Tips Mac

24 Dec 2012 13:00 | Hits: 1169

10 Tips Mac Preview Yang Harus Anda Ketahui

Dari semua aplikasi standar yang menyertai sistem operasi Mac OS X, mungkin aplikasi Mac Preview yang paling banyak digunakan. Sebagai picture viewers juga pembaca file PDF, ini adalah alat luar biasa, yang melakukan segala hal yang Anda harapkan. Inilah salah satu masalah paling penting dengan aplikasi jenis ini –Anda berpikir telah mengenal aplikasi tersebut seluruhnya, namun ternyata tidak.

Faktanya, aplikasi Mac Preview masih menyembunyikan beberapa fitur bagus di bawah permukaannya. Berikut ini adalah 10 tips Mac yang berkaitan dengan aplikasi Preview dan fitur yang sebenarnya Anda sudah mengetahuinya.

Membuka Beberapa File Dalam Satu Jendela Preview

Mac Preview sangat tepat dalam menangani beberapa file sekaligus. Anda dapat membuka lebih dari satu file, membuat jendela pratinjau terpisah untuk setiap file, namun ini jauh lebih mudah untuk bekerja dengan beberapa file dalam satu jendela pratinjau.

Untuk melakukan hal ini, cukup dengan memilih beberapa file pada Finder menggunakan mouse atau tombol shift dan cmd dan membukanya. Dengan membuka semua file sekaligus, mereka akan menunjukkan satu jendela Preview, dengan gambaran file pada sidebar Preview.

Menghapus File

Jika Anda memiliki beberapa file yang terbuka pada satu jendela pratinjau, Anda dapat menggunakan aplikasi Preview untuk memindahkan satu atau lebih file tersebut ke keranjang sampah. Ini sangat bagus untuk menghapus gambar yang jelek dari screenshots. Pilih file yang akan Anda hapus di antara thumbnail pada sidebar Preview, klik kanan dan pilih Move to Trash, atau tekan cmd+backspace.

Membuat File dari Clipboard

Karena Mac OS X secara otomatis membuat file dari screenshot Anda, fitur ini tidak begitu sering disorot. Namun, jika Anda menyalin gambar dari sebuat situs web, atau menyalin pilihan gambar lain ke clipboard Anda, ini adalah alat yang sangat bagus untuk dimasukkan dalam toolbox Anda. Untuk mulai membuat file baru dari clipboard, pilih File > New from Clipboard, atau tekan cmd+N.

Mengelola dan Menggabungkan File PDF

Anda mungkin sudah mengetahui kemampuan aplikasi Preview untuk membaca file PDF, namun ini dapat melakukan lebih banyak dengan file-file PDF dari hanya sekedar menunjukkan isi file tersebut kepada Anda. Sebagian besar tips Mac di atas dan di bawah yang berlaku untuk gambar juga berlaku untuk file PDF. Namun, fitur yang menonjol adalah kemampuan aplikasi Preview untuk mengelola dan menggabungkan file PDF.

Menata ulang file-file PDF pada aplikasi Preview sangat sederhana. Anda tinggal menggeser halaman di dalam sidebar Preview. Anda bahkan dapat memilih beberapa halaman sebelum menata ulang mereka. Menghapus sebuah halaman sama halnya seperti yang dijelaskan di atas. Anda tinggal memilih satu atau lebih halaman dan menekan cmd + backspace untuk menghapusnya dari PDF. Terakhir, untuk menggabungkan dua file PDF, cukup buka satu file dan geser yang lainnya dalam sidebar Preview.

Berbagi File

Berbagi file gambar atau dokumen kepada teman dan kolega Anda sangat mudah dilakukan langsung dari dalam pratinjau. Ini termasuk email, menggunakan iMessage, AirDrop, Twitter dan Flickr. Untuk berbagi file dari Preview, cukup tekan ikon share di bagian atas dokumen (yang terlihat seperti kotak dengan panah di dalamnya), dan pilih salah satu opsi berbagi. Anda juga dapat menambahkan gambar ke iPhoto dengan cara yang sama.

Annotation Tools

Preview hadir dengan banyak annotation tools. Anda dapat menggambar bentuk, panah dan text box pada dokumen apapun, dengan variasi warna dan lebar garis yang berbeda-beda. Ketika Anda sedang menelusuri dokumen PDF, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Preview untuk menyorot kalimat per kalimat. Susunan lengkap dari annotation tools terlihat saat Anda menekan ikon anotasi di sebelah kolom pencarian, atau memilih Tools -> Annotate.

Select & Cropping Tools

Anda tidak perlu salinan PhotoShop untuk memanipulasi foto. Salah satu hal yang hampir sama yang juga dapat dilakukan Preview adalah menggali unsur-unsur dari sebuah gambar. Ketika Anda menekan ikon anotasi (di sebelah kiri kolom pencarian), sejumlah alat seleksi akan muncul di sebelah kanan layar Anda. Ini termasuk rectangular selector, elliptical selector, lasso selection, smart lasso, dan instant alpha.

Untuk menggunakan smart lasso, klik pada area dan geser sedikit mouse Anda ke segala arah untuk menentukan jumlah toleransi yang harus digunakan dalam menandai batas-batas daerah seleksi. Kemudian Anda dapat menyalin seleksi tersebut ke clipboard Anda dan membuat dokumen baru seperti yang diuraikan di atas, atau tekan backspace untuk membuat bagian gambar Anda menjadi transparan.

Mengelola Warna

Jenis manipulasi foto yang berbeda disediakan melalui pengelola warna built-in pada aplikasi Preview. Sekali lagi, Anda dapat melihat pilihan ini dengan menekan tombol anotasi di sebelah kolom pencarian, atau dengan memilih Tools -> Annotate. Menekan ikon prisma di bar anotasi akan membuka panel Adjust Color. Anda dapat men-tweak tingkatan gambar, eksposur, kontras, saturasi, ketajaman, dan masih banyak lagi.

Built-In Version History

Dalam versi Mac OS X, aplikasi Preview hadir dengan dukungan versi built-in. Ini berarti Anda dapat kembali melihat sejumlah iterasi berbeda pada file Anda, gaya Time Machine. Untuk melakukannya, pilih File > Revert To > Browse All Versions, atau tekan segitiga kecil di samping nama file di bar judul dan pilih Browse All Versions.

Mengunci Dokumen

Seperti yang telah diketahui, aplikasi Preview menyediakan banyak cara untuk memanipulasi sebuah dokumen. Namun terkadang kita mencar hal sebaliknya: menjaganya agar tetap aman dari tangan jahil. Untungnya, aplikasi Preview mampu mengunci dokumen berdasarkan permintaan Anda. Untuk mengunci dokumen, tekan segitiga di samping nama dokumen di bar judul. Pada menu drop-down berikutnya, pilih Lock. Hal ini juga dilakukan saat Anda akan membuka dokumen. [RIC]