Fungsi Http

20 Dec 2012 17:30 | Hits: 4604

Mengenal Fungsi Http yang Berlaku Pada Jaringan Internet

Http, sebuah istilah yang mungkin sudah sangat tidak asing lagi bagi para pengguna internet di dunia. Kita akan selalu menemukan istilah ini di setiap aktifitas browsing kita, yang tepatnya HTTP terletak di awal penulisan alamat website (site URL) pada kolom alamat situs di browser kita. Namun, apakah Anda sudah paham apa fungsi http tersebut. Kali ini Paseban ingin membagikan kepada Pasebania semua ulasan singkat mengenai fungsi http dalam kegiatan dan aktifitas komunikasi internet di seluruh dunia. Mari kita simak bahasan dibawah ini!

Istilah http merupakan singkatan yang diambil dari kepanjangannya yaitu hyper text transfer protocol. Http adalah sebuah protokol yang diciptakan untuk menyediakan perintah - perintah dalam aktifitas komunikasi antar jaringan, yakni komunikasi antara jaringan client / browser computer dengan server computer. Secara garis besarnya, proses aktifitas komunikasi tersebut berjalan dengan pola; komputer browser atau klien melakukan permintaan kepada komputer server dengan cara mengirimkan alamat situs atau url melalui kolom url pada browser komputer, yang kemudian komputer server melakukan pengolahan terhadap permintaan browser / klien tersebut berdasarkan protocol code yang diterima oleh komputer server. Protokol tersebut dilakukan menggunakan jaringan yang terhubung dengan jaringan world wide web (www). Apabila web server atau komputer server telah memberikan respon sesuai permintaan browser, maka secara otomatis komunikasi antara komputer browser atau klien dengan komputer server terputus pada saat itu, hal ini biasa disebut dengan stateless protocol.

Ketika kita menggunakan protokol http dalam mencari data, maka kita akan melakukan koneksifitas melalui TCP/IP yang pada umumnya menggunakan port 80. Permintaan yang kita tuliskan pada browser terdiri dari berbagai informasi data, yaitu kode http, world wide web (www), dan alamat situs atau url yang diminta ke komputer server. Kemudian komputer server akan memberikan respon dengan mengirimkan kembali kepada browser computer yang merupakan tanggapan atau jawaban dari permintaan yang browser minta. Data - data yang dikirimkan meliputi waktu saat komunikasi (tanggal dan jam), versi http yang digunakan, nama server, jenis file yang diminta, dan kapasitas file dalam ukuran byte.

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet, fungsi http ikut mengambil bagian sebagai sistem protokol yang paling berpengaruh besar terhadap jalannya aktifitas informasi dan komunikasi yang dilakukan di internet. Tanpa adanya fungsi http dalam sistem jaringan internet, maka tidak akan ada fasilitas internet seperti sekarang ini. Keberadaan sistem protokol ini telah membawa aktifitas kehidupan manusia berjalan jauh lebih modern dan serba mudah. Manusia tidak lagi disulitkan dengan perbedaan jarak dan waktu antar sesama mereka, dimana mereka bisa dengan mudah menghubungi dan dihubungi mulai dari jarak dekat hingga jarak jauh melalui fasilitas–fasilitas yang tersedia, seperti fasilitas web, email, dan chat secara online untuk komunikasi secara tertulis, serta video web dan video call sebagai fasilitas komunikasi online secara visual dan tatap muka jarak jauh, yang mana kesemuaan itu didukung oleh pentingnya keberadaan fungsi http.

Itulah ulasan Paseban di kesempatan saat ini mengenai pentingnya peran http terhadap jalannya fasilitas jaringan internet di seluruh dunia. Fungsi http telah menjadi jatung jaringan internet yang tidak dapat tergantikan dan tidak akan tergantikan oleh sistem protokol lainnya. Atas dasar peran penting yang di miliki oleh protokol ini, maka tumbuhlah banyak pemikiran–pemikiran sejalan yang di miliki oleh banyak ahli IT, di mana mereka sangat mengharapkan dan mendukung kepada pihak–pihak penyedia dan pengelola sistem jaringan internet di seluruh dunia untuk terus mengembangakan sistem protokol http, sehingga membawa sistem jaringan internet dunia ke arah yang jauh lebih maju dan supramodern. Mungkin hanya itu saja yang dapat Paseban sampaikan terkait bahasan mengenai peran dan fungsi http di dalam sistem jaringan internet yang kini telah mendunia. Sangat diharapkan kepada Pasebania semua untuk terus menggali informasi yang berhubungan tentang pengetahuan teknologi dan informasi modern, sehingga kita tidak menjadi masyarakat modern yang tertinggal dari masyarakat modern di negeri luar. Dan semoga informasi yang Paseban tulis ini bermanfaat bagi Anda semua. Salam Pasebania! [HRS]