Cara Menggunakan iTunes

20 Dec 2012 10:30 | Hits: 13595

Cara Menggunakan iTunes: Manage Playlist yang ada di iPhone Anda

Cara Menggunakan iTunes: Manage Playlist yang ada di iPhone Anda

Ketika beberapa orang berpikir mengelola dan memainkan musik pada iPhone tidak lebih baik saat Anda menggunakan perangkat musik Apple yaitu iPod, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari iPhone dan perangkat iOS lainnya yang mungkin belum Anda perhatikan. Tipikal kapasitas penyimpanan iPhone yang tidak terlalu besar dan mungkin besarnya koleksi dalam iTunes library tidak sebanding dengan besaran kapasitas tersebut, membuat Anda perlu untuk melakukan manage playlist pada iPhone. Namun bagaimanapun, membuat serta memasukkan playlist pada iPhone, atau mungkin iPod touch, adalah hal yang mudah, apalagi kini telah disediakan layanan wireless Sync. Jadi, Anda dapat memasukkan lagu baru atau playlist tanpa harus menghubungkannya menggunakan kabel dari perangkat iOS ke komputer, dan Anda masih dapat mengunduh serta manage playlist dan musik pada iPhone. Pada artikel ini Paseban akan memaparkan cara menggunakan iTunes untuk memanage playlist dengan benar.

Dalam memulai aktifitas untuk membuat dan manage playlist pada perangkat iOS, hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja adalah mendapatkan lagu yang Anda inginkan untuk iPhone Anda. Setelah itu, hubungkan perangkat iOS dengan iTunes library pada komputer, dan pilih menu iPhone atau iPod Touch di bawah area Devices, dan lalu pilih tab Music. Kemudian, lihatlah ke kotak Sync Music, dan jika kapasitas dalam iTunes Library lebih besar dari kapasitas penyimpanan dalam iPhone, Anda dapat memilih area "Selected playlists, artists, albums, and genres”. Dengan menggunakan opsi ini, Anda dapat memilih playlist, album, dan sebagainya, yang akan Anda masukkan pada Music library dalam perangkat iOS Anda. Kapasitas penyimpanan akan ditunjukkan di bagian bawah iTunes, dan akan memperlihatkan berapa sisa kapasitas penyimpanan yang masih dapat Anda gunakan untuk dapat dimasukkan konten ke iPhone milik Anda. Setelah itu, Anda dapat melakukan klik pada tombol Sync untuk memasukkan konten yanga Anda pilih ke iPhone. Anda juga dapat mengunduh musik langsung dari iPhone melalui default iTunes app atau Music app pada perangkat iOS Anda. Untuk melengkapi pengaturan, bukalah Settings pada iPhone Anda, dan tap pada General kemudian ke iTunes Wi-Fi Sync untuk mengaktifkan sinkronisasi wireless secara otomatis antara iPhone dengan iTunes Library pada komputer Anda. Perangkat iOS akan tersinkron jika terkoneksi dengan wi-fi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi secara manual dengan tap pada tombol Sync Now. Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk manage playlist pada iPhone adalah dengan memanfaatkan iTunes Match dan juga dapat menggunakan Home Sharing dimana akan memberi jalan pada Anda untuk berbagi iTunes library pada perangkat iOS Anda.

Dengan koneksi sinkronisasi yang telah diatur, sekarang kapanpun Anda dapat membuka iTunes untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan playlist agar dapat tersinkron ke iPhone. Ketika Anda memainkan musik pada iPhone dan komputer, jumlah musik yang dimainkan dan rating yang Anda masukkan akan tersinkron antar perangkat tersebut. Sekarang, jika Anda memiliki musik pada perangkat iOS, Anda juga dapat membuat playlist tanpa melalui koneksi komputer. Dalam Music app pada iPhone, tap Playlists, dan Anda akan melihat playlist yang ada pada komputer. Tetapi, untuk membuat playlist lain dari konten yang ada, tap pada "Add Playlist...” dan beri nama pada playlist tersebut. Setelah itu, cukup pilih daftar Artists, Songs, Albums, atau Genres, dan pilih musik yang ingin Anda masukkan pada playlist yang baru itu.

Cara yang lebih cepat dalam manage playlist pada perangkat iOS adalah melalui fitur Genius Playlist. Genius Playlist akan bekerja dengan memilih playlist musik bagi Anda berdasarkan musik yang Anda pilih. Cara mudah untuk mengatur Genius Playlist adalah melakukan tap pada sebuah lagu pada daftar, dan kemudian tap pada icon Genius Playlist di bawah judul lagu yang dipilih. Jika iTunes library pada perangkat iOS Anda memiliki lagu yang sama dengan lagu yang Anda pilih, maka fitur ini akan membuat playlist untuk Anda. Genius Playlist akan menggunakan judul lagu yang Anda pilih sebagai nama playlist.

Manage playlist dapat dilakukan sesuai keinginan Anda, asalkan Anda tahu apa yang akan diatur, agar dapat memudahkan dalam memainkan musik nantinya. Dengan sinkronisasi wireless, maka manage playlist akan semakin mudah dengan menghubungkannya antar perangkat iOS dan komputer. Sekarang, iPhone Anda telah berkomunikasi lancar dengan iTunes library tanpa harus melakukan sesuatu yang rumit. [DEAS]