah selesai maka kini Anda memiliki sebuah recovery repair media untuk Windows 8 yang suatu saat dapat digunakan jika sistem Windows 8 Anda mengalamai masalah.

Bagaimana cara menggunakan bootable USB drive atau CD/DVD tersebut?

Setelah membuat bootable USB drive atau CD/DVD, Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki/memulihkan perangkat Windows 8 dengan melakukan booting dari media tersebut. Media recovery repair ini dapat digunakan dari komputer ke komputer dan juga dari tablet ke tablet.

Aturan dasar untuk menggunakan media bootable USB/CD/DVD adalah memasukkannya sebelum Anda mematikan atau me-restart sistem operasi Windows 8 dan juga mengganti booting pada BIOS PC, laptop Anda menjadi CD/DVD atau USB drive. Bagaimana cara mengganti booting pada BIOS? Setiap PC maupun komputer memiliki cara yang berbeda-beda, namun pada umumnya untuk masuk ke BIOS Anda bisa menekan tombol Del, F1 ataupun F12 pada saat menyalakan PC, ataupun laptop dan pastikan sebelum masuk ke booting Windows 8. Jika Anda msaih bingung mengenai cara mengganti booting pada BIOS.

Setelah Anda melakukan booting dari USB/CD/DVD, Anda akan diberikan berbagai macam fitur pilihan recovery pada Windows 8 untuk memperbaiki sistem Windows 8 yang rusak atau sering error oleh virus seperti fitur: Refresh, Reset, System Restore, dan *Recovery Image, Command Prompt * (CMD). Silakan pilih fitur tersebut sesuai dengan masalah pada Windows 8 Anda yang sedang dialami. [AG]