Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Rusak

29 Nov 2012 20:00 | Hits: 18832

Inilah Tanda dan Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak pada Komputer

Inilah Tanda dan Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak pada Komputer

Setiap dari kita menyimpan berbagai file seperti foto, video, dan audio di komputer pada benda yang bernama Hard disk. Beberapa orang mengetahui jika setiap perangkat penyimpanan elektronik, termasuk Hard disk, memiliki masa waktu yang terbatas. Rata-rata usia hardware dapat menjalankan tugasnya dengan baik antara 5 hingga 10 tahun, tergantung pada tipe dan pabrikan, dan perubahan akan terjadi pada Hard disk dalam berbagai bentuk cara pemakaian, temperatur, dan juga perawatan pada Hard disk komputer.

Sejak banyak orang saat ini menggunakan laptop dan Harddisk eksternal, yang menyebabkan pergeseran pada penggunaan Hard disk, secara realistik masa waktu Hard disk mungkin menjadi 3 sampai 5 tahun. Ini merupakan waktu yang singkat untuk menyimpan berbagai data-data penting di dalamnya.

Dalam beberapa kasus, Hard disk bisa mengalami kerusakan dalam waktu yang tidak diperkirakan, yang menyebabkan Anda harus bereaksi dengan cepat sebelum hal itu terjadi. Melakukan copy data dan mengganti perangkat penyimpanan adalah tindakan nyata yang bisa Anda lakukan. Namun, selain itu ada sejumlah tanda-tanda saat Hard disk komputer Anda sedang mengalami kerusakan. Jika Anda tidak dapat memastikan masa waktu yang tersisa pada Hard disk, berikut ini Paseban menampilkan tanda apa yang menyebabkan rusaknya Hard disk komputer dan bagaimana cara memperbaiki hard disk yang rusak:

Kinerja komputer berkurang

Ada berbagai macam tanda yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Melambatnya kinerja komputer adalah salah satu hal yang dapat dijadikan alasan terhadap kerusakan Hard disk, Selain itu, Anda akan sering menemukan komputer Anda tidak bekerja semestinya, dan terkadang akan berhenti bekerja yang akan menyebabkan Anda untuk melakukan restart. Jika hal seperti ini terjadi setelah melakukan instalasi atau dalam Windows Safe Mode, ini bisa disebabkan oleh hardware yang tidak baik, dan mungkin kerusakan Hard disk komputer.

Data mengalami kerusakan

Jika Anda menemukan fakta saat Anda membuka file dan gagal melakukannya, kemudian mengalami beberapa kali error dan kadang hilang dengan tiba-tiba, Anda patut untuk khawatir. Walaupun ini bisa terjadi karena berbagai hal, namun ini adalah tipe tanda-tanda Hard disk komputer Anda mengalami kerusakan.

Akumulasi dari bad sector

Bad sector merupakan area pada Hard disk yang tidak bekerja dalam satu kesatuan. Mereka akan otomatis bekerja di balik sistem operasi dan sulit untuk diidentifikasi, terutama jika sebagian besar kapasitas sedang digunakan. Jika komputer Anda bekerja melalui bad sector, itu merupakan tanda yang buruk bagi Anda.

Anda dapat menjalankan pemeriksaan manual pada Hard disk untuk mengidentifikasi error yang tidak dapat dicermati oleh Windows. Untuk Windows 7, pergi ke Start kemudian Computer dan klik kanan pada disk atau partisi yang ingin Anda periksa. Pilih Properties yang akan membuka pada Tools dan klik Check now. Dalam laman Checking Disk, beri tanda pada Automatically fix file system errors dan Scan for an attempt recovery of bad sectors.

Suara berisik

Ketika Anda mendengar suara berisik yang berasal dari Hard disk, mungkin hal itu sedikit terlambat bagi Anda. Suara berulang-ulang tersebut disebabkan karena Hard disk sedang mencoba membaca data dan memulihkan dirinya dari error, dan mengindikasikan jika beberapa bagian Harddisk komputer telah mengalami kerusakan.

S.M.A.R.T. Data

Ada program yang dapat memprediksikan kerusakan Hard disk. Dengan menggunakan S.M.A.R.T. (Self Monitoring Analysis and Reporting Technology) data yang akan merekam melalui sistem operasi. Walaupun tidak secara detail, S.M.A.R.T. dapat memperkirakan apa yang terjadi pada Hard disk. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan program komputer yang terintegrasi dengan S.M.A.R.T. seperti misalnya CrystalDiskInfo dan HD Tune.

Apa yang harus dilakukan?

Anda tidak perlu khawatir jika telah mengetahui Hard disk komputer Anda mengalami kerusakan. Satu-satunya ide bagus yang bisa Anda lakukan adalah melakukan back up data pada perangkat penyimpanan lain atau bisa juga pada media penyimpanan online. Dengan melakukan back up data, Anda akan selangkah lebih maju dalam berpacu dengan masa waktu Hard disk, karena Anda tidak tahu pasti kapan Hard disk akan mengalami kerusakan total. Jadi, tetap buat copy dari data penting Anda. [DEAS]