Cara Membuat Screensaver

04 Jan 2013 09:00 | Hits: 4985

Cara Membuat Screensaver dan Wallpaper Untuk Windows

Cara Membuat Screensaver dan Wallpaper Untuk Windows

Semua orang mengetahui bagaimana cara mengatur gambar sebagai wallpaper. Semua orang juga mengetahui bagaimana cara membuat screensaver. Tapi bagaimana jika yang anda inginkan lebih dari itu? Bagaimana jika anda ingin membuat video menjadi wallpaper atau screensaver? Mungkin hal ini terdengar rumit, namun sebenarnya ini sangat sederhana, bahkan untuk semua versi Windows yang anda gunakan. Untuk Windows 8, beberapa pilihan di bawah ini mungkin juga bekerja, namun sebaiknya anda mencari tahu lebih lebih dahulu.

Mengapa anda ingin membuat video menjadi wallpaper atau screensaver? Jawabannya, pertama-tama, itu adalah hal yang menyenangkan dan tidak akan membuat anda bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Selain itu, video yang bermain pada desktop anda memungkinkan anda untuk terus menonton sementara anda bekerja, dan jika anda adalah tipe orang yang percaya bahwa multi-tasking membuat produktif, cara ini sempurna untuk anda.

Jika setelah menggunakan salah satu metode ini wallpaper anda menghilang, yang harus anda lakukan adalah klik kanan di manapun pada desktop anda, lalu pilih "Personalize”, dan klik pada pengaturan anda sebelumnya (Windows 7 dan Vista) atau untuk Windows XP, buka pilihan "Display” dan pilih wallpaper lama anda lagi. Berikut ini adalah cara membuat screensaver dan wallpaper dengan video yang diputar pada desktop anda.

DreamScene

DreamScene adalah fitur yang diperkenalkan pada Windows Vista Ultimate yang memungkinkan anda untuk membuat video sebagai wallpaper anda. Ini adalah fitur yang bagus, tapi untuk beberapa alasan atau lainnya, Microsoft memutuskan untuk menghapusnya ketika Windows 7 muncul, kemampuan yang tersisa hanya untuk menciptakan wallpaper slideshow. Tapi DreamScene masih tetap dapat anda gunakan, dan anda bisa mendapatkannya kembali pada Windows 7, bahkan pada Windows XP.

Untuk memulai, anda perlu mengunduh utilitas kecil yang akan memungkinkan DreamScene pada bekerja pada sistem anda. Untuk Windows 7, unduh DreamScene Activator, dan untuk Windows XP, anda dapat mencoba XPScene. Pada artikel ini, yang dijadikan contoh adalah Windows 7. Jadi, tentu saja yang dilihat bagaimana cara kerja pasangannya yaitu DreamScene Activator.

Hal pertama yang harus anda lakukan setelah mengekstrak file EXE dari DreamScene Activator adalah klik kanan pada filenya lalu pilih "Run as Administrator”. Jika anda mencoba untuk menjalankan program ini dan terjadi error, ini dikarenakan anda tidak menjalankannya sebagai administrator. Selanjutnya, saatnya untuk mengaktifkan DreamScene. Ini cukup sederhana, dan ketika anda melakukannya, explorer.exe akan di restart, dan DreamScene akan diaktifkan pada sistem anda.

DreamScene hanya bekerja dengan file .mpg atau .wmv. Anda dapat mengunduh banyak scene berkualitas tinggi dari DreamScene, namun anda dapat menemukan file yang mungkin anda miliki pada komputer anda, hanya untuk melihat bagaimana cara kerjanya. Bila anda menemukan file yang cocok, klik kanan pada file tersebut dan pilih "Set as Desktop Background”. Perhatikan bahwa pada kebanyakan kasus, video akan tampil pada desktop anda tanpa suara.

VLC Video Wallpaper

Ini adalah trik kecil yang rapi, yang mengharuskan anda untuk mengunduh VLC, namun ini tidak terbatas pada beberapa jenis file seperti DreamScene, dan anda dapat menggunakannya untuk memutar video berformat AVI, MP4 dan format video lainnya sebagai wallpaper anda. Perhatikan bahwa metode ini hanya bekerja selama VLC berjalan dan memutar video.

Caranya sangat mudah, cukup load video yang anda kehendaki untuk diputar di desktop anda, klik pada menu Video dan pilih "Set as Wallpaper”. Bila anda meminimalkan VLC, anda akan melihat video tersebut bermain pada desktop di tempat wallpaper anda, dan anda dapat menikmatinya sementara anda bekerja. Metode ini sangat bangus ketika anda ingin tetap menonton video saat bekerja, karena anda dapat mengontrolnya menggunakan VLC setiap saat. Tentu saja, anda juga dapat mengatur playlist atau mengulang video. Jika anda menghentikan video atau menutup VLC, maka video akan menghilang dari desktop anda.

Desktop Movie

Desktop Movie adalah utilitas kecil yang membawa wallpaper ke tingkat yang baru. Dengan itu anda dapat mengatur hampir semua format video sebagai wallpaper, kontrol akses pemutaran, membuat playlist, dan masih banyak lagi. Semua itu dibungkus dalam satu aplikasi, kecil, portabel, bahkan anda tidak perlu menginstalnya.

Setelah mengunduh Desktop Movie, jalankan file EXE-nya dan pilih video yang ingin anda putar pada wallpaper anda. Klik Open, dan video tersebut akan mulai diputar pada desktop anda seketika, lengkap dengan suaranya. Cari tray icon aplikasi dan klik kanan untuk mengakses kontrol playback, playlist anda dan banyak lagi. Untuk menghentikan video, yang harus anda lakukan adalah keluar dari program, maka wallpaper anda akan kembali normal.

Video Screensaver

Sejauh ini kita sudah melihat tiga cara berbeda untuk memutar video sebagai wallpaper anda, namun bagaimana cara membuat screensaver dengan video? Ini juga bisa dilakukan, dan dengan Video Screensaver, anda dapat menggunakan hampir semua format video sebagai screensaver, dengan atau tanpa suara.

Setelah mengunduh dan menjalankan program tersebut, ini akan secara otomatis membuka pengaturan screensaver untuk anda dan pilih screensaver "rodflashvideoss”. Jika tidak terjadi apa-apa, lakukan secara manual. Klik tombol Settings untuk memilih video anda.

Ini akan menampilkan Video Screensaver, anda dapat memilih file video dan mengontrol beberapa pilihan lain seperti apa yang terjadi pada saat mouse bergerak dan apakah video akan diputar dengan audio atau tidak. Klik OK, dan semuanya selesai.

Selanjutnya screensaver anda diaktifkan, video yang anda pilih akan secara otomatis diputar. Anda dapat memunculkan suaranya dengan menekan tombol "S” pada keyboard. [RIC]