Fungsi Recycle Bin

10 Dec 2012 12:30 | Hits: 9687

Memaksimalkan Fungsi Recycle Bin Dengan Tips Berikut Ini

Memaksimalkan Fungsi Recycle Bin Dengan Tips Berikut Ini

Hampir semua pengguna komputer telah familiar dengan nama Recycle Bin. Kita menggunakannya secara reguler, dan mungkin kita berpikir jika fungsi Recycle Bin bersifat statis, yaitu sebagai tempat file yang dihapus, dan kita akan menghapus secara permanen nantinya.

Tetapi masih ada beberapa hal lebih yang bisa Anda lakukan untuk mengelola fungsi Recycle Bin, dari menempatkannya pada system tray dan otomatis dalam menghapus file hingga mengganti icon. Tips berikut ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan fungsi Recycle Bin agar tidak statis dalam bekerja, dan ini dapat digunakan pada berbagai platform Windows.

1. Menempatkan Recycle Bin pada System Tray

Anda menginginkan fungsi Recycle Bin agar lebih mudah diakses? Jika Anda tidak suka memiliki desktop yang berantakan, Anda dapat menempatkan Recycle Bin pada system tray dengan icon notifikasi Windows lainnya. Untuk melakukannya, cobalah MiniBin atau MicroBin. MiniBin menawarkan opsi konfigurasi lebih, sedangkan MicroBin adalah program sistem tray berukuran kecil tanpa banyak opsi konfigurasi. Program ini menggunakan kapasitas dalam jumlah sedikit serta terintegrasi secara sempurna dengan default icon sistem, dan program ini akan menampilkan gaya khas Microsoft. Untuk membuat program ini otomatis memulai bersamaan dengan Windows, drag dan drop .exe file pada folder Startup di menu Start.

2. Menghapus File dengan Waktu yang Disesuaikan

Secara default, fungsi Recycle Bin hanya akan bekerja untuk mengosongkan semua file yang ada didalamnya. RecycleBinEx adalah program yang memasukkan beberapa context menu yang bermanfaat. Dengan melakukan instalasi RecycleBinEx, Anda dapat melakukan klik kanan pada Recycle Bin dan menghapusnya dalam waktu yang ditentukan.

3. Melewatkan Recycle Bin

Cara ini akan riskan untuk Anda gunakan, namun jika Anda menginginkan sesutu yang praktis, maka Anda bisa memanfaatkannya. Apakah Anda ingin untuk menghapus file secara permanen dan langsung tanpa mengirimkannya ke Recycle Bin terlebih dahulu? Pilih file yang akan Anda hapus kemudian tekan tombol Shift + Delete. File akan secara instant terhapus dari hard drive tanpa melalui Recycle Bin terlebih dahulu. Anda tidak dapat menghapusnya jika tidak Anda menggunakan program file recovery.

4. Menonaktifkan Pesan Konfirmasi

Apakah Anda tidak menyukai pesan yang dimunculkan pada saat Anda akan menghapus file seperti "Are you sure you want to move this file to the Recycle Bin”? Jika Anda tidak menyukainya, Anda bisa menon-aktifkan pesan fungsi Recycle Bin tersebut dengan cara klik kanan pada Recycle Bin yang terpampang pada desktop dan pilih Properties. Kemudian hilangkan tanda pada opsi Display delete confirmation dialog.

5. Menyembunyikan Recycle Bin

Jika Anda menginginkan tampilan desktop rapi tanpa adanya Recycle Bin, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan iconnya. Untuk menyembunyikan icon, klik kanan pada desktop Anda dan kemudian pilih Personalize. Klik Change desktop icons di bagian kiri pada laman Personaliation yang ditampilkan. Uncheck Recycle Bin untuk menyembunyikan iconnya dari desktop. Selain itu, Anda juga dapat menyembunyikan Recycle Bin dan juga semua icon pada desktop dengan melakukan klik kanan pada desktop, kemudian ke area View, dan uncheck Show desktop icons.

6. Mengganti Icon

Dari menu Desktop Icon Settings, Anda juga dapat mengganti icon Recycle Bin untuk mengelola fitur ini. Pilih icon Recycle Bin, klik tombol Change Icon,dan pilih file gambar yang ingin Anda gunakan sebagai icon. Anda juga dapat memisahkan icon untuk Recycle Bin yang terisi dan juga yang kosong. Untuk mengembalikan pengaturan jika suatu saat dibutuhkan, pilih icon dan gunakan tombol Restore Default. Sebagai catatan, icon Recycle Bin Anda dapat berubah jika Anda memilih tema yang berbeda pada Windows. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, Uncheck Allow themes untuk mengganti opsi icon desktop.

7. Mengganti Nama

Bosan dengan nama Recycle Bin yang setiap saat terpampang? Sama seperti mengganti icon, nama Recycle Bin juga dapat diganti, mungkin dapat disesuaikan dengan icon yang Anda pilih. Cukup lakukan klik kanan pada Recycle Bin yang ada di desktop dan kemudian pilih Rename. Selanjutnya, Anda dapat memberi nama yang diinginkan. [DEAS]