Port USB Tidak Berfungsi

22 Oct 2013 15:00 | Hits: 48401

Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi atau Mati

Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi atau Mati

Port USB menjadi penting sekali untuk pengguna komputer terutama laptop. Apalagi laptop Anda tidak memiliki DVD-Rom. USB adalah jalan terbaik. Entah itu menghubugnkan ke DVD-Rom portable, hardisk portable atau flashdisk, USB port pintu masuknya. Tetapi, USB port ini juga sering mengalami masalah. Mungkin karena intensitas penggunaannya atau karena beberapa masalah yang ada kaitannya dengan software. Atau juga, yang bermasalah adalah perangkat yang ingin Anda hubungkan ke komputer melalui USB sehingga port USB tidak berfungsi. Tetapi itu mudah, tinggal coba di komputer lain yang port USB-nya tidak rusak.

Kalau ternyata perangkat Anda tersebut bisa berjalan dengan baik di komputer lain, tersangka utamanya adalah port USB komputer Anda. Paseban akan memberikan beberapa cara memperbaiki port USB tidak berfungsi ini. Mudah-mudahan bisa membantu Anda.

 

Pemeriksaan Fisik

Pertama yang perlu kita periksa adalah fisik port komputer Anda. Untuk mengujinya, coba Anda pasangkan flasdisk di port USB kemudian goyangkan sedikit ke atas dan kebawah. Tetapi lakukan dengan lembut, Anda tentu tidak mau flasdisk Anda rusak karena tes ini bukan? Bila Anda tidak terlalu yakin seberapa kokoh port USB dalam keadaan baik, coba uji di port yang lain (yang tidak rusak) atau di komputer teman Anda dan bandingkan. Jika ternyata port yang diduga rusak ternyata lebih longgar dari port lainnya atau port teman komputer teman Anda, sepertinya artikel ini kurang membantu, Jika tidak, ikuti langkah-langkah di bawah.

 

Restart Komputer

Sebelum Anda berurusan dengan Device Manager, cobalah cara klasik komputer, matikan dan hidupkan kembali. Terkadang, memaksa sistem untuk men-scan kembali hardware seperti USB Port membuatnya berjalan kembali. Jika tidak berhasil masuk ke Device Manager.

 

Cek Device Manager

Anda dapat membuka Device Manager dengan beberapa cara tetapi, menurut Paseban ini jalan tercepat. Klik Start Menu dan ketik devmgmt.msc kemudian tekan Enter. Device Manager akan terbuka dan Anda akan melihat jendela berikut:

Device Manager menunjukkan semua perangkat yang bisa di-instal di komputer Anda. Dan untuk kali ini, perhatian kita tertuju pada Universal Serial Bus controlloers. Klik pada ikon tanda panah kecil yang ada di sebelah kiri tulisan dan akan muncul pilihan-pilihan lagi. Seperti di bawah:

 

 

Ini mungkin sering Anda abaikan tetapi, di sini kita bisa mendapatkan beberapa informasi. Pada gambar di atas ada Intel (R) 5 Series/3400 Series Chipset Family USB Enchanced Host Controller. Ini adalah USB Host Controller dari komputer Paseban. Kata kuncinya adalah Host Controller. Temukan kata kunci ini di Device Manager Anda. Jika tidak menemukannya, ini mungkin yang menjadi masalah USB Anda.

Klik Scan for hardware changes di toolbar. Ini akan memaksa komputer Anda untuk mengecek semua hardware yang terhubung ke komputer Anda. Bila Anda beruntung, proses ini akan memunculkan Host Controller USB di daftar. Jika tidak, masalah belum terselesaikan.

Dari sini Anda harus berusaha lebih keras lagi. Kita masih bekerja di Device Manager. Jika Anda menggunakan komputer desktop dengan mouse atau keyboard USB makaa Anda perlu secara manual merestart komputer. Karena kali ini kita akan meng-uninstal USB Host Controllers dan akan menonaktifkan perangkat USB Anda.

Di Universal Serial Bus, klik kanan USB Host Controler yang pertama. Untuk jelasnya lihat gambar di bawah:

 

 

Pilih uninstall. Dan ulangi proses ini di semua USB Host Controller. Dan kemudian restart komputer Anda. Ini akan memaksa komputer Anda mengumpulkan kembali USB Host Controlling dan mudah-mudahan membawa salah satu yang selama ini tidak merespon. Bila belum juga terbenahi, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

 

Menonaktifkan Selective Suspend Feature

Selective Suspend Feature adalah pengaturan power saving di Windows. Yang dilakukan fitur ini adalah menghemat baterai di komputer Anda. Ini adalah fitur yang bagus tetapi, pada kenyataannya fitur ini terkadang malah membuat port USB Anda tidak merespon. Anda dapat menonaktifkan fitur ini melalui regisrty key. Sebenarnya ini cukup berguna untuk komputer desktop karena, komputer desktop tidak menggunakan baterai. Di laptop mungkin Anda akan berfikir kembali menonaktifkan ini, apalagi Anda sering menggunakan baterai laptop. Tetapi ini tidak akan sulit menghidupkannya kembali.

Masuk ke Registry Editor. Klik Start Menu dan tulis regedit di search box dan kemudian tekan Enter. Registry Editor akan terbuka dan terlihat seperti gambar di bawah:

 

 

Arahkan ke DisableSelectiveSuspend dengan mengklik HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>CurrentControlSet>service>USB. Jika tidak ada USB di registry key komputer Anda, tnggal buat saja. Klik tombol edit yang ada di bagian atas kemudian klik New. Buat namanya USB. Klik akanan di USB yang Anda buat tadi kemudian arahkan ke New, pilih DWORD (32-bit) Value. Atau di sebut Dword Value di sistem Anda. Beri nama DisableSelectiveSuspend. Klik kanan file tersebut dan pilih Modify. Di Value Data masukkan angka 1. Dan Anda telah menonaktifkan fitur Selective Suspend. Tetapi Anda perlu merestart komputer Anda.

 

 

Apakah USB Anda masih belum bekerja? Sepertinya USB Anda mengalami kerusakan fisik. Bila berniat mengganti sendiri, Anda bisa melihat video dibawah: