Mengkaji Lebih Dalam Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Internet, merupakan sebuah teknologi super mutakhir yang pada saat ini telah menggenggam dunia dan membuat segalanya mengalami ketergantungan terhadap keberadaan dan peran yang dibawanya. Semua urusan yang ada di lingkungan manusia modern saat ini bergerak dan berlangsung secara beriringan bersama teknologi internet untuk melengkapi hampir seluruh bidang kebutuhan yang dimiliki oleh manusia. Salah satu bidang kebutuhan yang ikut mengalami ketergantungan terhadap internet tidak lain adalah kebutuhan di bidang edukasi atau pendidikan.

Mengapa bisa dikatakan ketergantungan? Tentunya terdapat alasan–alasan krusial yang menyebabkan hal itu terjadi. Alasan krusial disini bisa dilihat dari segi kegunaan, fungsi, serta manfaat yang diberikan oleh peran fasilitas internet itu sendiri. Untuk itu, mari kita kaji secara mendalam apa saja manfaat internet bagi dunia pendidikan pada zaman modern sekarang ini. Sehingga, akan membantu kita menemukan alasan - alasan paling mendominasi terhadap faktor penyebab dunia pendidikan tidak bisa terlepas dari peran dan fungsi internet. Yuk, kita simak kajian singkatnya di bawah ini!

Sesuai dengan tujuan diciptakannya teknologi internet, yaitu membantu dan melengkapi segala kebutuhan serba modern yang diperlukan oleh banyak masyarakat luas, maka tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pendidikan di seluruh dunia mau tidak mau harus ikut menggunakan dan memanfaatkan fungsi serta peran teknologi internet dalam memenuhi kebutuhan akan permintaan terhadap ketersediaan fasilitas pendidikan yang kian hari semakin pesat, didukung pula dengan fitur fasilitas baru yang terus bermunculan serta diiringi perkembangan dan kemajuan akan inovasi - inovasi baru akan fitur dan fasilitas pendidikan yang super modern.

Seiring dengan berjalannya waktu, aktivitas tersebut kini menjadi kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan. Sehingga, seluruh sistem pendidikan dunia mengalami keterikatan serta ketergantungan yang sangat erat dan tak dapat dipisahkan lagi. Namun, apa saja sebetulnya manfaat internet bagi dunia pendidikan, hingga membuat teknologi ini menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan di bidang ini. Berdasarkan hasil penelitian singkat yang dilakukan oleh banyak pengamat teknologi dan pendidikan, terdapat beberapa alasan paling signifikan yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Terdapat sebuah pernyataan mengenai hubungan internet dengan dunia nyata, yaitu internet merupakan sebuah teknologi super modern yang diciptakan untuk membangun dunia baru yang berbeda dengan dunia nyata, namun dunia tersebut berada dihamparan seluruh permukaan dunia nyata. Dunia baru tersebut biasa disebut dengan dunia maya. Pada dunia nyata, segala informasi diberikan secara besar–besaran tanpa batas. Namun, untuk mendapatkan banyak informasi yang bervariatif, kita harus bergerak ke banyak wilayah di dunia, yang tentunya tidak semua orang bisa melakukannya, bahkan mungkin hanya sebagian kecil saja yang mampu.

Berbeda dengan dunia maya, segala informasi yang ada disana dapat kita gali dan telusuri tanpa batas dan tidak memiliki ruang lingkup dimensi, baik dimensi waktu maupun dimensi wilayah. Disamping itu, segala ilmu pengetahuan dan informasi yang tersedia di dunia maya merupakan sekumpulan pengetahuan dan informasi yang diangkat dari dunia nyata. Maka dari itu, dunia maya sering disebut–sebut sebagai miniaturnya dunia nyata, mulai dari bentuk, wujud, sifat, dan segala isi–isinya. Sehingga memungkinkan siapa saja dapat bergerak bebas untuk mendapatkan banyak pengetahuan di dunia maya.

Dengan melihat dari pernyataan diatas tersebut, kita bisa mendapatkan banyak informasi terkait manfaat internet bagi dunia pendidikan. Beberapa di antaranya yaitu, dengan dunia internet yang bersifat luas tanpa batasan dimensi, maka memungkinkan masyarakat untuk dapat menggali banyak informasi–informasi baik umum hingga khusus dari seluruh bidang pengetahuan yang ada di seluruh dunia. Begitu pula dengan dunia pendidikan, dalam memperluas informasi–informasi baru, para pelaku dunia pendidikan (lembaga, organisasi, komunitas, dan sebagainya) tidak perlu lagi harus menjalin hubungan kerja sama antara pelaku dunia pendidikan yang satu dengan yang lainnya.

Sangat tidak profesional, bila salah satu universitas di Indonesia yang sedang membutuhkan informasi tentang ilmu pengetahuan nuklir yang ada di Amerika, harus bolak - balik datang kesana hanya untuk mendapatkan informasi tersebut. Sedangkan dengan internet, suatu lembaga pendidikan dapat terhubung dengan seluruh lembaga pendidikan lainnya di semua negara di dunia dalam waktu singkat, mudah, dan efisien melalui perangkat komputer.

Dan jangan lupa, Paseban sebagai salah satu Jejaring Sosial buatan Anak Negeri juga mengedepankan pendidikan sebagai salah satu produk andalannya, ini juga sebagai wujud kepedulilan Paseban terhadap Pendidikan di Negeri sendiri. Paseban menghadirkan aplikasi Ujian Online, yang semakin komplit dengan hadirnya Latihan UN SMP Online. Sebelumnya Paseban hadir dengan produk Latihan SNMPTN, Latihan UN SMA Online dan Latihan UK Guru. Semua bisa Anda akses gratis secara online di Internet melalui http://latihanujian.paseban.com

Itulah kajian singkat mengenai manfaat internet bagi dunia pendidikan yang dilansir oleh beberapa kelompok peneliti. Bisa Pasebania lihat, bahwa penjelasan tentang manfaat internet bagi dunia pendidikan di atas tersebut hanya mengangkat dari titik poros atau inti utama manfaat internet. Sehingga, kesimpulan yang didapat telah mampu mewakili keseluruhan dari manfaat internet dalam bidang edukasi. Dikarenakan, apabila berbicara soal manfaat internet dalam kegiatan edukasi secara mendetail, tentu saja tersedia ratusan bahkan ribuan manfaat yang disuguhkan oleh teknologi ini kepada para pelaku dunia edukasi. [HRS]