Bluetooth

15 Aug 2011 09:25 | Hits: 5883

Perkembangan Teknologi Bluetooth

Perkembangan Teknologi Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi yang dikembangkan pertama kali oleh vendor Ericsson pada tahun 1994. Teknologi ini berfungsi untuk melakukan transfer atau pertukaran data nirkabel dalam jarak dekat dengan memanfaatkan gelombang transmisi radio jarak pendek pada frekuensi 2400-2480 MHz.

Teknologi Bluetooth mirip seperti WiFi, untuk menghubungkan beberapa perangkat tanpa menggunakan kabel. Sebuah perangkat "master bluetooth" bisa melakukan koneksi dengan maksimal 7 perangkat lain yang juga memiliki hardware atau adapter bluetooth.

Bluetooth menggunakan frekuensi yang sama dengan WiFi, hanya saja WiFi memiliki tenaga yang lebih besar sehingga kecepatan koneksi dan jarak jangkauan lebih bagus daripada bluetooth.

Sejak diciptakan tahun 1994, bluetooth telah mengalami banyak pengembangan. Perkembangan ini ditandai dengan beberapa versi dari teknologi bluetooth tersebut.

Bluetooth v1.0 dan v1.0B
Versi pertama dari bluetooth ini mengalami banyak masalah dan produsen mengalami kesulitan untuk menciptakan sebuah produk yang bisa saling berhubungan antara satu sama lain dengan benar. Versi 1.0 dan versi perbaikannya 1.0B bisa dibilang mengalami kegagalan.

Bluetooth v1.1
Pada seri ini, para pengembang berhasil melakukan perbaikan pada sebagian besar error yang ditemukan di versi 1.0B. Pada versi 1.1 ini terdapat tambahan mendukung non-encrypted channels dan Received Signal Strength Indicator (RSSI).

Bluetooth v1.2
Pada versi selanjutnya bluetooth mengalami banyak perubahan, bahkan bluetooth versi 1.2 ini tidak bisa digunakan dengan perangkat yang menggunakan bluetooth versi 1.1. Perkembangan bluetooth v1.2 antara lain:

"¢ Koneksi yang lebih cepat, dan kemampuan untuk mencari atau membaca perangkat lain lebih cepat.

"¢ Adaptive frequency-hopping spread spectrum (AFH), teknologi untuk meningkatkan ketahanan terhadap gangguan frekuensi radio dengan menghindari frekuensi yang sedang banyak digunakan.

"¢ Kecepatan transfer naik hingga 720 kbits/s.

"¢ Extended Synchronous Connections (eSCO), teknologi yang meningkatkan kualitas suara dari link audio dengan memungkinkan transmisi ulang paket yang rusak, dan secara opsional dapat meningkatkan latency audio untuk memberikan dukungan yang lebih baik saat transfer data secara bersamaan.

Bluetooth v2.0 + EDR
Versi ini rilis pada tahun 2004 dan tidak kompatibel dengan bluetooth v1.2, hal ini dikarenakan pada bluetooth v2.0 menggunakan perkembangan baru yang bernama Enhanced Data Rate (EDR) yang berfungsi untuk mempercepat transfer data. Dengan adanya EDR ini, Bluetooth 2.0 memiliki kecepatan transfer hingga 2.1 Mbit/s. Selain itu EDR juga bisa menghemat konsumsi tenaga yang dibutuhkan bluetooth.

Bluetooth v2.1 + EDR
Fitur yang menonjol pada bluetooth v2.1 + EDR ini adalah adanya Secure Simple Pairing (SSP). SSP ini meningkatkan kemampuan "pairing" antar perangkat dan menambah sistem keamanan. Perkembangan lain dari Bluetooth v2.1 + EDR adalah Extended Inquiry Response (EIR), yang mana memberikan sistem filter yang lebih bagus sebelum melakukan koneksi antar perangkat.

Bluetooth v3.0 + HS
Versi 3.0 + HS ini muncul pertama kali pada 21 April 2009. Versi inilah yang banyak digunakan pada berbagai macam perangkat saat ini. bluetooth v3.0 + HS memiliki kecepatan transfer hingga 24 Mbit/s.

Bluetooth v4.0
Versi ini terbilang masih baru, rilis pada 30 juni 2010. Bluetooth v4.0 ini menonjolkan kemampuannya yang low energy. Perkembangan pada bluetooth v4.0 memungkinkan suatu perangkat untuk "highly integrated and compact", kemampuan mencari atau membaca perangkat lain lebih mudah dan cepat, transfer data memiliki sistem keamanan lebih baik dan membutuhkan lebih sedikit tenaga. RY