Cara Upgrade OS Android

27 Nov 2012 08:30 | Hits: 86773

Cara Upgrade OS Android Lawas Anda Menjadi Seperti Jelly Bean

Cara Upgrade OS Android Lawas Anda Menjadi Seperti Jelly Bean

Jelly Bean (4.1) merupakan sistem operasi Android terbaru yang telah dirilis oleh Google. Berbagai modifikasi serta fitur-fitur baru banyak bermunculan pada versi ini. Bagi Anda yang memiliki device Android terbaru tentu tidak perlu merasa khawatir karena kemungkinan besar akan mendapatkan update dari vendor masing-masing. Namun hal tersebut tentu akan berbeda bagi Anda pemilik device Android keluaran terdahulu karena kecil kemungkinan akan mendapatkan update sistem operasi Jelly Bean.

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena device Android lawas Anda pun tetap dapat merasakan lezatnya Jelly Bean dengan mengguakan beberapa aplikasi di bawah ini. Berikut Paseban akan mengulas cara upgrade OS Android menjadi seperti Jelly Bean untuk Anda.

Launcher dan Lockscreen

Sebenarnya Jelly Bean tidak melakukan perubahan yang cukup signifikan terhadap launcher dari sistem operasi sebelumnya yaitu Ice Cream Sandwich. Namun apabila Anda menggunakan device Android yang berjalan pada sistem operasi Gingerbread ke bawah atau memiliki device Android Ice Cream Sandwich yang memakai launcher khusus seperti Touchwiz Samsung, maka Anda wajib menggunakan aplikasi Holo Launcher Replica besutan Mobint Software. Dengan aplikasi tersebut Anda dapat memiliki tampilan launcher yang serupa dengan yang terdapat pada Jelly Bean. Untuk mendapatkannya, aplikasi sebesar 1 MB ini dapat Anda download di sini.

Sementara itu, untuk memiliki lockscreen yang serupa dengan Jelly Bean Anda dapat menggunakan aplikasi Holo Locker yang juga buatan Mobint Software. Untuk mendownload aplikasi 365 KB ini Anda hanya cukup mengarahkan browser Anda ke sini

Wallpaper

Android Jelly Bean membuat sesuatu yang berbeda pada wallpaper mereka dibandingkan dengan Ice Cream Sandwich. Jelly Bean menghadirkan sebuah wallpaper yang sangat indah dengan cara memadukan warna-warna pelangi kedalam susunan yang sangat cantik. Selain itu, live wallpaper yang disediakan oleh Jelly Bean juga sangat memanjakan mata.

Untuk mendapatkan wallpaper Jelly Bean Anda hanya perlu megunduh aplikasi bernama Jelly Bean Wallpapers yang memiliki ukuran 5 MB. Aplikasi besutan kovdev ini dapat Anda peroleh di sini.

Sementara untuk mendapatkan live wallpaper Jelly Bean, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Jelly Bean Live Wallpaper yang dibuat oleh Wasabi. Aplikasi sebesar 1,4 MB ini dapat Anda Download di sini.

Status Bar

Untuk melengkapi tampilan Jelly Bean Anda, ada baiknya jika Anda juga mengganti status bar Anda dengan status bar yang lebih mirip dengan Jelly Bean. Oleh karena itu Anda harus mencoba aplikasi yang bernama Jelly Bean StatusBar. Aplikasi besutan Team Syndicate ini dapat mengubah tampilan Android Anda menjadi seperti Jelly Bean termasuk dengan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebegai contoh Anda dapat mengatur ikon apa saja yang akan dimunculkan di status bar seperti wifi, GPS, Bluetooth, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang tidak akan Anda tampilkan disana. Aplikasi yang hanya memiliki ukuran sebesar 400 KB ini dapat Anda unduh secara gratis di sini.

Keyboard

Salah satu bagian yang mendapat perubahan cukup besar pada Jelly Bean adalah keyboard. Perubahan tersebut adalah ditambahkannya fitur text prediction yang lebih baik sehingga akan menghemat banyak waktu Anda ketika mengetik sebuah pesan. Untungnya, di Google Play Store terdapat sebuah aplikasi yang dapat memberikan Anda fitur yang sama seperti yang ditawarkan oleh Jelly Bean, yaitu aplikasi Jelly Bean Keyboard besutan johntanmi. Dengan aplikasi tersebut, keyboard yang sama seperti yang digunakan pada Jelly Bean akan tampil di device Android Anda.

Namun sayangnya, untuk sementara aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh pengguna device Android yang memiliki sistem operasi Ice Cream Sandwich, sehingga pemilik device Android bersistem operasi lawas belum bisa menggunakannya. Anda dapat mengunduh aplikasi yang memiliki ukuran 5,5 MB ini dapat Anda download di sini.

Google Now

Terdapat satu fitur lain yang sangat memanjakan pengguna Jelly Bean, yaitu aplikasi Google Now. Aplikasi ini merupakan aplikasi Google Voice Search yang mendapat pemutakhiran lebih lanjut. Bagi pengguna device Android Ice Cream Sandwich, Anda dapat menginstal aplikasi ini apabila device Anda sudah di root. Untuk menginstalnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh seorang developer di sini. [GAN]