Cara Membuat Tema BlackBerry

27 Nov 2012 11:30 | Hits: 45011

Cara Membuat Tema BlackBerry Dengan Mudah dan Sesuai Keinginan

Cara Membuat Tema BlackBerry Dengan Mudah dan Sesuai Keinginan

BlackBerry merupakan salah satu tipe handphone yang banyak digunakan orang hingga saat ini. Handphone ini pada awalnya lebih banyak diperuntuhkan kepada orang yang mempunyai financial yang lebih. Namun, sekarang ini BlackBerry ini sudah mulai turun drastis. Banyak handphone yang menjadi pesaing darinya, bahkan banyak handphone lokal yang mengadopsi desain BlackBerry yang serupa tapi tak sama.

Meskipun demikian, BlackBerry masih tetap merajai pasaran smartphone saat ini, baik dari RIM, developer dan pemiliknya sendiri terus berkreasi baik dari segi tampilan, aplikasi ataupun fitur yang ada di dalam BlackBerry itu sendiri

Salah satu dari bagian yang dapat menyalurkan kreasi Anda adalah tema. Bagian ini merupakan bagian yang banyak disorot oleh pengguna handphone. Sebab tema merupakan tampilan awal yang ada pada handphone. Semakin bagus tema yang ada semakin bagus juga anggapan orang tentang handphone Anda.

Pembuatan tema ini pada BlackBerry ini akan menjadi kebanggan bagi Anda yang pandai berimajinasi dan berkreasi. Mereka dapat menuangkan semua inspirasi menulisnya ke dalam tema yang di buat. Selain itu, mereka juga akan merasa lebih senang dengan tema itu karena hasil kreasi sendiri. Biasanya, hasil dari karya sendiri akan lebih terasa puas daripada harus mendownload di internet.

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam hal membuat tema BlackBerry. Persiapan tersebut berupa software. Adapun software yang dapat Anda gunakan adalah theme studio 6. Anda bisa mengunduhnya di sini. Software inilah yang bisa membantu dalam hal pembuatan tema BlackBerry.

Selain software itu, Anda juga menggunakan photoshop. Software ini juga akan membantu Anda dalam membuat tema dengan hasil yang sangat memuaskan. Adapun cara membuat tema BlackBerry adalah sebagai berikut :

  • Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah gambar. Ini menjadi bagian penting dan awal sebelum Anda memdesain suatu tema. Gambar tersebut dapat Anda dapatkan melalui teman, internet, atau dari perantara lainnya. gambar tersebut biasanya dijadikan sebagai background dari BlackBerry Anda.

  • Gambar tersebut tidak perlu bagus tetapi sesuai dengan pilihan Anda. Sebab, gambar tersebut masih perlu Anda edit untuk mendapatkan hasil tema yang bagus dan maksimal. untuk lebih maksimal Anda sesuaikan dengan selera Anda sendiri bukan dari orang lain. Anda bisa memanfaatan Adobe Photoshop dalam berkreasi mengedit gambar

  • Yang penting dari semua ini adalah menyesuaikan editan tersebut dengan layar BlackBerry Anda. Misalnya, BlackBerry Gemini ukurannya 320×240 px. Setelah di edit, Anda simpan gambar tersebut dengan format *.jpg *.png *.bmp.

  • Kemudian, Anda install software theme studio 6, Untuk mengunakannya, Anda dapat melakukan dengan Create New Theme - pilih tipe BlackBerry Anda (misal: Gemini 8500 seri)– lalu Create. Lalu, masukkan file gambar yang tadi sudah Anda edit melalui Photoshop.

  • Jadi, gambar tersebut berfungsi sebagai backgroup pada BlackBerry Anda. Kemudian, Anda pindahkan icon-icon seperti, baterai, time, sinyal dan yang lainnya. syaratnya adalah icon tersebut harus sesuai dengan backgroundnya.

  • Setelah meletakkan semua icon tersebut, Anda dapat membuat icon home screen. Caranya adalah pilih general-aplikasi-klik icon berjajar (untuk menambah aplikasi. Untuk mengeditnya Anda dapat melakukan dengan cara bagian properties. tab, focus tab, icon animation, font). Lalu mulailah untuk mengedit font dan yang lainnya.

Itulah langkah untuk proses pengeditan dalam membuat tema. Setelah Anda mengedit, langkah selanjutnya adalah dengan mengexport hasil tersebut ke dalam BlackBerry Anda. Caranya adalah gunakan kabel PC dan hubungan dengan laptop Anda. Lalu, istall BlackBerry dan pilih desktop for manager. Itulah cara membuat tema BlackBerry beserta proses instalasi dan penggunaanya. Semoga artikel paseban ini bermanfaat bagi Anda pembaca sekalian. [TFK]