Microsoft Outlook

17 Dec 2012 18:00 | Hits: 5202

Cara Mentransfer Kontak Microsoft Outlook dengan Cepat ke Perangkat Android

Cara Mentransfer Kontak Microsoft Outlook dengan Cepat ke Perangkat Android

Jika Anda baru saja membeli sebuah perangkat Android, dan berniat memindahkan kontak telepon dari Microsoft Outlook, rasanya bukanlah pekerjaan mudah memindahkannya satu per satu secara manual. Bahkan untuk hitungan ribuan kontak. Anda tidak dapat menggunakan kartu SIM untuk melakukan transfer data. Ada beragam cara nyaman untuk melakukan sinkronisasi kontak ke dalam perangkat Android. Pemilik perangkat HTC seperti EVO 4G dapat menggunakan HTC Sync 3.0 yang secara khusus didesain agar dapat melakukan sinkronisasi antara Microsoft Outlook dan WIndows Address Book. Namun HTC Sync 3.0 tidak dapat bekerja dengan seluruh tipe perangkat HTC.

Saat ini ada cukup banyak perangkat Android yang tidak dilengkapi dengan opsi sinkronisasi Outlook, ataupun beberapa perangkat tidak memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal tersebut. Sejatinya ada beragam aplikasi yang dapat Anda manfaatkan. Tapi jika Anda ingin mencoba proses yang lebih mudah dibandingkan aplikasi berbayar yang banyak bertebaran saat ini, berikut langkah-langkahnya:

  • Anda dapat dengan mudah menggunakan fungsi Export dari program Microsoft Outlook pada Windows. Kemudian pindahkan kontak-kontak tersebut ke dalam CSV, atau pisahkan menggunakan tanda koma (,). Saat ini dari banyaknya aplikasi Android baik garis maupun berbayar mengklaim mampu melakukan perpindahan kontak dari file CSV. Hal itu memang betul adanya. Tetapi kerap terjadi kasus duplikasi kontak atau bahkan penghapusan kontak secara bersamaan.

  • Setelah langkah tersebut, para pengguna layanan email milik Google, Gmail merupakan salah satu media yang sangat baik untuk digunakan. Layanan tersebut dapat memindahkan kontak dalam sebuah form Outook CSV. Maka yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam akun Gmail yang tersambung dengan perangkat Android, masuk ke dalam opsi Contact pada bagian kiri di bawah menu. Pada tab More akan terlihat daftar kontak Anda, dan pilihlah fungsi import.

  • Langkah ini memungkinkan Anda untuk memilih file CSV yang telah keluar dari Outlook melalui komputer dan terunggah ke dalam Gmail. Maka seluruh kontak Outlook akan tersinkronisasi dengan perangkat Android terbaru milik Anda. Jika memilih opsi dalam aplikasi Contacts, gunakanlah perangkat Anda untuk melihat daftar kontak dalam Gmail. Gmail sendiri memiliki fungsi untuk mempersatukan data-data duplikasi, dan dari aplikasi Contacts Android Anda dapat mengirimnya ke dalam kartu SIM dengan mudah.

Microsoft Outlook sendiri merupakan bagian dari Microsoft Office Suite. Walaupun kerap digunakan sebagai aplikasi email, Outlook pun dapat berfungsi sebagai penunjuk kalender, Task Manager, Contact Manager, jurnal, bahkan web browser. Aplikasi Outlook sendiri telah terintegrasi ke berbagai perangkat mobile seperti BlackBerry dan juga Android. Selain itu para developer dapat membuat custom software Outlook mereka sendiri yang dapat bekerja dengan Outlook dan komponen Office lainnya menggunakan Microsoft Visual Studio.

Ada banyak perangkat Android yang tidak dilengkapi dengan opsi sinkronisasi Outlook. Dengan tren aplikasi saat ini, merogoh kocek sekitar $40 atau $50 untuk sebuah aplikasi bukanlah pilihan bijak. Langkah-langkah di atas dapat menjadi pilihan menarik untuk dicoba. Namun, pastikan Anda melakukan pemeriksaaan ulang. [MS]