08 Jul 2011 14:40 | Hits: 5742

Ber-SMS Ria di Tengah Laut Berkat Tower Satelit KM. CIREMAI

Ber-SMS Ria di Tengah Laut Berkat Tower Satelit KM. CIREMAI

Ada banyak jalan ke Roma, mungkin pepatah ini biasa terdengar di telinga kita ketika kita sedang duduk di bangku Sekolah. Begitu pula dengan jalan ke Pulau Banda, jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk naik pesawat terbang, maka kapal lautlah jawabannya.

Jalur transportasi laut ini banyak di gemari dan dipilih oleh masyarakat Ambon sebagai alat transportasi murah meriah menuju Pulau Banda. Mengingat harga tiket yang ditawarkan oleh alat transportasi ini sangatlah jauh berbeda apabila dibandingkan dengan naik pesawat terbang.

Walapun murah, kapal laut ini memiliki beberapa fasilitas, mulai dari toko, cafetaria, restoran sampai game zone dan teather cinema. Namun kekurangannya yakni pada ruang sanitasi yang kurang terawat, selain itu durasi perjalanan menggunakan kapal laut memakan waktu yang sangat lama.

Ada satu lagi kelebihan dari kapal laut, khususnya kapal laut yang Paseban gunakan sebagai penghubung dari Ambon ke Pulau Banda, yaitu KM. Ciremai. Kapal laut ini memiliki akses jaringan operator yang disediakan oleh pihak PT. PELNI untuk para penumpangnya yang sedang menggunakan jasa penyebrangan.

Lho, kenapa di tengah laut kita bisa mengakses jaringan operator? Ini dikarenakan didalam kapal laut ini terdapat fasilitas satelit yang berada di puncak pesawat yang terhubung langsung dengan operator pusat. Sehingga para penumpang pun bisa menikmati layanan pesan singkat dan panggilan suara hingga penggunan data internet. Jangankan mengakses jaringan operator, layanan TV kabel pun bisa kita nikmati didalam kapal laut ini.

Banyak para penumpang yang menunggu kapal laut ini sampai tujuan sambil ber-SMS-an, telepon bahkan akses GPRS ke beberapa jejaring sosial. Amor, salah satu penumpang KM. Ciremai yang bertujuan ke Pulau Banda, mengaku sering menggunakan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan teman komunitasnya yang sedang berada di Pulau Ambon.

Ketika ditanya tentang operator mana saja yang bisa di gunakan didalam KM.Ciremai ini, ia menjawab, "Hanya Telkomsel saja yang bisa di gunakan di KM.ciremai ini, beta pun sekarang pake operator As, dari Telkomsel".

Mengingat layanan ini adalah layanan khusus yang berbasis satelit yang langsung terhubung dengan operator pusat. Maka tarif pun berubah menjadi khusus. Semua layanan tarif reguler dan tarif promo tidak berlaku jika kita menggunakan satelit KM.Ciremai. Bahkan jika kita mempunyai promo gratis berupa SMS atau telepon, maka ini pun tidak berlaku di dalam KM.Ciremai ini.

Tarif khusus yang berlaku didalam KM.Ciremai ini bisa mencapai 300% lebih mahal dari biasanya. Ada kala tarif untuk satu kali SMS bisa mencapai 700 rupiah. Sedangkan untuk tarif telepon dan panggilan data kami belum menemukan data yang akurat.

Namun anehnya di dalam KM. Ciremai ini tidak ada satu pun yang menjual pulsa elektronik maupun pulsa voucher. Tak ada satu pun daftar harga yang tertera di toko, cafetaria atau restoran yang terdapat di KM.Ciremai mencantumkan tarif penjualan pulsa baik itu berupa voucher ataupun elektronik.

Padahal jika kita mengingat konsumen yang terdapat di dalam KM.Ciremai berjumlah ribuan, ini menjadi peluang bisnis tersendiri dan sekaligus menolong para penumpang yang ingin berkomunikasi dengan sanak keluarga atau kerabatnya dikala mereka sedang kehabisan pulsa. Sehingga, sedikit saran bagi para pengguna Telkomsel yang akan menggunakan KM.Ciremai sebagai alat transportasi pilihan, sebaiknya Anda mengisi pulsa terlebih dahulu di darat sebelum Anda melaut dengan kapal laut ini. Dan hematlah penggunaan pulsa untuk menghindari paceklik pulsa yang terjadi didalam KM. Ciremai PT.PELNI ini. ILAL

km. ciremai
km.ciremai