Message History

13 Dec 2012 18:30 | Hits: 19753

Cara Menghapus Message History Skype pada Komputer Windows dan Mac

Cara Menghapus Message History Skype pada Komputer Windows dan Mac

Skype merupakan sebuah platform yang telah miliki lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia. Layanan ini memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain melalui mikrophone, video webcam, dan juga pesan singkat melalui layanan internet. Tidak seperti layanan VoIP lainnya, Skype menggunakan latar belakang prosesinya di dalam software mereka sendiri. Penggunanya sendiri dapat memiliki lebih dari satu akun. Pihak Skype sendiri mengklaim bahwa mereka memiliki sistem kemanan komunikasi yang mumpuni. Penggunanya dapat memilih nama panggilan mereka sendiri untuk menggunakan sistem tanpa menyertakan identitas pribadi mereka kepada pengguna lain. Tapi, tentunya layanan ini memiliki kekurangan, terlebih dalah hal menjaga kerahasiaan komunikasi para penggunaya.

Layanan ini sejatinya memungkinkan penggunanya untuk memilih antara teks, suara, atau video sebagai medium komunikasi mereka. Saat mempergunakan opsi komunikasi melalui teks, message history Anda dapat tersimpan selamanya. Artinya bahwa setiap pesan yang Anda kirimkan kepada seseorang akan tersimpan di dalam komputer. Jika komputer Anda hanya dapat diakses oleh Anda pribadi, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi permasalahan pelik. Tetapi, jika Anda berbagai penggunaan komputer dengan orang lain, komunikasi serta data rahasia Anda dapat saja jatus ke tangan yang salah. Lalu bagaimana cara menghapus message history di dalam Skype? Ikutilah langkah-langkah praktis berikut.

  • Langkah pertama, bukalah menu utama Skpe, lalu klik opsi Tools pada bar menu dan pilih Options.

  • Langkah Kedua, klik IM & SMS pada bagian kiri menu. Pada area tersebut, klik opsi Show Advanced Settings yang berada dekat dengan tombol bagian pojok kanan bawah menu.

  • Langkah Ketiga, pilihlah opsi "Keep history for." Di dalamnya telah tersedia sebauh tombol untuk menghapus seluruh message history yang tersimpan di dalam Skype. Untuk menghapusnya Anda cukup menekan tombol Clear History, dan secara otomatis seluruh komunikasi teks akan terhapus dari sistem.

Jika Anda telah mampu mengakses menu penghapusan pesan teks tersebut, ada baiknya untuk secara mengganti setiap teks yang tersimpan secara berlakan. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir ini, Skype tengah diterpa oleh beberapa isu mengenai keamanan sistem komunikasi. Pada tahun 2012 ini, Skype memperkenalkan fitur update otomatis untuk melindungi pengguna dari resiko keamanan. Berdasarkan berita yang dilansir Washington Post pada tahun ini, Skype telah melakukan ekspansi kerjasamanya denga pihak keamanan agar membuat pembicaraan online dan informasi mengenai setiap penggunanya dapat diakses oleh polisi.

Menjaga setiap privasi komunikasi Anda tentulah hal yang sangat baik untuk dilakukan, terlebih apabila status pembicaraan tersebut sangat rahasia. Jika langkah-langkah di atas merupakan cara penghapusan pembicaraan pada komputer Windows, berikut langkah-langkah penghapusan pesan pada Mac. Penghapusan pesan tersebut termasuk penghapusan, pesan instan, panggilan, voicemail, pesan SMS, dan juga pengiriman dan penerimaan data. Harus diingat, Anda tidak dapat mengembalikan seluruh data yang telah terhapus. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama. Masuklah ke dalam Skype.

  • Langkah kedua. Pada bar menu, klik Skype dan pilih opsi Preferences. Kemudian pilihlah panel Privacy dalam opsi Preference tersebut.

  • Langkah ketiga. Klik "Delete All Chat history." Dibutuhkan waktu beberapa menit untuk menghapus seluruh pesan. [MS]