Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer

25 Nov 2012 15:00 | Hits: 3716

Mouse Anda Rusak? Gunakan Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer Berikut Ini

Mouse Anda Rusak? Gunakan Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer Berikut Ini

Mouse komputer adalah komponen yang sangat penting dalam mengoperasikan komputer. Tapi apa yang akan Anda lakukan jika mouse Anda rusak atau hilang? Jika Anda tidak dapat bekerja menggunakan mouse, atau mungkin Anda ingin menggunakan hal lain untuk menavigasi komputer, Anda dapat menggunakan fungsi keyboard untuk Windows yang akan menggantikan fungsi mouse komputer.

Trik penggunaan keyboard ini dapat membantu Anda lebih produktif , sama dengan penggunaan mouse. Anda mungkin akan dapat menghemat penggunaan waktu dengan menggunakan fungsi keyboard ini. Berikut ini cara penggunaan fungsi tombol pada keyboard komputer tersebut.

Membuka Program

Membuka program tanpa menggunakan mouse merupakan hal yang mudah, dan Anda dapat menggunakan fungsi keyboard untuk membuka program melalui start menu, taskbar, ataupun desktop.

  • Start Menu: Tekan tombol Windows dan ketik bagian nama program untuk mencarinya. Tekan Enter untuk membuka program yang Anda pilih atau gunakan tombol panah untuk memilih program lain sebelum menekan tombol Enter. Anda juga dapat menggunakan cara ini agar dengan cepat membuka file dan mengakses pengaturan Windows melalui control panel.

  • Taskbar: Tekan tombol Windows dan tombol nomor untuk membuka atau mengganti program pada taskbar. Sebagai contoh, jika icon paling kiri adalah Google Chrome. Tekan tombol Windows + 1 akan membuka atau menggantinya. Tombol Windows + 2 akan mengganti pada icon kedua dari sebelah kiri, dan begitu seterusnya.

  • Desktop: Tekan tombol Windows + D untuk minimize program yang sedang Anda buka dan menampilkan desktop. Gunakan tombol panah untuk memilih icon desktop dan tekan Enter untuk membukanya. Anda juga dapat menggunakan tombol Windows + D kembali untuk mengembalikan program yang Anda minimize.

Mengelola Windows

Ketika kebanyakan dari kita menggunakan mouse untuk mengelola Windows, Anda dengan mudah dapat mengelolanya dengan fungsi keyboard berikut:

  • Menutup program: Alt + F4

  • Minimize Window: Tombol Windows + tombol panah bawah

  • Maximize Windows: Tombol Windows + Tombol panah bawah

  • Memindah Window: Tekan dan lepas Alt + Space, tekan M, dan gunakan tombol panah untuk memindah Window kemudian tekan Enter

  • Resize Window: Tekan dan lepaskan Alt + Space, tekan S, dan gunakan tombol panah untuk resize Window kemudian tekan Enter

  • Mengganti antar program Window: Alt + Tab

Menggunakan Program

Tekan tombol Tab untuk memindahkan fokus antar elemen pada Window. Sebagai contoh, untuk memilih halaman teks atau tombol. Ketika opsi atau tombol ditampilkan, gunakan tombol Space untuk mengaktifkannya. Untuk memindah fokus, tekan Shift + Tab. Anda juga bisa menggunakan tombol panah untuk mengganti anatar tombol dan opsi dalam Windows. Dalam menggunakan menu program, tahan tombol Alt. Anda akan melihat pesan pada menu bar, tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan menu. Sebagai contoh, tekan Alt + F untuk membuka menu program, atau tekan Alt + E untuk membuka menu Edit. Ketika Anda berada di dalam menu, gunakan tombol panah dan tekan Enter untuk memilih opsi dalam menu. Untuk menampilkan klik kanan seperti pada mouse pada lokasi cursor, tekan Shift + F10. Gunakan tombol panah dan tekan Enter untuk memilih opsi dalam context menu. Fungsi keyboard ini memang sedikit rumit, tetapi jika Anda telah mempelajarinya, hal ini akan memudahkan Anda.

Menggerakkan Cursor

Jika Anda tidak memiliki akses untuk menggunakan mouse, atau sedang tidak ingin menggunakan mouse, Anda dapat mengaktifkan fitur tombol mouse pada Windows. Tombol mouse ini memberikan Anda jalan untuk mengontrol cursor pada layar komputer, dengan memanfaatkan fungsi keyboard. Untuk mengaktifkannya, tekan tombol Alt sebelah kiri dan tombol NumLock secara bersamaan. Kemudian tekan Enter untuk konfirmasi. Sekarang Anda dapat menggunakan tombol nomor untuk memindah cursor. Tombol 5 di bagian tengah tombol-tombol nomor berfungsi sebagai klik kiri, dan tombol disekitarnya berfungsi untuk menggerakkan cursor. Ini akan bekerja ketika NumLock diaktifkan, tekan tombol NumLock jika hal ini belum bekerja. Untuk mengatur seberapa cepat cursor bergerak dan mengganti setting lain, gunakan opsi tombol mouse pada Control Panel di area Ease of Access. [DEAS]