Folder Windows 7

11 Jan 2013 17:00 | Hits: 3718

3 Cara Cepat dan Mudah Untuk Menyembunyikan Folder Windows 7

3 Cara Cepat dan Mudah Untuk Menyembunyikan Folder Windows 7

Privasi sulit di dapat sekarang ini. Apakah anda berbagi komputer, atau menaruh curiga terhadap rekan-rekan yang kadang-kadang memiliki akses ke komputer Anda. Anda mungkin memiliki keinginan untuk menyimpan informasi sensitif atau file pribadi di tempat yang aman. Artikel ini akan membahas tiga cara cepat dan mudah untuk menyembunyikan folder Windows 7.

Ketahuilah bahwa tidak ada satupun dari solusi ini akan menyembunyikan data anda dengan efektif dari pengguna yang berpengetahuan. Untuk data yang benar-benar sensitive dan rahasia, sebaiknya anda mencari solusi yang lebih canggih, yang tidak hanya menyembunyikan atau mengunci, tetapi juga mengenkripsi data anda. Namun, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menggunakan cara berikut ini.

Sembunyikan Folder

Windows menawarkan sebuah cara mudah untuk dapat menyembunyikan folder Windows 7 dengan cepat dari orang-orang yang dicurigai. Metode ini mengharuskan Windows untuk tidak menampilkan file dan folder tersembunyi. Untuk memulainya, anda harus menyimak pengaturan ini:

• Buka Windows Explorer (buka folder apa saja) dan pergi ke > Tools > Folder Options
• Dalam Folder Options, beralih ke tab View
• Di bawah bagian Files and Folders cari pilihan Hidden files and folders, lalu pilih Don’t show hidden files, folders, or drives
• Klik OK dan lanjutkan untuk menyembunyikan folder

Untuk menyembunyikan folder, lakukan hal berikut:

• Klik kanan folder yang ingin anda sembunyikan dan pilih Properties
• Pada tab General, beri tanda centang pada pilihan Hidden
• Beralih ke Advance, ganti atribut arsip dan index
• Klik OK untuk menyimpan perubahan

Saat Anda ingin mengakses folder Anda, lihatlah folder options untuk membuat folder yang tersembunyi menjadi terlihat untuk sementara. Untuk mengambil jalan pintas dan menyembunyikan atau menampilkan beberapa folder sekaligus, anda dapat menggunakan Free Hide Folder. Ini dapat menyembunyikan dan menampilkan folder yang dipilih, mengingat folder options diatur untuk tidak menunjukkan file yang dan folder yang disembunyikan.

Meskipun akses ke tool ini dilindungi oleh password, itu tidak berarti bahwa ada folder tersembunyi di suatu tempat dan pengguna yang sudah mahir akan menemukannya dengan mudah.

Membuat Folder Invisible

Metode ini akan membuat folder Windows 7 anda tidak terlihat dan tidak tersembunyi. Di satu sisi, anda tidak harus melalui folder options untuk menampilkan folder anda. Untuk membuat folder yang tidak terlihat, anda harus melakukan dua hal: pertama, menghapus nama folder dan kedua, membuat ikon folder transparan. Berikut ini yang harus anda lakukan untuk menyembunyikan nama folder:

• Pilih folder yang diinginkan dan klik F2
• Kemudian tahan tombol ALT ketika mengetik angka 0160 menggunakan tombol angka
• Tekan Enter dan nama folder pun hilang

Selanjutnya, anda perlu membuat ikon folder tak terlihat, caranya:

• Klik kanan folder anda dan pilih Properties
• Beralih ke tab Costumize dan klik tombol Change Icon…
• Beberapa ikon kosong dapat ditemukan dalam koleksi ikon default Windows 7. Pilih salah satunya, kemudian klik OK

Jika folder tak terlihat ada di desktop anda, pastikan itu sepanjang tepi layar dan di sisi kanan. Ini akan mengurangi kemungkinan folder ini akan ditemukan secara kebetulan. Perhatikan bahwa ada yang masih dapat mengakses folder tersebut. Misalnya mengklik [CTRL] + [A] akan memilih dan menyorot semua file dan folder, termasuk yang tak terlihat.

Sembunyikan Folder dengan My Lockbox

My Lockbox adalah alat untuk mengunci dan menyembunyikan folder. Ketika Anda pertama kali menggunakan alat ini, Anda harus membuat kata sandi. Selanjutnya, Anda dapat menetapkan folder Lockbox. Pada versi gratis, jumlah folder terbatas, meskipun Anda dapat mengubah folder kapan saja. Ketika Anda memulai My Lockbox, Anda dapat mengunci (menyembunyikan) dan unlock (unhide) folder Lockbox Anda. Tidak seperti Free Folder Hide, My Lockbox juga akan menyembunyikan folder Anda ketika folder options diatur untuk menampilkan file, folder dan drive yang tersembunyi.

Dalam advanced view, Anda dapat mengakses pilihan tambahan, misalnya untuk mengatur aplikasi terpercaya yang diizinkan untuk mengakses folder Anda atau membuat hotkey. [RIC]