Default Search Engine Google

19 Jan 2013 13:00 | Hits: 3269

Cara Menjadikan Default Search Engine Google Pada Mozilla Firefox

Cara Menjadikan Default Search Engine Google Pada Mozilla Firefox

Google merupakan mesin pencari (Search Engine) yang banyak digunakan oleh orang seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan dijadikannya Google sebagai website peringkat pertama di dunia. meski tampilannya terlihat sederhana, tetapi mampu memikat hati semua orang untuk terus mengunjunginya.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet maka mesin pencari pun begitu dibutuhkan, termasuk Anda. Pencarian di mesin pencari ini sangat tergantung kepada kebutuhan setiap orang. Pada mesin pencari Google, hampir semua kebutuhan Anda dapat dicari. Kebutuhan tersebut berupa tugas kuliah, tips bermain game, resep masakan, info tentang artis idola Anda, dan yang lainnya. Maka dari itu, mesin pencari Google ini perlu dijadikan sebagai Default pada Browser Anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda ketika melakukan pencarian di internet dan tidak perlu menuju mengetikkan Google terlebih dahulu.

Untuk Browser, Anda dapat menggunakan Mozilla Firefox. Ada beberapa alasan menggunakan Browser ini. Cara menjadikan default Search Engine Google pada Mozilla Firefox ini tidak harus dilakukan dengan cara online. Cara ini juga dapat dilakukan secara offline. Berikut Paseban sedikit bocorkan caranya:

Anda buka Mozilla Firefox yang ada pada desktop komputer Anda. Kemudian, pada kolom Address, Anda ketikkan About:Config. Lalu, Anda akan ditampilkan suatu tulisan I ‘ll Be Careful, I Promise. Kemudian, Anda tekan Enter. Dengan seperti itu, Anda akan di bawa ke suatu tampilan kode yang ada pada Mozilla Firefox.

Untuk memasukkan Google sebagai Search Engine, Anda klik kiri di kolom yang bertuliskan Freference Name. lalu, Anda pilih Modify dan masukkan kode berikut http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=utf-8&q=. Jadi, Anda harus kode yang ada tersebut dan dig anti dengan kode di atas. Dengan cara itu maka Google akan menjadi Default pada Mozilla firefox Anda.

Cara menjadikan Google sebagai default Search Engine tidak berhenti sampai disitu, melainkan masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. salah satunya adalah dengan membuang atau menghapus Seach Engine lain yang ada pada Mozilla Firefox Anda. Hal ini dilakukan agar Search Engine yang lain itu tidak dapat mengusai default lagi. Jika sudah dihapus maka hanya Google yang dapat dijadikan sebagai default pada Mozilla Firefox Anda. Proses penghapusan ini tidak serta-merta dihapus begitu saja melainkan tergantung kepada kebutuhan Anda. Misalnya Wilkipedia, Yahoo, dan yang lainnya. Jika hal itu dianggap penting maka Anda tidak perlu untuk menghapusnya.

Cara menghapus Seach Engine lain dapat Anda Lakukan dengan mudah. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuka Mozilla Firefox. Kemudian, Anda masuk ke menu Tool. Kemudian, Anda pilih Add-Ons. Jika halaman ini sudah muncul, terdapat beberapa pilihan yang ada. Anda pilih Extensions. Untuk Mozilla Firefox versi terbaru terdapat beberapa perbedaan untuk Masuk ke Add-Ons. Untuk Masuk ke halaman tersebut, Anda pilih tulisan Firefox yang ada di pojok kiri atas. klik Kiri, lalu Anda pilih Adds-Ons. Dengan memilih itu secara otomatis, Anda juga akan menemukan Extensions yang ada pada baris ketiga setelah Adds-Ons.

Ketika memilih Extensions maka semua Search Engine akan terlihat di halaman tersebut. Untuk menghapus, Anda pilih Remove. Jika ingin tetap berada di Mozilla Firefox, Anda biarkan saja tanpa harus meremove Search Engine tersebut. Setelah Hal itu dilakukan maka pada Address Bar akan berkuran menjadi dua. Pada sisi kiri adalah milik Google sebagai default Search Engine Anda. Sedangkan pada sisi kanan adalah milik bersama dari Seach Engine yang ada pada Mozilla Firefox Anda.

Untuk Lebih memantapkan Google sebagai Default Search Engine, Anda juga harus menghapus Babylon Toolbar. Biasanya, untuk menghapus Babylon Toolbar ini tergolong sulit dilakukaan dengan cara di atas. Maka perlu cara lain untuk menghapusnya. Cara lain tersebut adalah dengan masuk ke Direktory. Lalu, Anda masuk ke Program File. Pada Program File tersebut terdapat beberapa aplikasi. Anda pilih Mozilla Firefox. Kemudian, pilih Search Plugin. Dengan memilih Search Plugin akan tampak Babylon Toolbar. Lalu, Anda hapus dengan klik Kanan dan Pilih Delete.

Itulah artikel paseban tentang cara menjadikan Google sebagai Search Engine. Untuk mendapatkan informasi tentang yang lain, Anda juga perlu sering mengunjungi situs Portal Paseban ini. semoga bermanfaat. [TFK]