Mengatur IP Address

26 Aug 2013 23:00 | Hits: 1706

Cara Mengatur iP Address Dengan Pengaturan Sederhana

Cara Mengatur iP Address Dengan Pengaturan Sederhana

Anda sedang terburu-buru. Atasan Anda ingin Anda segera ke situs langganan, menghubungkan ke jaringan mereka dan menjalankan beberapa tes, kemudian kembali lagi ke kantor dan menulis laporan cepat. Dalam perjalanan, Anda berharap mampir ke rumah untuk makan siang dan memainkan game LAN dengan anak-anak Anda. Ya, ini adalah kehidupan yang serba cepat dari pecandu teknologi, dan Anda menyukainya. Satu-satunya masalah adalah bahwa kadang-kadang teknologi tidak bersahabat dengan kita. Untuk dapat melakukan skenario di atas, Anda mungkin harus tahu cara mengatur IP address pengaturan konfigurasi jaringan Anda beberapa kali.

Mungkin tes situs pelanggan memerlukan perubahan adaptor jaringan laptop Anda ke pengaturan IP statis. Mungkin jaringan rumah Anda mengharuskan untuk memiliki IP unik untuk bergabung dengan game LAN. Mungkin di kantor Anda hanya dapat mengkonfigurasi komputer untuk mendapatkan IP secara otomatis.

Mengubah pengaturan IP masih memerlukan lebih banyak klik dari yang seharusnya. Anda harus pergi ke pengaturan internet Anda, mencari pengaturan LAN, kemudian bekerja di antara jendela yang berbeda, hingga akhirnya Anda dapat mengatur IP Address, subnet, gateway dan pengaturan DNS Anda. Apakah harus begitu rumitnya?

Sebenarnya tidak, Anda dapat menggunakan metode scripting. Namun jika Anda bukan seorang programmer, maka Anda dapat menggunakan alat bernama Simple IP Config yang memungkinkan Anda tidak hanya dengan cepat mengotak-atik pengaturan IP, namun alat ini juga memungkinkan Anda memmbuat pengaturan IP, profil, yang dapat Anda muat pada laptop Anda setiap waktu Anda inginkan. Ini memudahkan untuk penggunaan laptop pada jaringan apapun yang Anda perlu, hanya dengan beberapa klik untuk mengubah konfigurasi jaringan yang Anda butuhkan.

Membuat Perubahan Pengaturan Jaringan

Pada komputer biasa, setidaknya pada Windows 7, mengubah pengaturan LAN mengharuskan Anda mencari adaptor jaringan Anda, klik kanan lalu pilih Properties, kemudian klik pada TCP/IP dan klik Properties, maka Anda akan melihat layar di mana Anda dapat mengedit pengaturan IP Anda.

Itu cukup memakan waktu. Sebaliknya Anda dapat menempatkan Simple IP Config di mana saja, menjalankannya dan Anda dapt langsung mengubah pengaturan koneksi IP, tanpa harus mengklik.

Dengan alat ini, Anda dapat membuat perubahan satu waktu, yang harus Anda lakukan adalah klik menu File dan pilih “Save As”, dan software ini akan meminta Anda memberikan nama profil pada pengaturan tersebut. Ini adalah nama profil yang akan Anda klik di kemudian hari untuk menjalankan pengaturan jaringan itu lagi.

Itu berarti Anda membuka Simple IP Config, klik sekali pada profil yang ingin Anda muat, klik “Apply”, itu saja, maka pengaturan laptop Anda telah diperbaharui dan akan berjalan. Anda akan menghemat dari 7 atau 8 kali klik, menjadi 2 atau 3 kali saja.

Selain itu, Anda tidak terbatas pada koneksi area lokal saja, Anda juga dapat menyimpan profil untuk network bridges, wireless adapter, atau koneksi jaringan VirtualBox yang sebelumnya telah Anda dikonfigurasi pada mesin Anda. Pada dasarnya, apapun jenis perangkat jaringan yang Anda miliki di komputer Anda, Anda dapat menyimpan profil untuk perangkat tersebut di Simple IP Config.

Dengan alat ini, Anda tidak hanya dapat mengatur konfigurasi IP statis. Anda juga dapat membuat profil bernama “Pekerjaan”, yang memungkinkan Anda dengan cepat beralih dari alamat IP yang dijalankan dan server DNS secara otomatis.

Mengambil dan Menyimpan Pengaturan Jaringan Saat Ini

Cara tercepat untuk menyimpan profil dengan pengaturan IP Anda saat ini adalah membuka Simple IP Config dan klik tombol “Get”. Ini akan mengambil alamat IP dan pengaturan jaringan Anda saat ini. Yang harus Anda lakukan adalah klik pada “Refresh” untuk memperbaharui bagian “Current information”, kemudian klik pada Files dan Save As untuk menyimpan pengaturan saat ini sebagai profil baru.

Anda tidak perlu mengetik. Alat ini akan mengambil pengaturan Anda saat ini, kemudian memungkinkan Anda menyimpannya sebagai nama profil baru untuk penggunaan di kemudan hari. Tidak ada yang lebih mudah dari itu.

Jika Anda ingin Simple IP Config tersedia setiap saat, Anda bisa mengklik menu “View” dan pilih “Send to Tray”. Ini akan menempatkan sebuah ikon logo pada sistem tray di sudut kanan bawah desktop Anda.

Portable dan Dapat Dikonfigurasi

Software ini cukup mobile. Anda dapat menyimpannya pada USB jika Anda ingin, dengan hanya menempatkan dua file aplikasi yaitu .exe dan .inia pada memory stick Anda.

File Profiles.ini adalah file konfigurasi berbasis teks di mana semua profil yang telah Anda atur disimpan. Ini adalah plain-text yang dapat dibaca, sehingga Anda dapat masuk ke dalamnya dan secara manual mengotak-atik pengaturan tersebut jika Anda ingin.

Ini berarti bahwa Anda dapat menggunakan file Profile.ini secara bergantian. Misalnya, jika Anda adalah seorang profesor di sebuah universitas dan Anda ingin memberikan pengaturan konfigurasi jaringan untuk semua mahasiswa, Anda dapat berbagi file yang Profile.ini dengan mereka. Yang harus mereka lakukan adalah menempatkan file tersebut dalam direktori yang sama di mana Simple IP Config disimpan, dan ini akan memuat semua profil tersebut.

Kesimpulan

Pada pandangan pertama, Simple IP Config tampak seperti alat yang sangat sederhana, tapi ketika ini digunakan oleh orang yang berjuang terus-menerus untuk mengubah pengaturan jaringan, ini adalah penyelamat yang nyata. Download di sini. [RIC]