Komputer Sering Hang

30 Aug 2013 10:00 | Hits: 15581

Beberapa Solusi Untuk Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Beberapa Solusi Untuk Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Harus dikatakan bahwa ada banyak sekali penyebab komputer sering hang, baik itu disebabkan oleh software maupun hardware didalamnya. Terjadinya hal bisa sangat rutin terjadi pada komputer yang memiliki spek rendah maupun komputer yang kurang dirawat. Akibat dari hang bisa banyak sekali, mulai dari program yang tiba-tiba macet, not responding, mouse macet, keyboard tidak berfungsi, program tiba-tiba menutup sendiri, atau bahkan komputer melakukan restart otomatis. Beruntung bila hang terjadi hanya sebentar dan tidak membuat komputer mati, namun hal yang paling menjengkelkan adalah ketika komputer hang dalam waktu lama bahkan sampai mati senditi maupun harus di restart ulang.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer sering hang beserta solusinya:

- Kapasitas RAM yang minim

Mungkin ini adalah penyebab yang sering terjadi mengapa komputer sering mengalami hang. Kapasitas RAM yang minim tentunya tidak akan mampu untuk menjalankan program yang berat maupun membuka banyak program secara bersamaan. Biasanya jika demikian penyebabnya, maka Anda harus mengurangi atau menutup program-program yang sedang dijalankan. Sebagai contoh Anda sedang mengakses web browser bersamaan dengan Photoshop, Winamp, Corel Draw, dan Nero, kemudian komputer macet atau Not Responding, segera tutup salah satu program atau lebih. Untuk PC Windows bisa dilakukan dengan cara klik CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan. Maka muncul window baru yakni Window Task Manager. Pada posi aplikasi klik salah satu program, kemudian klik End Task dibagian bawah. Tetapi apabila proses Windows Task Manager juga ikut Not Responding, cara terakhir adalah dengan me-restart komputer.

- RAM rusak atau ada masalah

Penyebab komputer sering hang yang kedua adalah kemungkinan RAM yang sudah rusak atau memiliki masalah. Yang paling sering adalah kebersihan komponen RAM, baik itu ada kotoran maupun debu dibagian pin (kaki-kakinya). Mengatasi hal ini tentu Anda harus membersihkan RAM dari kotoran yang ada, alhasil komputer akan kembali pulih seperti sedia kala.

- Komputer Overheat atau kepanasan

Didalam komputer ada komponen-komponen yang cukup sensitif terhadap panas berlebih. Akibatnya jika kipas pendingin didalam komputer tidak maksimal bekerja, maka panas berlebih atau Overheat akan terjadi. Pastinya masalah hang bisa terjadi dan membuat Anda kesal. Maka dari itu perawatan komponen pendingin harus diperhatikan betul serta akan lebih baik jika Anda meletakan komputer di area yang baik sirkulasi udaranya.

- Motherboard serta memory rusak

Ada istilah layar biru atau Blue Screen of Death dimana pada layar komputer tiba-tiba berubah menjadi biru dengan banyak tulisan berbahasa Inggris. Salah satu tulisan yang utama adalah Fatal Exception Error, dimana kalimat tersebut berarti data yang tersimpan di memori tidak dapat terbaca. Silahkan cek memori Anda dengan aplikasi bawaan atau bisa juga dengan MemTest86, yang dapat diunduh disini. Bila kerusakan fatal terjadi pada motherboard atau memori, solusi terakhir adalah dengan menggantinya.

- Harddisk bermasalah

Usia dan performa pada perangkat keras Harddisk juga berpengaruh membuat komputer mengalami hang. Segera cek dengan scan atau check disk, jika memang Harddisk performanya sudah menurun, solusi terakhir adalah dengan memformat Harddisk secara penuh, atau bisa membeli lagi yang baru.

- Power Supply bermasalah

Power Supply yang sudah tidak optimal memungkinkan akan membuat komputer sering hang. Pertama yang dilakukan adalah dengan mengecek keadaan Power Supply tersebut di BIOS pada menu Hardware Monitor. Solusi jitu adalah dengan menempatkan posisi Power Supply pada area dengan sirkulasi udara baik karena kerusakan biasanya diakibatkan oleh panasnya suhu. Selain itu pembersihan juga wajib dilakukan.

- Kerusakan sistem operasi

Sistem operasi yang terinfeksi virus bisa mengakibatkan hal yang fatal, salah satunya adalah seringnya komputer sering hang. Selain virus, bisa juga karena ada salah satu perangkat lunak sistem yang tidak sengaja terhapus. Jurus jitunya, tentu adalah dengan menginstall ulang sistem operasi.

- Tegangan listrik tidak stabil

Siapa bilang kekuatan listrik juga tidak mempengaruhi kinerja komputer. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan komponen hardware komputer apabila berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya, gunakan perangkat UPS atau stabilisator voltase agar tegangan listrik lebih stabil dan ada back up. [ALX]