Cara Membersihkan Komputer

09 Jan 2013 15:00 | Hits: 2188

Langkah-langkah dan Cara Membersihkan Komputer Dengan Tepat

Langkah-langkah dan Cara Membersihkan Komputer Dengan Tepat

Mungkin Anda telah banyak menginstal berbagai software, program atau aplikasi ke komputer. Ya, ini memang salah satu cara uji coba mendapatkan software yang diinginkan, karena jika belum dicoba kita tidak akan tahu bagaimana kerjanya. Apalagi saat ini begitu banyak artikel yang menyuguhkan software-software kepada kita. Sangat wajar jika kita tertarik dengan tawaran mereka untuk menggunakan sebuah software. Atau juga, saran dari teman untuk menggunakan suatu software. Ketika kita coba, ternyata tidak cocok dengan kebutuhan kita atau malah software yang kita download ternyata mengandung malware dan virus. Ini akan menjadi semakin buruk.

Untuk itu, sebenarnya kita butuh cara membersihkan komputer dengan benar dari hal-hal yang mengganggu tersebut. Mungkin karena alasan ini juga begitu banyak software yang menawarkan membersihkan komputer Anda dari software-software yang mengganggu. Tidak sedikit juga ternyata merekalah yang ternyata software pengganggu. Ketika kita instal, ternyata mereka membawa ‘bloatware’ atau bahkan lebih parah, software pembersih itu menggandeng virus untuk masuk ke komputer kita.

Memang kita bisa langsung meng-unisntal program-program tersebut. Hanya saja yang perlu Anda ketahui, beberapa program (apalagi program jahat) meninggalkan jejaknya di komputer Anda. pernahkah Anda mengalami kejadian meng-uninstall suatu program tetapi di folder Program File masih terdapat foldernya atau juga di folder-folder lainnya. Seperti itulah suatu software bekerja, ketika di-uninstall dia tidak hilang secara keseluruhan. Karena hal tersebut, Paseban akan memberikan masukan tata cara membersihkan komputer dengan benar.

Melihat apakah program tersebut malware atau tidak

Untuk melihat suatu program itu malware atau tidak kita harus menggunakan tools tambahan. Namun, Anda bisa melihat gerak-gerik suatu program yang tidak lazim melalu Task Manager. Bila ada program yang berjalan tetapi Anda tidak mengenalnya itu bisa jadi salah satu dari virus atau malware. Atau jika Anda menghentikan program tersebut dengan "end proses tree” tetapi tetap kembali berjalan kemungkinan besar itu adalah program jahat, hati-hatilah.

Beberapa software yang dirokemendasikan Paseban untuk mencabut malware yang ada di komputer Anda yaitu SpyBot Search & Destroy and Malwarebytes’ Anti-Malware. Atau jika Anda sudah punya software anti malware yang tangguh maka bisa digunakan untuk menghapus malware yang ada di komputer Anda.

Gunakan software uninstaller lain, jangan memakai bawaan windows

Tidak ada yang buruk mengenai fitur uninstaller yang diberikan oleh Windows. Hanya saja, bila ada program yang lebih baik dan lebih bersih menguninstal program yang tidak berguna kenapa tidak kita pakai saja. Yang hebat dari software-software uninstaller adalah mereka bisa meng-uninstal program dalam jumlah yang banyak dalam sekali proses dan juga mencabut program secala keseluruhan, tidak akan ada yang ditinggalkan dari program yang dicabut.

Salah satu software terbaik untuk meng-uninstal menurut Paseban adalah Revo Uninstaller. Revo bukan satu-satunya program terbaik. Anda juga bisa menggunakan Geek Uninstaller dan PC Decrapifier. Setiap software memiliki fitur-fitur yang unik dan tampilan yang berbeda. Tinggal Anda lebih nyaman menggunakan yang mana.

Bersihkan dari sisa-sisa file yang masih tertinggal

Saat ini sepertinya untuk urusan membersihkan temporay file dan registry Anda lebih mengenal CCleaner. Software ini memiliki tampilan yang sederhana dan penggunaan yang tidak rumit. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa software lainnya untuk membersihkan file-file registry dan temporary. Beberapa software yang direkomendasikan paseban antaralain Xleaner and DriveTidy, nCleaner, Sistem Ninja, dan Glary Utilities. Ada juga sebuah aplikasi bernama CCEnhancer, yang berguna untuk meningkatkan performa CCleaner. Pilihan ada di tangan Anda, tergantung mana yang Anda rasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Tapi yang informasi penting untuk software-software tersebut, yaitu:

  1. Jangan beli program untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih
  2. Jangan berharap ada perubahan drastis pada komputer setelah melakukan pembersihan
  3. Gunakan software yang sudah terkenal

Cara membersihkan komputer seperti ini memang cukup membantu mengatasi masalah kebersihan komputer dari malware atau sisa-sisa program yang sudah di-uninstal. Hanya saja bila Anda memiliki masalah lain yang lebih berat, sepertinya langkah ini kurang mumpuni mengatasinya. Dan satu hal lagi yang penting dari program-program pembersih ini. Jangan terlalu sering menggunakannya, ini tidak seperti membersihkan lantai yang kalau dibersihkan semakin kinclong. Program pembersih bukan hanya menghapus registry saja, melainkan juga file-file sementara ketika Anda menjalankan suatu program, membantu mengelola start up dan juga menghapus hal-hal lain. Jika Anda terlalu sering menggunakannya, file-file yang sebenarnya masih berguna untuk suatu program akan ikut hilang. [RIC]