Cara Membuat Password

04 Dec 2012 15:00 | Hits: 6054

Cara Membuat Password Pada Folder Dengan dan Tanpa Software

Cara Membuat Password Pada Folder Dengan dan Tanpa Software

Setiap dari Anda tentu memiliki sebuah data yang disimpan baik itu di dalam komputer maupun di dalam laptop. Data yang disimpan juga ada yang berupa data pribadi dan data secara umum. Terkadang, laptop Anda dipinjam oleh seorang teman. Sehingga mereka dapat melihat semua data tersebut baik yang sifatnya pribadi atau secara umum. Karena data tersebut bersifat pribadi maka hanya Anda yang bisa melihatnya. Data pribadi tersebut dapat berupa berbagai hal. Misalnya, film, video, file mata kuliah dan yang lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah cara untuk dapat membuat data dalam folder itu tidak dapat dilihat oleh teman atau siapapun selain Anda. Caranya adalah membuat folder tersebut disembunyikan dari tampilan di komputer atau laptop Anda dengan menggunakan password.

Cara membuat password pada folder terbagi menjadi dua macam. Pertama, mengunci folder tersebut dengan menggunakan software. Kedua, mengunci folder tanpa menggunakan software. Semua itu dapat dilakukan baik menggunakan salah satu atau menggunakan keduanya. Kedua macam tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, tidak bisa dikatakan mana yang lebih bagus atau yang tidak.

Cara Membuat Password Pada Folder Tanpa Software

Membuat password tanpa software ini akan membantu Anda dalam menyimpan dan menyembunyikan folder pribadi. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik Start dan pilih Notepad

  2. Setelah itu Anda dapat meng-copy kode di bawah ini ke dalam Notepad:

Cara Membuat Password Pada Folder Dengan dan Tanpa Software

  1. Perhatikan pada tulisan yang berwarna merah. Pada tulisan tersebut, ganti tulisan "password sobat” dengan kata kunci yang diinginkan. Misalnya Indonesia.

  2. Setelah itu, simpan kode tersebut di komputer dalam folder sendiri. Misalnya disimpan di data D. Untuk mempermudah, beri nama lock.bat

  3. Selanjutnya, tutup Notepad tersebut.

  4. Bukalah kembali kode yang disimpan tadi dan masukkan passwordnya. Ketika password itu dimasukkan maka akan keluar perintah seperti ini: Do you want to lock the file Y/N?, pilih Y.

  5. Untuk menyimpan datanya, cut data tersebut ke dalam folder yang menggunakan password tadi.

Cara Membuat Password Pada Folder Menggunakan Software

Cara menggunakan software ini sangat berbeda dengan yang tanpa software. Jadi, sebelum digunakan, Anda harus mendownload atau mengunduh software tersebut di internet. Software inipun diberikan secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Biasanya, software yang sering digunakan adalah folder lock 7.

Setelah diunduh, Anda dapat menginstallnya secara langsung. Proses instalasinya sama halnya dengan menginginstall software yang lain. Jadi, Anda tinggal memilih next dan next. Waktu yang dibutuhkan untuk menginstallnya sekitar lima menit. Semua itu tergantung kepada prosesor yang digunakan.

Setelah didownload, buka program tersebut. Lalu Anda akan diperintahkan untuk memasukkan password. Setelah terbuka maka Anda dapat memilih folder yang akan disimpan. Pada bagian kiri atas, pilih Add folder. Lalu pilihlah folder yang akan disembunyikan. Selanjutnya, akan mucul tampilan status dari folder tersebut. Jika Anda ingin mengunci maka pilih lock. Namun, jika Anda ingin membukanya maka pilih unlock. [TFK]