Cara Memperbesar Ukuran Foto

11 Jan 2013 16:30 | Hits: 30286

Tips dan Cara Memperbesar Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Tips dan Cara Memperbesar Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Menambah atau cara memperbesar ukuran foto mungkin adalah suatu hal yang sulit dilakukan, dibandingkan memperkecil ukuran yang dapat menggunakan fungsi cropping. Sifat alami dari suatu foto memberikan tugas yang berat jika kita akan melakukan editing. Contohnya ketika kita akan memperbesar ukuran foto, maka kita harus menjaga sifat alaminya tersebut tanpa menghasilkan blurring. Dalam kata lain, tanpa menurunkan kualitas foto tersebut. Tetapi terkadang, hal seperti ini sulit untuk dipraktekkan. Walaupun sulit, banyak manfaat yang bisa Anda ambil jika suatu foto berukuran besar, misalnya agar mendapatkan hasil print yang bagus, menyesuaikan ukuran foto, dan membuat foto yang agak kabur agar lebih jelas.

Pixel adalah unit terkecil dari suatu foto. Jumlah pixel pada suatu foto dinamakan dengan resolusi. Bayangkan setiap foto terdiri atas banyak kotak-kotak kecil ataupun pixel. Setiap pixel memiliki informasi warna tersendiri. Memperbesar ukuran foto menggunakan beberapa program berarti akan meningkatkan ukuran pixel atau memisahkan pixel dan hasilnya adalah kehilangan informasi foto dan akan menurunkan kualitas foto.

Memperbesar ukuran foto juga berarti suatu program yang Anda gunakan membutuhkan pengaturan untuk bagaimana menyeimbangkan area foto yang meningkat. Hasil terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah program editing foto akan mendekatkan kualitas yang mewakili informasi-informasi pada foto. Paseban akan menampilkan cara memperbesar ukuran foto tanpa meninggalkan sisi kualitas dari suatu foto.

Metode Re-sampling

Dengan menggunakan program Photoshop, Anda akan dengan mudah memegang kendali dengan memanfaatkan area Image Size. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Bukalah foto Anda dengan menggunakan Photoshop
  • Klik pada foto dan Image Size pada menu. Atau bisa juga klik kanan pada tab nama foto dan pilih Image Size
  • Pilih Bicubic Smoother pada area Resample Image
  • Dalam setting Pixel Dimension, pilih Percent sebagai pixel. Kemudian check Constrain Proportion
  • Untuk memperbesar foto 10%, ubah Width dan Height ke 110 dari sebelumnya 100. Klik OK untuk mengganti ukuran foto lebih 10%
  • Anda dapat melanjutkan untuk meningkatkan ukuran 10% hingga ukuran maksimum dimana Anda dapat melihat kualitas visual tidak akan terdegradasi terlalu banyak. Untuk kembali pada tindakan sebelumnya, klik pada Edit lalu Undo Image Size atau gunakan History untuk memilih tindakan sebelumnya.

Jika Anda sering memperbesar ukuran foto, membuat Photoshop Action untuk melakukan tugas tersebut adalah cara yang bagus.

  • Dalam area Action, klik icon New Action
  • Berilah nama yang dapat membedakan dan tidak membingungkan, misalnya Resize 10. Klik pada Record dan mulailah langkah-langkah memperbesar foto tadi. Langkah yang Anda lakukan akan direkam dan dapat mengulang kembali dengan melakukan klik pada tombol play pada setiap foto yang dipilih.

Mengubah ukuran dengan resampling dapat digunakan oleh semua orang yang akan melakukan editing foto. Jika Anda tidak memiliki program Photoshop, Anda dapat menggunakan alternatif lain seperti misalnya IrfanView. Lokasi dari langkah-langkahnya mungkin akan berbeda, tetapi teknik yang dilakukan tetap sama.

Metode Reshade

Metode yang kedua adalah menggunakan teknik reshade. Kunjungi website Reshade.com yang akan menawarkan software untuk memperbesar ukuran foto bagi platform Windows. Software ini adalah software berbayar, tetapi ada alternatif lain yaitu mengubah ukuran foto secara online dimana bisa dilakukan secara gratis dan bekerja dengan baik. Layanan online ini menawarkan fitur-fitur yang menarik seperti:

  • Anda dapat menggunakannya langsung melalui browser

  • Anda dapat mengubah ukuran suatu foto secara gratis dengan maksimal resolusi 1920 x 1200 pixel

  • Anda dapat zoom hingga dua kali ukuran foto atau dengan kata lain 200% dari resolusi aslinya

    • Anda dapat melakukan crop dan memperbaiki kualitasnya

    • Anda dapat upload foto tanpa harus log in

Untuk menjalankan teknik ini, cari foto yang Anda inginkan pada area Browse. Tombol Submit akan membawa Anda pada pengaturan ukuran. Reshade juga akan membawakan Anda lima pilihan, yaitu center crop, Stretch, Denoise, Smooth, dan Crop. Setelah itu, Anda dapat mengunduhnya atau berbagi melalui media sosial. [DEAS]