M-Banking Mandiri

13 Aug 2011 12:08 | Hits: 18000

Cara Registrasi dan Tarif Berbagai Macam Layanan m-Banking Mandiri

Cara Registrasi dan Tarif Berbagai Macam Layanan m-Banking Mandiri

Layanan mobile banking (m-banking) memiliki kemampuan melakukan transaksi apapun dari sebuah perangkat ponsel, kapanpun dan di mana pun. Banyaknya model layanan yang tersedia untuk bisa digunakan membuat layanan mobile banking sangat cocok untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern saat ini yang mengedepankan mobilitas.

Untuk Anda pengguna ponsel dan nasabah Bank Mandiri yang belum memanfaatkan layanan m-banking dan masih awam dengan layanan ini, Paseban kali ini ingin membahas tentang cara registrasi m-Banking Mandiri lengkap dengan tarifnya, serta beberapa model layanan m-banking yang disediakan.

Mandiri SMS
Apapun SIM card Anda, apapun tipe ponsel Anda, Anda bisa menggunakan layanan Mandiri SMS. Mandiri SMS adalah layanan m-Banking Mandiri yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS ke nomor 3355 di ponsel Anda.

Registrasi Mandiri SMS melalui ATM:
1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.
2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.
3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.

Selain melalui ATM Anda juga bisa melakukan registrasi m-Banking Mandiri dengan datang langsung ke cabang Bank Mandiri. Untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan, kartu ATM Mandiri).

Mandiri SMS tidak membebankan biaya pendaftaran dan administrasi bulanan, alias gratis. Biaya yang perlu Anda keluarkan adalah saat melakukan transaksi melalui Mandiri SMS, yaitu biaya mengirim sms + Rp 500 dan SMS notifikasi transaksi dari Bank Mandiri sebesar Rp 500.

Mandiri m-ATM
Dengan Layanan m-ATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna Mandiri SMS bisa melakukan pembelian barang, pembayaran dan tarik tunai di merchant m-ATM langsung dari ponselnya.

Merchant m-ATM adalah nasabah Bank Mandiri pengguna Mandiri SMS yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Untuk memperoleh kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.

Layanan m-ATM m-Banking Mandiri ini bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program m-ATM. Pedagang m-ATM bisa dikenal dari Logo Layanan m-ATM di toko mereka.

Untuk melakukan pembelian, pembayaran barang atau penarikan uang tunai di merchant m-ATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel nasabah.

Nasabah dianjurkan untuk memastikan kebenaran isi konfirmasi transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa.

Setelah transaksi selesai diproses oleh sistem Bank Mandiri, merchant m-ATM Mandiri akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli atau menerima uang tunai dari merchant tersebut.

Mandiri Call
Mandiri Call, layanan perbankan m-Banking Mandiri otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Anda semakin dekat dengan rekening Anda dan memudahkan Anda mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat.

Adapun langkah-langkah Registrasi m-Banking Mandiri Mandiri Call sebagai berikut:
1. Masukkan Kartu Mandiri Debit
2. Pilih Bahasa yang akan digunakan
3. Masukkan PIN kartu Mandiri Debit
4. Pada Menu Utama pilih "Pendaftaran E-Banking"
5. Pilih " Call Center"
6. Pilih "Pendaftaran Awal"
7. Pilih "Setuju" atas syarat dan ketentuan
8. Masukkan 6 (enam) digit angka (sebagai PIN Mandiri Call)
9. Masukkan kembali PIN (untuk konfirmasi)
10. Akan muncul pesan : " Pendaftaran Mandiri Call Anda Telah Berhasil Dilakukan"

Cara menggunakan layanan Mandiri Call adalah, hubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau (021) 5299-7777 dari telepon, ponsel atau mesin faksimili Anda. Mesin penjawab akan mengucapkan salam , dan menawarkan pilihan bahasa. Anda tidak perlu menekan apapun , jika memilih layanan dengan bahasa Indonesia atau tekan 1 jika Anda ingin melewati ucapan salam. Mesin penjawab akan menawarkan pilihan kelompok jenis layanan.

Biaya untuk penggunaan Mandiri Call yang perlu Anda keluarkan adalah biaya telepon saat Anda melakukan transaksi. Berikut tarif flat per-menit apabila Anda menghubungi Mandiri Call 14000 melalui ponsel:

"¢ Telkomsel Kartu Halo Rp 1200,-
"¢ Kartu Simpati Rp 1 800,-
"¢ Indosat (Postpaid/Prepaid) Rp 1700,-
"¢ StarOne (Jkt) Rp 260,-
"¢ XL (Postpaid/Prepaid) Rp 1700,-
"¢ Fren (Postpaid/Prepaid) Rp 1200,-
"¢ Flexi Jkt tarif lokal, kota lain tarif SLJJ
"¢ Esia Jkt tarif lokal, kota lain tarif SLJJ

Mandiri Mobile
Paseban pernah membahas layanan m-Banking Mandiri yang satu ini, yaitu layanan untuk melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi BlackBerry. Bank Mandiri sebenarnya mengkategorikan layanan Mandiri Mobile sebagai e-banking. Namun Paseban tetap mengikut sertakan Mandiri Mobile pada pembahasan m-banking kali ini sebagai salah satu alternatif untuk Anda.

Cara untuk mengaktifkan Mandiri Mobile Pada perangkat BlackBerry Anda adalah:
"¢ Nasabah dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan mandiri mobile melalui: SMS ke nomor 3355 dengan perintah ketik REG Mobile, Situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id, dan Blackberry App World.
"¢ Selanjutnya apabila aplikasi sudah selesai diunduh, maka nasabah wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan setiap kali login ke dalam aplikasi.
"¢ Untuk dapat melakukan transaksi keuangan, maka nasabah wajib terdaftar sebagai user aktif mandiri sms karena otorisasi transaksi mandiri mobile menggunakan PIN mandiri sms.

Biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan layanan Mandiri Mobile adalah biaya layanan data internet yang dibebankan oleh masing-masing operator yang Anda gunakan. RY