Suara Beep pada Komputer

01 Dec 2012 11:00 | Hits: 17507

Inilah Sebenarnya Arti dari Suara Beep pada Komputer PC Anda

Inilah Sebenarnya Arti dari Suara Beep pada Komputer PC Anda

Jika Anda mempunyai komputer pribadi atau pernah menggunakan dan menyalakan komputer, Anda pasti selalu mendengar bunyi BEEP pada komputer Anda. Kali ini Paseban akan menjelaskan beberapa arti suara beep pada komputer Anda:

Tanpa Ada Bunyi

Arti dari bunyi BEEP pertama yaitu komputer Anda tidak mengeluarkan bunyi apa-apa saat dihidupkan. Jika tidak terdengar bunyi sama sekali pada BIOS atau pada saat dinyalahkan, ada tiga masalah yang mungkin terjadi pada komputer Anda. Langkah yang harus dilakukan pertama kali yaitu periksa ke arah power supply komputer Anda, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau memang tidak ada tegangan sama sekali pada power supply Anda, maka masalah terjadi dikarenakan tidak ada tegangan yang masuk dari power supply. Jika power supply dalam keadaan normal maka masalah kedua terjadi pada motherboard Anda, kemungkinan motherboard Anda mengalami kerusakan. Jika motherboard Anda tidak mengalami kerusakan, kemungkinan ketiga adalah komponen speaker internal yang tidak berfungsi dengan baik atau tidak terpasang pada jack yang sesuai.

Bunyi Satu Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi BEEP terjadi hanya satu kali. Jika bunyi yang terjadi hanya 1 kali BEEP saja, itu menandakan bahwa komputer Anda berjalan dengan sempurna. Tidak terjadi error. Namun jika bunyi terjadi hanya satu kali dan layar komputer Anda masi tidak menyala, pastikan Anda menyambungkan kabel dari monitor Anda. Jika kabel monitor sudah tersambung namun kondisi komputer tidak menyala, bisa dipastikan bahwa komponen atau slot grafis Anda bermasalah.

Bunyi Dua Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi BEEP dua kali berturut turut. Jika terjadi bunyi BEEP dua kali, maka ada salah satu komponen yang error pada komputer Anda. Periksalah fasilitas grafis Anda jika layar tidak memunculkan tampilan apa-apa. Periksalah memori Anda jika tampilan pada monitor Anda menunjukan sesuatu yang tidak beres telah terjadi. Anda bisa mencoba untuk memindahkan memori ke slot lainnya, atau mencobanya di komputer kerabat Anda. Jika memori tidak rusak, maka masalah ada pada motherboard Anda.

Bunyi Tiga Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu terjadi bunyi sebanyak tiga kali. Jika bunyi tiga kali terdengar pada saat Anda menyalakan komputer, maka permasalahan yang terjadi hampir sama dengan pada saat bunyi BEEP dua kali. Anda dapat melakukan pemeriksaan seperti langkah 3.

Bunyi Empat Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu terjadi bunyi sebanyak empat kali. Jika terjadi hal seperti ini, maka permasalahan lagi - lagi serupa dengan bunyi 2 kali dan 3 kali. Bunyi BEEP 4 kali bisa juga terjadi karena timer pada komputer yang tidak berfungsi dengan baik.

Bunyi Lima Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu terjadi bunyi BEEP sebanyak lima kali. Jika ini terjadi, maka Arti dari bunyi BEEP sebanyak lima kali ini yaitu motherboard Anda mengalami permasalahan dengan prosesor atau RAM Anda. Bisa saja RAM Anda bermasalah atau Slot pada RAM Anda yang bermasalah.

Bunyi Enam Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi BEEP sebanyak 6 kali. Jikaini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa chipset pada Motherboard Anda yang bermasalah. Atur kembali chipset yang ada di motherboard jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, terpaksa Anda harus mengganti motherboard Anda.

Bunyi Tujuh Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi beruntun sebanyak 7 kali. Jika bunyi ini terdengar, bisa dipastikan Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan terjadi pada prosesor atau motherboard Anda.

Bunyi Delapan Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi BEEP sebanyak 8 kali. Jika bunyi delapan kali ini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa VGA atau GPU Anda yang bermasalah.

Bunyi Sembilan Kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi sebanyak 9 kali. Dengan adanya bunyi sebanyak 9 kali, maka BIOS Anda mengalami masalah. Upgrade BIOS atau mengganti BIOS dapat memperbaiki masalah ini. Jika masih terjadi, Anda harus mengganti Motherboard Anda.

Bunyi sepuluh kali

Arti dari bunyi BEEP selanjutnya yaitu bunyi BEEP sebanyak 10 kali. Masalah terjadi pada komponen CMOS Anda. Ada dua cara untuk memperbaiki kondisi ini, satu yaitu dengan menservice motherboard Anda, atau mengganti motherboard Anda dengan yang baru.

Bunyi Sebelas Kali

Arti dari bunyi BEEP yang terakhir adalah bunyi sebanyak 11 kali. Masalah terjadi pada Cache memori Anda, Anda dapan menekan tombol CTRL + ALT + SHIFT untuk mengaktifkan kembali Cachenya. [JON]