Perbedaan TV LCD dan LED

29 Nov 2012 18:30 | Hits: 36527

Perbandingan dan Perbedaan TV LCD dan LED serta TV Plasma, Manakah yang Terbaik?

Perbandingan dan Perbedaan TV LCD dan LED serta TV Plasma, Manakah yang Terbaik?

Bila Anda berencana untuk membeli HDTV dalam waktu dekat ini, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Keunggulan yang ditawarkan di antara ketiga jenis TV ini adalah layar yang digunakannya. Sementara penggunaan TV tabung makin lama makin ditinggalkan karena banyak memakan tempat dan cenderung tidak praktis, HDTV tampil dengan menawarkan tiga pilihan yang berbeda di antara teknologi layar yang dibawanya, yakni TV Plasma, LCD dan LED. Selama bertahun-tahun, banyak pengguna yang masih bingung untuk membedakan mana di antara ketiga teknologi ini yang terbaik.

Pada awal kemunculannya, TV Plasma datang dengan warna hitam pekat di seluruh tubuhnya dan kualitas gambar yang terkemuka, adalah merupakan teknologi panel datar yang umum, terutama di kalangan videophiles. LCD secara bertahap lebih tipis, lebih hemat energi dibandingkan dengan TV tabung dan mampu menampilkan. Untuk beberapa tahun berjalan, dengan masing-masing manfaat ekonomi yang menawarkan visual yang berbeda tergantung pada harga, model, dan waktu dalam siklus hidup HDTV.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir, dengan munculnya LED yang semakin canggih, akhirnya siklus HDTV menemukan pemenang yang lebih unggul dari kedua jenis HDTV yang bersaing ketat pada tahun sebelumnya. Dengan efisiensi energi yang tak tertandingi, LED yang berbasis LCD merupakan teknologi layar panel datar HDTV terbaik. Sayangnya, itu juga umumnya yang paling mahal, meskipun dengan margin yang kurang dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Jika Anda memiliki dana yang lebih, tentunya Anda akan memilih LED TV yang memiliki harga yang lebih yang sebanding dengan kualitasnya. Lalu apa sih perbedaan TV LCD dan LED serta TV Plasma itu? Mari kita simak:

Perbedaan Dasar: Apa Perbedaan Antara LCD, LED dan Plasma?

Tiga teknologi yang ditanamkan pada HDTV dewasa ini jelas saja berbeda, yang mana disesuaikan dengan masing-masing layar. Pada Plasma TV, fosfor yang membentuk gambar ini memiliki pendaran cahaya sendiri secara otomatis dan tidak membutuhkan backlightning. Untuk LCD TV, bagaimanapun, LCD atau Liquid Crystal Display tidak menyala, dan membutuhkan sumber cahaya yang terpisah. Dan di situlah letak perbedaan antara layar LCD dan LED. Layar LCD tradisional menggunakan lampu cold cathode fluoresens Light atau (CCFLs) untuk menerangi layar. CCFLs mirip dengan lampu neon yang mungkin Anda lihat di beberapa lampu dan lampu overhead. Lampu jenis ini menggunakan gas yang dibebankan untuk menghasilkan cahaya. Layar LED, seperti namanya, menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) untuk menerangi layar. Backlight LED telah menjadi jauh lebih umum dalam beberapa tahun terakhir, dan CCFLs kini umumnya terlihat pada HDTV yang memiliki tingkat harga yang tinggi.

Beberapa faktor dapat dipengaruhi oleh jenis atau tipe layar yang Anda pilih. Di antara mereka, yang paling menonjol adalah, ketipisan, kecerahan, kegelapan, efisiensi energi dan harga. Idealnya, Anda menginginkan HDTV dengan harga yang terjangkau, sangat tipis, dapat mengonsumsi energi yang sangat hemat. Hal itu sangatlah tidak mungkin, namun teknologi yang dibawa LED dan LCD hampir mendekati kriteria tersebut.

Untuk keuntungan ini, LED TV menggunakan bahan premium yang mana bahan ini juga digunakan pada semua LED TV saat ini. LED telah menjadi model standar untuk TV di kelas menengah dan kelas tinggi, seperti layar CCFL telah diturunkan ke kategori TV yang memiliki kelas rendah. Umumnya, Plasma cenderung lebih murah daripada LED tapi sedikit lebih dari CCFL-backlit HDTV.

Kesimpulan

Jika Anda mampu untuk membelinya, maka TV LED merupakan pilihan yang tepat, TV jenis ini memiliki bentuk yang tipis, hemat energi, dan dapat menghasilkan gambar yang besar, tapi Anda harus mendapatkan tiga fitur tersebut dengan harga yang premi. Jika Anda berada di dalam anggaran yang baik, maka Anda bisa mendapatkan TV LED di dalam ruangan Anda. Namun jika Anda memiliki dana yang terbatas jika Anda memiliki dana yang terbatas maka Anda bisa mendapatkan TV Plasma yang mana juga memiliki kemampuan memberikan pengalaman sinematik yang cantik dan tidak menghabiskan banyak uang jua dibandingkan dengan TV LED. Namun Anda juga bisa membeli LCD TV namun tidak mendekati LED dan Plasma dalam hal teknologi. [PY]