Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Perhatikan berbagai peralatan yang ada pada komputer Anda, dan Anda akan menemukan berbagai macam jenis jenis kabel jaringan komputer yang mengelilinya. Akan banyak timbul pertanyaan mengenai masalah kabel tersebut. Apakah perbedaan antara USB 1.0, 2.0, dan 3.0? Apa yang bisa dilakukan oleh ethernet? Hal-hal seperti ini akan cukup membingungkan.

Tidak ada deskripsi produk yang jelas sehingga pengguna sulit mengetahui produk seperti kabel komputer tersebut, saat kita akan membelinya. Untuk itu, diperlukan pemahaman pengguna mengenai tipe kabel sebelum mengambil suatu keputusan. Dengan banyaknya tipe kabel, hal ini sulit untuk dilakukan. Namun, Paseban akan menampilkan berbagai macam kabel komputer yang umum digunakan oleh para penggunanya, dan Anda dapat mengetahui jenis-jenis kabel tersebut.

VGA (Video Graphics Array)

Dibuat pada sekitar tahun 1980an, kabel koneksi VGA merupakan kabel komputer standar yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor. Tetapi, popularitas dari kabel komputer ini berangsur-angsur akan pudar dengan diciptakannya koneksi digital. Namun, tetap saja jika Anda melihat pada video card dan display, Anda masih akan dapat melihat port VGA. Kabel komputer ini dapat mengidentifikasi 15 pin yang disusun pada 3 baris dengan jumlah 5 setiap barisnya. Setiap baris akan merespon pada 3 channel warna yang berbeda pada display, yaitu merah, hijau, dan biru.

DVI (Digital Visual Interface)

DVI merupakan suksesor dari VGA sebagai bentuk perpindahan arah teknologi kabel komputer dari analog ke digital. Display digital seperti LCD, memiliki kualitas tinggi dimana akan menjadi standar pasar bagi penngunaan display. DVI memiliki 3 variasi:

  • DVI-A, dapat mengirimkan sinyal analog

  • DVI-D, dapat mengirimkan sinyal digital terbaru

  • DVI-I, mampu untuk menjalankan analog dan digital

HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Dalam beberapa waktu ini, siaran HD menjadi standar baru dengan apa yang disebut dengan kualitas tinggi. Tidak seperti VGA dan DVI, HDMI mengirimkan sinyal video dan audio secara bersamaan, dan hanya sinyal digital yang diberikan. HDMI memiliki 4 tipe yaitu:

  • Tipe A, merupakan yang paling populer. Kabel ini akan mengidentifikasi 19 pin. Tipe A kompatible dengan single-link dari kabel DVI-D

  • Tipe B, lebih besar dari Tipe A, dengan 29 pin. Tipe B kompatibel dengan dual-link dari kabel DVI-D

  • Tipe C, dengan 19 pin dan paling sering digunakan pada perangkat portable seperti kamera digital

  • Tipe D, tampak sama dengan micro USB, dan meiliki 19 pin

USB (Universal Serial Bus)

Kabel USB sejauh ini merupakan kabel komputer yang paling sering untuk dihubungkan ke komputer di belahan dunia manapun. Berbagai perangkat yang terhubung dengan komputer seperti keyboard, mouse, headset, dan banyak lainnya, dapat dihubungkan pada komputer melalui port USB. Desainnya yang selalu berkembang setiap waktu membuat banyak versi USB yang tersedia seperti:

  • USB1.0 / 1.1, dapat mengirim data hingga kecepatan 12 Mbps

  • USB 2.0, dapat mengirim data hingga kecepatan 480 Mbps

  • USB 3.0, dapat mengirim data hingga 4,8 Gbps

Mini dan microUSB sering digunakan pada perangkat portabel seperti handphone dan kamera digital. Untuk USB ukuran standar sering digunakan pada perangkat seperti keyboard, mouse, dan hard drive eksternal.

FireWire

Kabel komputer ini memiliki kemampuan yang sama dengan USB. FireWire dapat mengirimkan transfer data yang cepat bagi komponen komputer. Berbagai perangkat seperti printer dan scanner mengambil keuntungan dari FireWire. Kabel FireWire memiliki dua macam jenis yaitu 1394a yang memiliki kecepatan transfer data hingga 400 Mbps dan 1394b yang memiliki kecepatan transfer data hingga 800 Mbps.

Ethernet

Kabel ethernet digunakan untuk mengatur local area network (LAN). Dalam banyak kasus, kabel ini digunakan untuk menghubungkan router ke modem dan komputer. Jika Anda pernah memasang atau memperbaiki router, Anda akan berurusan dengan kabel komputer ethernet. Ethernet memiliki tiga variasi:

  • Cat 5, kabel dengan tipe paling dasar dan menyediakan kecepatan salah satu antara 10Mbps atau 00 Mbps

  • Cat 5e, yang menyediakan kecepatan data hingga 1000 Mbps

  • Cat 6, yang mendukung kecepatan hingga 10 Gbps.

[DEAS]