PDF Reader Mozilla

06 Dec 2012 15:00 | Hits: 2923

Cara Mengaktifkan Fungsi Built-in PDF Reader Mozilla Firefox Terbaru

Cara Mengaktifkan Fungsi Built-in PDF Reader Mozilla Firefox Terbaru

PDF merupakan teknologi pemformatan dokumen yang dikembangkan oleh Adobe. Tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten atau sama. Hal ini berbeda dengan berbagai jenis file dokumen lain yang tidak bisa dibaca pada sistem operasi lain, atau dapat dibaca namun mengalami perubahan layout. File PDF (*.pdf) saat ini sangat populer, terutama digunakan dalam pertukaran dokumen di internet. Untuk membaca dokumen PDF, salah satunya menggunakan software PDF Reader Mozilla terbaru.

Pengguna browser Mozilla Firefox, kini dapat membuka file PDF langsung dari browser Anda tanpa menginstal Adobe Reader atau plugin dari Foxit Reader. Fitur ini hanya terdapat pada Mozilla Firefox 15 dan versi di atasnya, plugin Firefox ini memiliki fungsi sebagai pembaca file-file PDF ketika Anda sedang melakukan browsing dan menemukan file PDF. Secara pengaturan default-nya fitur ini sebenarnya tidak diaktifkan pada saat Anda menginstal dan menggunakan browser Firefox, Lalu apa keuntungannya mengaktifkan fitur PDF built-in pada Firefox ini? Alasan mengapa built-in PDF Reader Mozilla penting yaitu:

  • Mempercepat eksekusi file secara online dengan tipe file PDF

  • Keamanan di mana Adobe mengalami kegagalan

  • Dapat memiliki tampilan online lebih stabil dan aman dari PDF

  • Tidak memberatkan kinerja browser Firefox bagi para pengguna yang memiliki kapasitas RAM terbatas.

Jika Anda ingin mengaktifkan fungsi PDF built-ini pada Firefox ini, sebelumnya Anda harus menonaktifkan Adobe Reader atau Foxit Reader jika pada komputer atau laptop Anda terinstal aplikasi tersebut. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fungsi PDF built-in pada Firefox:

  • Buka aplikasi browser Firefox

  • Ketikkan perintah about:config, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard Anda

  • Anda akan mendapatkan sebuah peringatan dari aplikasi Firefox, klik tombol Next, lalu klik tombol I’ll be careful, I promise! untuk masuk ke pengaturan

  • Pada kota pencarian (Search) browser Firefox, ketikkan browser.preferences.inContent

  • Jika Anda sudah menemukannya, klik kanan pada menu tersebut, pilih Toggle lalu double klik

  • Selanjutnya, ubah konfigurasi PDF built-in yang asalnya disabled (cari tulisan pdfjs.disabled) menjadi aktif dengan mengklik kanan, lalu pilih Toggle.

Untuk menocba apakah PDF built-in yang Anda aktifkan sudah berfungsi dengan baik, Anda buka mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya, lalu carilah file atau dokumen yang bertipe data PDF. Selanjutnya klik atau buka hasil browsing tadi, jika berhasil maka tampilan browser pada Firefox Anda akan tampak seperti contoh pada gambar di bawah ini, namun jika file PDF yang Anda buka tersebut tidak dapat ditampilkan pada browser Firefox Anda, maka coba Anda ulangi lagi langkah-langkah yang Paseban berikan, mungkin ada langkah yang terlewat.

Sekarang Anda dapat melihat berbagai macam file-file PDF dengan menggunakan built-in Reader milik Firefox tanpa Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi seperti Adobe Reader ataupun Foxit Reader. Jika Anda memiliki file-file PDF yang tersimpan di komputer atau laptop, Anda dapat melihat atau membukanya di browser Firefox dengan menyeret/ menggeser file tersebut dan mengarahkannya pada browser Firefox atau bisa juga dengan menggunakan Open With Menu lalu pilihlah Mozilla Firefox sebagai program default-nya. [AG]