Cara Mempercepat Google Chrome

30 Nov 2012 20:00 | Hits: 4287

Cara Mempercepat Google Chrome dan Memaksimalkannya dalam Penggunaan Berinternet

Cara Mempercepat Google Chrome dan Memaksimalkannya dalam Penggunaan Berinternet

Kita semua mungkin setuju jika browser Google Chrome merupakan browser yang mengandalkan kecepatan dalam berselancar di dunia maya. Tetapi apapun hal yang menghinggapi Chrome, dan tidak melihat Anda sebagai pengguna baru atau lama, Google Chrome tetap merupakan browser terbaik yang bisa Anda gunakan.

Namun apakah Anda telah maksimal dalam memanfaatkannya? Tak hanya mengetahui Cara Mempercepat Google Chrome, Anda pun wajib mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Chrome memiliki beragam fitur yang patut untuk kita jelajahi lebih dalam. Beberapa tips tentang mengoptimalkan Chrome dalam mengarungi dunia maya akan Paseban jabarkan, dan cara ini diharapkan dapat lebih membantu Anda dalam melakukan kegiatan berinternet.

1. Shortcut pada Chrome

Mari mulai dari dasar penggunaan Google Chrome. Seperti terjadi pada Windows, shortcut dapat membantu menghemat waktu dalam penggunaan Chrome, seperti misalnya saat akan membuka tab baru. Ingat-ingat shortcut berikut ini, dan shortcut ini akan memberikan Anda jalan pada penggunaan browser Google Chrome yang lebih optimal.

  • Ctrl + N, membuka halaman baru

  • Ctrl + T, membuka tab baru

  • Ctrl + Shift + N, membuka halaman baru dalam incognito mode

  • Ctrl + Shift + T, membuka kembali tab terakhir yang Anda tutup, dan Anda dapat membuka 10 tab terakhir yang Anda tutup

  • Alt + F atau Alt + E, membuka menu Chrome

  • Ctrl + Shift + B, on atau off untuk bar bookmark

  • Ctrl + H, membuka laman History

  • Ctrl + J, membuka laman Download

  • Shift + Esc, membuka task manager Chrome

Itu adalah shortcut yang akan sering Anda gunakan disamping masih banyak lagi shortcut yang tersedia pada Google Chrome. Pelajari shortcut tersebut agar terekam dalam memori Anda, untuk bisa dipakai dalam aktifitas berinternet.

2. Mengaktifkan Icon Chrome Gold

Mengganti icon ini tidak akan mempengaruhi apapun pada Chrome, karena perubahan akan terjadi pada sisi artistik. Sangat mudah untuk mengaktifkan icon Chrome Gold ini. Klik kanan pada shortcut Chrome dan pilih Properties. Pilih tab Shortcut dan klik Change Icon, kemudian pilih Gold Icon dan klik Ok lalu Apply the change. Setelah Anda mengganti icon, nikmati tampilan baru dari icon Chrome yang Anda miliki.

3. Multiple Homepage

Mengapa menggunakan satu homepage ketika Anda dapat memiliki dua, tiga, empat, bahkan lebih? Anda dapat memilih website yang diinginkan untuk dibuka setiap waktu melalui browser Google Chrome. Dalam Chrome, pengaturan ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Cukup pergi ke Menu lalu Settings dan pilih "Open a specific page or set of pages”. Tulis website yang ingin Anda masukkan.

4. Memerintah Chrome sesuai Keinginan Anda

Google Chrome memiliki kerja tetap dalam prosesnya, dan kita akan menemui jika Google sebagai developer mematikan beberapa fungsi penting yang tidak tersedia dalam setiap waktu untuk beberapa macam alasan. Jika Anda ingin melihat apa saja fungsi tersebut, atau bahkan ingin mengaktifkannya, ketik Chrome://flags pada address bar dan tekan Enter. Sebelum melakukan hal apapun, disarankan untuk berhati-hati karena fungsi tersebut dimatikan untuk beberapa alasan, dan jika Anda mengaktifkannya dapat mengubah fungsi browser yang sebenarnya. Perintah lain yang juga bisa Anda lakukan pada Chrome adalah mengetik Chrome://memory yang akan memperlihatkan memory Chrome yang Anda pakai, kemudian Chrome:// yang akan menampilkan daftar perintah lain.

5. Membagi Halaman Browser

Melihat satu halaman web dalam sekali waktu adalah hal yang biasa dilakukan. Namun jika disaat tertentu Anda butuh untuk melihat dua laman web sekaligus, Chrome dapat melakukannya untuk Anda. Anda dapat mengaturnya dengan drag dan split tab dari halaman utama browser, yang akan menjalankan secara terpisah. Selain itu, Anda juga bisa membagi Chrome menggunakan Javascript.

6. Extension

Satu hal terbaik dalam memaksimalkan Google Chrome adalah peran extension. Chrome extension terus tumbuh dalam jumlah yang banyak dan berbagai fungsi yang akan memudahkan pemakaian Chrome. Untuk itu Anda harus bisa memilih extension dengan fungsi yang sesuai dengan keinginan. Anda dapat melihat review dan info berbagai extension untuk Chrome ketika Anda sedang berselancar di dunia maya. [DEAS]