iTunes 11

10 Dec 2012 16:30 | Hits: 1625

Cara Mengatur Unduhan pada iTunes 11

Apple cukup lama menyembunyikan layanan iTunes terbarunya. Layanan dan toko multimedia online milik raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini sekarang telah mendapatkan wajah serta fitur-fitur terbaru. Tampilan iTunes 11 hadir dengan desain sederhana dan tampil lebih bersih. Dalam versi terbarunya, iTunes menyatukan fungsi library dalam satu menu. Di dalamnya Anda dapat memanfaatkan tiga pilihan fungsi seperti musik, video dan juga acara-acara televisi.

Dalam fitur terbaru tersebut, pengguna akan disajikan pilihan tab yang secara otomatis dapat terbukan. Bahkan penggunanya dapat menampilkan layanan ini dalam versi lebih kecil bernama Mini Player. Dalam tampilan ini, Anda dapat melihat berbagai informasi mengenai lagu-lagu yang tengah diputar. Selain itu, Apple pun memberikan beberapa fitur baru seperti kemampuan memainkan data multimedia dalam iCloud secara langsung. Pada versi sebelumnya, hal tersebut hanya dapat dilakukan melalui iTunes Store.

Lalu bagaimana caranya mengatur unduhan pada iTunes 11? Bersamaan dengan tampilan dan "rasa" baru, tentunya adaptasi terhadap cara-cara baru mengenai interaksi dengan tugas-tugas pada iTunes akan mengalami perubahan. Salah satu cara baru tersebut adalah melakukan pengaturan unduhan. Hal ini tentunya kerap menjadi kendala tersendiri bagi mereka yang kurang familiar dengan kemampuan layanan terbaru ini. Saat iTunes terbaru ini dirilis, biasanya update aplikasi akan segera tersedia. Pada versi sebelumnya, Anda cukup mengatur unduhan yang aktif pada sidebar. Namun setelah membuka sidebar pada iTunes versi terbaru ini Anda akan menemukan bahwa kategori unduhan telah hilang. Anda akan kesulitan melihat unduhan dalam keadaan aktif atau tidak dari progress bar.

Untuk mengetahui cara mengatur unduhan pada iTunes 11, Anda cukup menemukan ikon download, sama seperti tombol "Download All" ada halaman update aplikasi yang berada pada kota pencarian. Dengan klik pada tombol tersebut Anda dapat membuka update aplikasi. Cukup dengan cara tradisional untuk mengatur unduhan update aplikasi tersebut. Namun harus diingat bahwa setelah unduhan selesai, ikon tersebut akan secara otomatis menghilang. Hilangnya ikon tersebut sejatinya masih menjadi pertanyaan. Tentunya akan sangat bermanfaat apabila Apple mengenbalikan tampilan sidebar seperti pada versi sebelumnya. Atau setidaknya keberadaannya dapat lebih mudah untuk ditemukan.

Di samping itu semua, ada banyak baik yang hadir pada versi terbaru ini. Beberapa gangguan memang kerap hadir seperti performa dari cloud yang bekerja kurang baik. Anda dapat membayangkan bahwa ini adalah iTunes versi terakhir sebelum Apple memperbaharuinya dengan tipe atau model berbeda. Bisa jadi di masa mendatang Apple mengintegrasikan Spotify atau Pandora untuk memenuhi kebutuhan streaming penggunanya. Tapi tentunya ada banyak pengguna masih menginginkan opsi pengunduhan dan sinkronisasi media saat tengah berpergian. Hanya saja hal tersebut sepertinya masih belum dapat terealisasikan. Padahal kebanyakan dari mereka telah menggunakan pengaturan media, termasuk aplikasi, melalui perangkatnya.

Barangkali isu terbesar mengenai iTunes 11 adalah ukurannya yang membesar. Saat tampil sebagai pemutar musik iTunes tampil lebih sederhana. Tapi sekarang melalui hubungannya dengan media lain seperti film, acara televisi, dan buku secara signifikan iTunes pun menjadi "rumah" atau App Store pada Mac/PC. Maka seluruh pengaturan dapat dilakukan melalui iDevices Anda, bahkan melakukan pengaturan unduhan. [MS]