Internal Memory Android

08 Jan 2013 10:30 | Hits: 23113

Empat Cara untuk Memaksimalkan Eksternal dan Internal Memory Android

Empat Cara untuk Memaksimalkan Eksternal dan Internal Memory Android

Problem umum yang terjadi pada perangkat Android adalah aplikasi yang berjalan dapat memenuhi kapasitas penyimpanan Android. Jika Anda sering memainkan game yang memakan kinerja Android seperti game dari Gameloft, mengambil foto, dan membuat video, hal-hal tersebut dapat memenuhi kapasitas penyimpanan Android dengan cepat.

Dan selanjutnya Anda akan berpikir, Anda tidak dapat memasukkan game baru, karena jika melakukannya, perangkat Android Anda tidak memiliki Internal Memory Android yang cukup, sedangkan Anda menginginkan game tersebut untuk dimainkan di perangkat Android Anda. Untuk kasus seperti itu, Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan Android yang lebih. Jadi, berikut ini Paseban menampilkan cara untuk keluar dari masalah tersebut dimana akan menambah kapasitas penyimpanan Android yang Anda miliki.

Android Storage Setting

Tergantung pada situasi penyimpanan pada perangkat Android, melakukan instalasi aplikasi third-party untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan mungkin akan membuat perangkat Android Anda lebih produktif. Namun disini, jika Anda tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup, maka Anda tidak dapat melakukannya. Jadi, sebelum itu kita akan melihat apa yang bisa dilakukan oleh Android dalam memaksimalkan kapasitas penyimpanan. Pergilah ke menu Setting, kemudian Storage dan Anda akan diberi tampilan informasi kapasitas penyimpanan pada perangkat Android Anda. Tampilan tersebut akan membawa Anda untuk menyaring penyimpanan yang Anda inginkan, baik itu penyimpanan internal memory Android maupun penyimpanan eksternal, dan Anda dapat melihat pemakaian aplikasi yang memakan kapasitas penyimpanan Android. Di sini, Anda harus dapat melihat, pemakaian apa yang paling besar penggunaannya. Jika Anda melakukan tap pada kategori yang ditunjukkan, Android akan membuka file manager pada lokasi tersebut, dan Anda dapat membersihkannya. Alternatif lain, jika problem yang terjadi karena satu aplikasi, cukup tap Apps. Setelah itu, akan muncul Manage Apps yang akan memperlihatkan aplikasi apa yang paling memakan tempat pada kapasitas penyimpanan Android.

Dengan program sederhana dari Android ini, Anda mungkin dapat memaksimalkan kapasitas yang cukup jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sekarang, Anda telah mendapatkan kapasitas yang cukup untuk melakukan instalasi paling tidak satu aplikasi, dan kemudian Anda dapat menggunakan aplikasi third-party agar dapat membuat perangkat Android Anda lebih powerfull.

DiskUsage

DiskUsage memvisualisasi kapasitas penyimpanan Anda menggunakan treemap, dimana dapat menampilkan statistik penggunaan kapasitas penyimpanan Android, serta membersihkannya. Aplikasi ini memiliki struktur folder yang bergerak dari kiri ke kanan. Di bagian atas Anda akan diperlihatkan folder utama, sedangkan subfolder berada di sebelah kanan, masing-masing dengan subfoldernya sendiri. Apabila Anda akan mencari file yang ingin dihapus, tap Menu dan pilih Delete. Salah satu kelemahan dari DiskUsage adalah aplikasi ini tidak menampilkan file Anda dengan baik. Misalnya, file video yang akan Anda hapus tidak bisa ditampilkan terlebih dahulu. Jadi, Anda harus memastikan bahwa file tersebut yang akan Anda hapus. Di luar kelemahan tersebut, DiskUsage mudah untuk digunakan, serta sederhana dan simpel. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

Storage Analyser

Storage Analyser memvisualisasi data menggunakan progress bar. Aplikasi ini akan menganalisa storage Android secara baik, seperti misalnya pop up untuk mengganti antar media penyimpanan, juga menampilkan status storage secara sekilas. Tidak seperti DiskUsage, Storage Analyser akan menampilkan file yang diinginkan dengan baik. Jika Anda tap dan tahan pada file, Anda dapat memilih multiple file untuk berbagai pemrosesan. Fitur Filter akan membantu Anda menyingkirkan file yang tidak diinginkan. Hal ini akan berguna jika Anda memiliki banyak file pada perangkat Android. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

SD Maid

SD Maid adalah aplikasi yang dapat memberikan akses pada perangkat Android yang telah melakukan rooting. Aplikasi ini kaya akan fitur yang dapat Anda manfaatkan. Corpse Finder akan mencari folder yang ditinggalkan oleh aplikasi yang telah di-uninstall. Ada juga fitur untuk mencari file berukuran besar yang ada pada perangkat Android Anda. Selain itu, terdapat area Clean System yang akan mencari cache file, logfile, dan file lain yang dapat dihapus dengan cepat untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan Android. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini. [DEAS]