Cara Mengatasi Laptop Panas

26 Dec 2012 08:30 | Hits: 5100

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Panas

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Panas

Laptop yang cepat panas atau overheating telah menjadi masalah selama bertahun-tahun hingga saat ini. Masalah ini makin membesar ketika sekitar tahun 2006 ketika laporan dari laptop yang benar-benar terbakar dan mulia menyebar di seluruh dunia dan cara mengatasi laptop panas ini masih belum bisa disimpulkan. Masalah itu dimulai dari baterai yang rusak, dan perusahaan seperti Dell, Sony dan Acer harus melakukan penarikan perangkatnya dalam jumlah yang besar.

Masalah umum dari laptop yang panas terpisah dari kualitas baterai yang buruk, tapi ‘ledakan’ dari laptop itu sendiri membawa perhatian pada penyebab dasar laptop cepat memanas, yang mana akibat panas yang berlebihan ini dapat mengakibatkan hard Drive rusak.

Namun jika bukan karena baterai, lalu apa yang membuat laptop menjadi panas? Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa semua perangkat elektronik Anda menjadi panas ketika mereka bekerja untuk sementara waktu, seperti pemutar DVD misalnya, pemutar DVD akan terasa panas ketika bekerja untuk memutar DVD yang Anda masukkan, dan laptop pun tidak berbeda jauh.

Ada dua alasan utama mengapa laptop lebih panas dibandingkan dengan desktop. Pertama, karena laptop lebih kecil dari desktop,komponen elektronik yang penuh sesak di dalam laptop lebih erat. Karena mereka lebih dekat, dan juga tubuh laptop yang begitu sempit, tidak ada ruang untuk menghilangkan panas di dalamnya. Tentu saja, produsen laptop mengetahui akan masalah ini, dan ada banyak hal dalam unit untuk yang seharusnya dapat menghilangkan panas ini. Kipas, heat sink, dan ventilasi udara semua bekerja untuk mendinginkan laptop saat laptop bekerja. Kadang-kadang, meskipun, itu tidak cukup. Overheating dapat terjadi ketika seorang pengguna tidak menggunakan laptop dengan benar atau ada beberapa kerusakan lainnya yang terdapat pada laptop tersebut. Tapi kadang-kadang, itu kesalahan terletak dari penggunanya dibandingkan dari mesinnya.

Pada artikel kali ini, Paseban akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop agar tidak cepat panas dan tetap dingin, dan Anda tidak harus mengeluarkan dana yang terlampau mahal untuk melakukannya.

Melakukan Pemeriksaan Pada Fan

Pastikan bahwa pendingin pada laptop Anda bekerja dengan baik. Namun jika Anda mengetahui bahwa laptop Anda memproduksi panas yang lebih sedangkan kipas atau fan bekerja, maka Anda harus melakukan beberapa pengecekan dasar, seperti:

  • Cek kipas Anda: pertama-tama Anda harus melakukan cek pada kipas Anda, mungkin saja terdapat sedikit kesalahan pada kipas Anda, atau Anda bisa mengunduh program untuk mendiagnosis kipas laptop Anda.

  • Bersihkan ventilasi udara: periksa ventilasi udara pada laptop Anda, debu dapat menghalangi udara panas yang akan keluar.

  • Cek pengaturan BIOS Anda: untuk melakukan pengecekan ini, ada sebuah software yang akan membantu Anda untuk memberitahu komputer Anda apakah panas atau terlalu panas. Terkadang, update BIOS menerapkan pengaturan suhu revisi yang dapat mengoptimalkan pendingin pada laptop Anda. Namun Anda harus berhati-hati pada saat melakukan pengecekan pada BIOS ini.

Membeli Asesoris Pendingin

Di sini yang dimaksud asesoris pendingin adalah kipas yang bisa Anda jadikan meja untuk laptop Anda. Meskipun tidak bisa mengurangi panas secara keseluruhan pada laptop Anda, namun setidaknya asesoris ini mampu mengurangi panas pada laptop Anda. Dan hindari penggunaan laptop di atas bidang yang lunak, kasur contohnya. Karena jika Anda menggunakan laptop di atas bidang yang lunak dan tidak ada jarak antara lapisan bawah laptop Anda dengan bidang tersebut akan mengakibatkan laptop Anda tidak bisa mengambil udara dan akibatnya hawa panas akan lebih cepat menyerang dari biasanya dan Anda juga akan merasakannya dari telapak tangan Anda.

Satu hal lagi yang harus Anda ingat adalah karakteristik panas dari laptop Anda selalu berubah, tergantung pada usia, penggunaan lingkungan dan penggunaan daya. Jadi bahkan jika Anda mendapatkan pengaturan pendinginan laptop yang sempurna, Anda mungkin masih membutuhkan software untuk memonitoring panas dari laptop Anda yang mana disediakan berlimpah di luar sana. Ini akan membantu Anda menjadi lebih sadar akan suhu fluktuasi dari laptop Anda dan belajar bagaimana situasi yang berbeda dapat meningkatkan panas laptop Anda. [PY]