Software Kompres File

10 Jan 2013 17:00 | Hits: 5622

Perbandingan Software Kompres File. Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan Software Kompres File. Mana yang Lebih Baik?

Berbicara masalah file, software kompres file merupakan bagian yang penting. Software ini sangat berfungsi dalam mempermudah kita mengirim data, menyimpan data, menyatukan data-data dan lain sebagainya. Karena pentingnya, banyak sekali software-software yang diciptakan untuk hal ini. Dari software-software tersebut terdapat berbagai kelebihan dan juga kekurangannya. Beberapa masalah yang sering dihadapai pengguna software kompres file ini seperti file yang di kompres rusak, tidak ada perubahan ukuran secara signifikan setelah di kompres, mengompres file butuh waktu yang cukup lama atau bahkan file sama sekali tidak bisa di kompres. Tapi, jangan terlalu pesimis melihat kejadian-kejadian seperti. Seperti yang telah di ungkapkan sebelumnya, software ini sangat berguna untuk pengguna komputer.

Pada artikel ini, Paseban akan memberikan sedikit pengetahun mengenai software-software kompres file. Dimana kelemahan dan keunggulan mereka dalam mengompres file. Dari penjelasan ini, mudah-mudahan Anda dapat memilih software kompres file yang cocok buat Anda.

Tes ini dilakukan dengan cara yang rasanya cukup adil. WinZip mengompres file ke format Zip, WinRar ke format Rar, 7-Zip ke format Zip dan Windows 7 Zip ke format Zip. Kemudian diukur kecepatan dan ukuran filenya setelah selesai melakukan proses pen-Zip-an atau pen-Rar-an. Untuk ukuran, dilihat dari view detail Windows 7.

Uji Kecepatan

Untuk uji kecepatan, menggunakan tiga format file yang berbeda yaitu:

• Tes dokumen : Satu folder berisi Excel dan file PDF dengan total ukuran 65MB
• Tes aplikasi : Satu folder yang berisi game Torchlight 2 dengan total ukuran 1,48GB
• File media : Satu folder yang berisi file dengan format .JPG dan .MP3 sebesar 3.23MB

Dari hasil tes, file dengan format media merupakan file yang paling memakan waktu dalam mengompresnya. Dan yang paling mudah adalah dokumen. Untuk masalah kecepatan dimenangkan oleh WinZip. Bahkan dua kali lebih cepat dibandingkan pemenang kedua.

Diurutan kedua ada Windows 7 Zip yang merupakan bawaan dari Windows 7. Lumayan cepat mengompres file hanya Zip bawaan Windows 7 ini tidak bisa mengompres file teks yang memiliki spesial karakter did alamnya. Mungkin bagi sebagian orang ini lumrah saja. Tetapi sebenarnya ini agak aneh, teks yang dianggap sistem merupakan teks yang valid tidak bisa dioperasikan di software bawaannya sendiri.

Test besar file

Meskipun secara waktu kita sudah tau pemenangnya dari tes yang di atas, tidak lengkap rasanya bila kita tidak menguji hasil kompres file software-software ini. Mengompres file ke ukuran yang lebih kecil membutuhkan waktu yang lebih lama. Dia bukan hanya sekedar menyatukan dalam satu file atau membuatnya lebih sederhana. Bila dilihat dari tes pertama WinRar dan WinZip unggul mari kita lihat di tes kedua.

7-Zip berhasil jauh meninggalkan rival-rivalnya. Ukuran file jauh berkurang setelah dikompres dengan 7-Zip bahkan lebih baik dibandingkan WinRAR dan WinZip. Dari segi hasil ukuran file mungkin pemenang adalah 7-Zip. Ini membuat semua menjadi lebih jelas. Software kompres file yang bisa membuat ukuran file jauh lebih kecil membutuhkan waktu yang lebih lama prosesnya. Tetapi, bila dilihat dari grafik diatas, tidak terlalu jauh dengan WinRAR untuk jenis file aplikasi (app). 7-Zip sangat mencolok di file jenis dokumen. Ini membuktikan mengapa file berjenis RAR banyak dijadikan format untuk di unduh atau mengirim file.

Beberapa orang banyak juga yang tidak menggunakan software kompres file ketika mengirim file melalui internet. Kekurang-nyamanan terjadi ketika file yang sudah di kompres sering rusak setelah beberapa lama di simpan. Ini yang membuat orang-orang malas menggunakan ini.

Tampilan

Satu-satunya yang tidak memiliki tampilan adalah Windows 7 Zip. Kita hanya perlu mengklik kanan file yang ingin di kompres. Ini menjadi sederhana, tetapi karena kesederhanaan ini membuat software kompres file ini tidak bisa membaca teks dengan karakter-karakter khusus. Ditambah kita tidak bisa melakukan pengaturan apa-apa, terima jadi saja.

Software kompres lainnya memiliki desain yang sederhana, tidak terlalu berbbelit-belit. Desain ketiga software ini juga sangat mirip. Menampilkan file folder dan isi-isinya walau belum di ekstrak ke komputer. Dari sini kita bisa memilih file mana yang ingin kita ekstrak ke komputer kita. Bila dalam paket tersebut ada file yang tidak perlu untuk di ekstrak, tidak makan waktu bila ingin mengkestrak foldernya. Selain itu ada fungsi-sungsi tambahan seperti copy, delete, add, view, wizard dan lain-lain yang bisa membantu Anda dalam mengelola file kompresan. [RIC]