Tips dan Trik Komputer

05 Dec 2012 18:00 | Hits: 3121

Tips dan Trik Komputer Menggunakan Keyboard Sebagai Pengganti Mouse

Tips dan Trik Komputer Menggunakan Keyboard Sebagai Pengganti Mouse

Mouse sepertinya menjadi hal yang pentinga bagi komputer Anda dan memang akan sangat berguna untuk mengoperasikan sebuah komputer. Namun bagaimana bila ketika Anda bekerja atau sedang berada di rumah dan mouse Anda rusak atau hilang? Apakah komputer menjadi tidak berfungsi? Tidak seperti itu. Anda bisa menggunakan beberapa trik keyboard agar fungsi mouse dapat dijalankan dengan keyboard. Tips dan trik komputer ini bahkan berguna bagi kita yang memiliki mouse sekalipun. Trik ini akan membuat kita lebih produktif lagi dalam bekerja. Anda akan dapat menggunakannya sebagai shortcut agar dapat menghemat waktu dalam mengakses atau mengoperasikan komputer.

Launcing programs

Mungkin bila Anda memiliki mouse tinggal double klik icon yang ada di desktop atau yang ada di Start menu. Namun bagaimana kalau kita tidak memiliki mouse? Berikut beberapa tips dan trik komputer agar dapat launcing program melalui keyboard.

- Start menu: Tekan tombol WINDOWS yang ada di keyboard Anda dan masukkan nama program atau huruf awalannya saja dan ENTER. Atau bisa juga menggunakan tombol panah untuk memilih program-program yang ada di komputer Anda (ini bekerja pada Windows 7, WIndwos 8, dan Windows Vista).

- Taskbar: Tekan tombol WINDOWS kemudian tekan tombol angka untuk menjalankan program yang ada di taskbar Anda. Shortcut yang ada di taskbar sesuai urutan tombol angka. Tombol 1 untuk program yang ada di paling kiri taksbar, 2 untuk yang disebelahnya dan begitu seterusnya (berlaku untuk windows 7 dan 8).

- Desktop: Tekan tombol WINDOWS + D untuk meminimalkan program yang sedang Anda buka dan langsung menampilkan desktop. Gunakan tombol panah untuk memilih program yang ada di desktop kemudian tekan kembali WINDOWS + D untuk mengembalikan program yang tadi.

- Mengatur Jendela

Walaupun kebanyakan dari kita menggunakan mouse untuk mengatur jendela, sebenarnya kita bisa mengendalikannya melalui dengan shortcut keyboard. Ini beberapa trik keyboard yang bisa kita manfaatkan:

• Menutup program: ALT+F4

• Meminimize jendela: Tombol Windows + Tombol panah ke bawah

• Membuat jendela menjadi setengah: Tombol WINDOWS + tombol panah kanan atau kiri

• Memindahkan jendela: tekan dan lepaskan ALT + SPASI kemudian tekan tombol M, tekan tombol panah untuk menggerakkan jendela

• Mengganti jendela yang sedang aktif: ALT+TAB

Mengoperasikan aplikasi

Untuk memindahkan fokus pilihan yang ada di aplikasi kita bisa menggunakan tombol ALT dan spasi untuk menampilkan menu dari pilihan tersebut. Misalnya pada Notepad. Tekan ALT kemudian tekan spasi untuk mengaktifkan salah satu menu. Untuk memilih menu-menu tersebut Anda bisa menggunakan tombol panah. Atau bila pilihan anda terlewat bisa menggunakan ALT+SIFT untuk memilih menu secara terbalik. Tekan ALT lagi untuk menonaktifkan pilihan menu yang ada di bar bagian atas.

Atau bisa juga dengan menggunakan huruf-huruf yang ada pada keyboard Anda. Tekan tombol ALT kemudian lihat awalan huruf menu yang ada di bar, kemudian tekan huruf tersebut makan kita dalam posisi sedang memilih menu terebut. Untuk menonaktifkannya tekan kembali tombol ALT. Namun, ini tidak bekerja untuk semua program. Untuk mengoperasikan klik kanan tekan SHIFT+F10 atau beberapa generasi keyboard memiliki tombol klik kanan khusus yang biasanya berada di sebelah tombol ALT bagaian kanan. Gunakan tombol panah untuk memilih menu yang disediakan.

Scroling dan editing text

Cara ini merupakan hal yang cukup penting walau Anda merupakan pengguna mouse yang addict. Karena saat mengetik tangan kita berada pada keyboard dan akan memakan waktu lagi bila ingin menggunakan mouse.

Untuk scroll halaman yang ditampilkan baik itu di Office atau di website Anda bisa menggunakan tombol PageUp dan PageDown, untuk langsung kehalaman bagian atas atau bagian bawah bisa menggunakan tombol HOME dan END.

Untuk memindahkan kursor kita bisa menggunakan tombol panah. Tombol panah merupakan shortcut tercepat memindahkan kursor dibandingkan mouse. Agar lebih cepat Anda bisa menahan tombol CTRL dan menggerakkan kursor. kursor akan berpindah perkata. Tombol panah keatas akan memindahkan kursor ke awal paragraf dan panah kebawah ke akhir paragraf.

Bila ingin memilih teks (block) kita bisa menggunakan tombol SHIFT dan tombol panah, HOME, PageUp, PageDown dan END. Memblok teks akan lebih cepat menggunakan tombol-tombol ini daripada menggunakan mouse. Untuk meng-copy tekan tombol CTRL+C, CTRL +V untuk paste dan CTRL+X untuk cut. Bila ingin meng-undo tekan CTRL+Z.

Menggerakkan kursor dengan keyboard

Jika kita tidak memiliki akses mouse Anda dapat menggunakan fitur Mouse Keys yang disediakan oleh Windows. Mouse Keys memungkinkan Anda menggerakkan kursor yang ada dilayar menggunakan NumPad yang ada di keyboard bagian kanan (biasanya laptop tidak memiliki NumPad karena rata-rata laptop sudah menggunakan mousepad sebagai pengganti mouse). Untuk mengaktifkannya tekan tombol ALT sebelah kiri, SHIFT sebelah kiri dan NumLock secara bersamaan kemudian tekan ENTER untuk konfirmasi.

Sekarang Anda bisa menggunakan NumPad untuk menggerakkan kursor yang ada dilayar dengan kunci nomer 5 menjadi titik tengah yang berfungsi sebagai klik kiri. Tombol disebelahnya berfungsi sebagai penggerak kursor. Ini hanya bekerja ketika tombol NumLock diaktifkan, menonaktifkannya matikan tombol NumLock. Untuk melakukan pengaturan seperti mempercepat kursor dan pengaturan lainnya gunakan option Mouse Keys pada Control Panel> Ease of Access.

Semoga tips dan trik komputer ini bermanfaat bagi Anda. Apapun tips dan triknya yang paling terpenting adalah kebiasaan. Sulit memang memindahkan kebiasaan menggunakan mouse ke keyboard. Namun, bila sudah terbiasa Anda akan merasa dapat lebih cepat mengoperasikan komputer. [RIC]