Cara Menjalankan Android di PC

02 Dec 2012 18:00 | Hits: 5224

Cara Menjalankan Android di PC Komputer dengan Simulator Android

Cara Menjalankan Android di PC Komputer dengan Simulator Android

Seiring dengan popularitas Android yang semakin tinggi namun harganya yang semakin murah, banyak orang mulai tertarik dengan sistem operasi besutan Google ini. Namun agar lebih yakin untuk menggunakan Android, disarankan untuk mencicipinya terlebih dahulu dengan menggunakan software simulator Android yang dapat dijalankan pada komputer maupun laptop.

Salah satu cara menjalankan Android di PC komputer adalah dengan menggunakan simulator Android SDK (Software Development Kit) dimana didalamnya sudah terdapat emulator untuk menjalankan aplikasi Android. Sayangnya, untuk kebanyakan orang, menggunakan Android SDK sangat sulit. Hal ini dikarenakan memang Android SDK diciptakan untuk para programmer dan pengembang aplikasi Android.

Tapi tenang saja, bagi Anda yang tidak ingin repot dengan Android SDK, terdapat dua pilihan simulator Android yang dapat digunakan dengan mudah. Kedua simulator tersebut adalah BlueStacks dan YouWave. Berikut adalah ulasan keduanya.

BlueStacks AppPlayer

BlueStacks mungkin adalah software simulator Android paling populer saat ini. Selain dikalangan pengguna awam yang ingin mencicipi Android pada komputer mereka, BlueStacks juga ternyata cukup populer dikalangan pengembang aplikasi karena sangat mudah digunakan.

Awalnya, BlueStacks merupakan sebuah software emulator game Android pada PC, sehingga setiap orang dapat memainkan game-game Android tanpa perlu membeli perangkat Android itu sendiri. Seiring dengan kepopulerannya yang terus meningkat, simulator Android yang kini sudah memasuki tahap beta ini sudah dapat menjalankan hampir semua aplikasi Android.

Untuk dapat menggunakan BlueStacks, Anda dapat mendownloadnya langsung secara gratis melalui situs resminya yang beralamat di http://bluestacks.com. Sementara untuk ukuran filenya, pada versi alpha lalu total ukuran file mencapai 119MB. Sedangkan semenjak memasuki versi beta, ukuran installer simulator android ini hanya sekitar 3MB saja. Namun saat baru diinstal, aplikasi akan meminta koneksi internet untuk selanjutnya mendownload file pendukung lainnya yang dibutuhkan. Besaran file yang didownload kurang lebih sama dengan ukuran file pada versi alpha lalu.

Setelah terinstalasi, Anda dapat langsung menginstal file apk dari aplikasi atau game Android yang ingin dicoba. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan klik ganda pada file apk yang terdapat pada komputer untuk langsung menginstall dan menjalankan aplikasi tersebut dengan BlueStacks.

Sayangnya, software BlueStacks hanya dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows. Namun tak menutup kemungkinan di versi terbarunya nanti, simulator Android ini sudah mendukung berbagai sistem operasi lain seperti Mac OS dan Linux.

YouWave

Simulator Android yang kedua adalah YouWave. Meski memiliki kemampuan yang kurang lebih sama dengan BlueStacks, namun kepopuleran simulator ini masih belum setinggi pesaingnya tersebut. Salah satu alasannya mungkin adalah karena YouWave bukanlah sebuah freeware, melainkan shareware dengan masa trial gratis selama 7 hari. Selanjutnya, Anda perlu membeli Activation Key dengan harga $14.99 atau setara dengan 150 ribuan jika dirupiahkan.

Untuk dapat menginstal dan menjalankan file apk menggunakan YouWave, Anda dapat langsung membuka YouWave lalu masuk ke menu File - Path to Apps… Selanjutnya arahkan kedalam folder dimana Anda menyimpan seluruh file apk pada komputer. Klik ganda pada aplikasi yang akan diinstal dan dicoba, lalu aplikasi tersebut akan langsung otomatis berjalan pada layar YouWave.

Kelebihan lain simulator Android ini adalah mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti Whatsapp dan Yahoo! Messenger. Caranya agak sedikit berbeda dengan menginstal file apk biasa, yakni masuk ke menu View - Online Content.

Versi terbaru dari YouWave sudah dapat mengemulasi sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Namun sayang beberapa kelemahannya masih tampak jelas, termasuk belum adanya dukungan terhadap prosesor ARMv7, belum adanya flash player, dan juga belum mendukung hardware sensor. Selain itu, software simulator Android ini juga tidak dapat dijalankan pada host machines seperti Virtual Machine ataupun Virtual Box.

Anda dapat mencoba versi trialnya dengan mendownload file installer yang memiliki ukuran file sekitar 101MB. File installer ini dapat didownload melalui situs resmi YouWave yang beralamat di youwave.com. Perlu diingat bahwa simulator Android ini hanya dapat digunakan di komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows. [IMG]