merubah tampilan windows 7

16 Dec 2012 18:00 | Hits: 11476

Merubah Tampilan Windows 7 dengan Folder Berwarna

Merubah Tampilan Windows 7 dengan Folder Berwarna

Walaupun Windows 7 sudah memiliki tampilan yang sangat indah, namun terkadang kita merasa bosan dengan tampilan tersebut. Oleh karena itu, seringkali kita melakukan berbagai macam perombakan agar Windows kita tetap terlihat fresh. Berbagai macam elemen pada Windows 7 dapat dengan mudah kita rubah, salah satunya adalah yang akan dibahas pada artikel ini. Pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas cara merubah tampilan windows 7 dengan cara merubah warna folder yang terdapat pada Windows Explorer agar menjadi lebih berwarna.

Terdapat beberapa macam software yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut. Namun kali ini Paseban akan mengulas dua diantaranya, yaitu Folder Colorizer dan Folderico.

Folder Colorizer

Folder Colorizer merupakan software yang dibuat Softorino yang dapat digunakan untuk mewarnai folder yang ada di Windows Explorer Anda. Namun sebelum Anda menggunakannya, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika menginstalnya.

Pertama, Anda harus menghilangkan ceklis pada opsi "try CleanMyPC for free” agar aplikasi Folder Colonizer ini tidak menginstal aplikasi tambahan yang tidak terlalu berguna bagi PC Anda.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memberikan alamat email Anda agar bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Jika Anda tidak memberikan alamat email, maka aplikasi Folder Colorizer ini tidak akan dapat digunakan. Oleh karena itu, untuk menjaga kerahasiaan email Anda, sebaiknya Anda mengirimkan alamat email alternative Anda saja.

Selanjutnya untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya tinggal mengklik kanan pada folder yang ingin Anda rubah warnanya, kemudian pilih opsi "Colorize!” setelah itu Anda dapat memilih warna yang ingin Anda gunakan. Untuk melihat hasilnya, Anda terlebih dahulu harus melakukan refresh pada Windows Explorer Anda.

Apabila Anda ingin mengembalikan warna folder tersebut seperti semula, maka Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah diatas lalu kemudian Anda tinggal memilih opsi "Restore original color” maka warna folder tersebut akan kembali seperti sedia kala.

Selain itu, ada sebuah fitur menarik yang disediakan oleh aplikasi ini, yaitu Anda dapat menambah sendiri warna yang Anda inginkan lewat fitur folder color manager. Anda dapat membuat berbagai macam warna sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menghapus warna yang tidak Anda sukai, Anda pun dapat melakukannya dengan mengklik symbol "x” berwarna merah.

Jika Anda ingin mencoba untuk menghias folder Anda dengan menggunakan aplikasi Folder Colorizer ini, maka Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Folderico

Folderico merupakan software buatan Shedko yang juga dapat digunakan untuk mewarnai folder Anda. Terdapat cara perbedaan dalam menggunakan Folderico untuk Windows 7 32 bit dan Windows 7 64 bit. Pada versi 32 bit Anda dapat menggunakan Folderico dengan cara yang sama seperti ketika menggunakan Folder Colorizer. Namun untuk versi 64 bit, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan pada folder yang akan dirubah warnanya, kemudian pilih folderico

  • Pilih tema folder dan warna yang Anda inginkan. Secara default terdapat 2 tema yang disediakan, namun Anda dapat menambah tema tersebut dengan mengunduhnya secara gratis dari situs resminya.

  • Setelah memilih tema dan warnanya, Anda tinggal menekan tombol apply untuk mengubah warna foldernya.

  • Selanjutnya jika Anda ingin mengembalikan Warna folder tersebut menjadi seperti sedia kala, maka Anda cukup mengklik kanan pada folder tersebut kemudian pilih opsi "reset folder icon,” maka folder Anda akan menjadi seperti sedia kala.

Selain menawarkan fitur untuk merubah warna seperti yang telah disebutkan di atas, aplikasi Folderico ini juga menawarkan beberapa fitur lain yang mungkin berguna buat Anda. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah menambahkan atribut hidden pada file, mengubah ikon pada library, menambah bahasa yang didukung, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi Folderico ini juga tidak hanya bisa digunakan pada Windows 7 saja karena sang pengembang juga mengeluarkan aplikasi serupa yang bisa digunakan untuk pengguna Windows XP berikut dengan versi portablenya. Jika Anda ingin mencoba aplikasi Folderico ini, Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma di sini. (GAN)