Penyebab Komputer Lemot

21 Nov 2012 14:30 | Hits: 2830

Lima Penyebab Komputer Lemot dan Memburuk

Lima Penyebab Komputer Lemot dan Memburuk

Apakah komputer atau laptop Anda membutuhkan waktu yang lama saat memuat sebuah halaman web, sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan lain sembari menunggu? Jika jawabannya ya, maka ini merupakan salah satu tanda bahwa kinerja PC memburuk. Selain melambat, tAnda lainnya yaitu kinerja komputer yang berlawanan dengan spesifikasinya sehingga perangkat Anda bekerja seperti perangkat di tahun 1990an. Dimana saat Anda browsing pada sebuah web, mengolah data atau bermain game, kinerja perangkat yang buruk tentu akan menimbulkan masalah.

Ironisnya dalam sebagian besar kasus, masalah-masalah ini dapat dihindari, atau dalam kasus yang terburuk, mudah diselesaikan. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri, hanya dengan mengandalkan hardware Anda untuk mengatur aplikasi yang buruk dan kebutuhan untuk defragment hard disk Anda. Berikut ini adalah segala sesuatu yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab komputer lemot. Anda akan dapat mengatasi masalah ini dengan cepat dan dalam kebanyakan kasus diselesaikan dengan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Sistem Startup

Booting Windows biasanya membutuhkan waktu yang sama di komputer manapun. Ketika komputer telah diisi driver dan file maka komputerpun melambat. Saat Anda menambahkan perangkat lunak ke PC Anda, yang diperlukan sebagai bagian dari startup Windows akan menghasilkan kinerja yang lambat, dan mungkin dapat membekukan komputer Anda. Untuk memperbaiki ini, sebaiknya Anda mengurangi jumlah aplikasi yang dimuat saat ini. Berbagai utilitas dapat digunakan untuk mengatasi startup Windows yang lambat, dari MSConfig hingga Autorun yang sangat berguna.

Fragmentasi Hard Drive

Salah satu penyebab yang paling umum dari lambatnya kinerja komputer Anda adalah fragmentasi harddisk Anda, meskipun saat ini fragmentasi hard dis masih dipertanyakan apakah dapat mempercepat kinerja komputer. Namun, men-defrag hard disk tidak akan memakan waktu lama dan dapat membantu menangani masalah kinerja komputer yang lambat. Pada Windows, pilih Start > Computer, klik kanan pada drive C:, pilih Properties > Tools > Defragment Now dan ikuti instruksi yang ditampilkan.

Terlalu Banyak Temporary Files Permanen!

Temporary folder adalah tempat untuk menyimpan file saat aplikasi bekerja, baik itu mendownload file, menyimpan file yang sedang Anda edit, atau file chache sehingga saat Anda membuka aplikasi, file akan lebih cepat diakses.

Masalahnya adalah, bahwa sebagian besar aplikasi tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, atau kalaupun bisa, tidak dilakukan dengan maksimal. Ini sebabnya temporary folder Anda menjadi sangat besar dari waktu ke waktu dan perlu dibersihkan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghapus temp file dan membersihkan browser Anda. Sementara, untuk menghapus internet history dan temporary Internet files dapat dilakukan dari browser Anda. CCleaner adalah pilihan yang bagus untuk merapikan temp folder pada Windows.

Kesalahan Konfigurasi pada Pagefile

Kesalahan pesan dan kinerja yang lambat dalam disebabkan oleh masalah yang terjadi pada Windows Pagefile. Pagefile adalah file yang digunakan oleh windows untuk membuat virtual memory (memory yang di dapatkan dari memanfaatkan ruang kosong di hard disk). Untuk masuk ke Pagefile, klik Start > klik kanan Computer, pilih Properties > Advanced system settings > Advance. Pada tab Advance, di bawah Performance, klik Settings, lalu pilih Change. Hilangkan tAnda centang pada box Automatically manage paging file size for all drives. Dari sini Anda dapat merubah ukuran Pagefile yang Anda kehendaki.

Aplikasi Uninstall dan Windows Registry

Ketika Anda menghapus perangkat lunak pada Windows, uninstaller tidak sepenuhnya menghapus file di komputer Anda. Meskipun banyak software yang bisa Anda gunakan untuk menghapusnya, namun history uninstall dan masalah lainnya akan menyebabkan masalah dengan Windows Registry Anda.

Windows Registry adalah sebuah database besar yang disusun secara hierarkis yang berisi instruksi untuk sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal, dan dapat rusak dan kelebihan beban. Masalah ini akan menyebabkan boot yang lambat, kinerja yang kurang baik dan shut down yang lama, serta ketidakmampuan untuk mengembalikan komputer dari mode sleep atau standby. Banyak tools yang bisa memecahkan masalah pada Windows Registry ini, salah satunya adalah CCleaner. Ingatlah untuk membuat cadangan registry sebelum menjalankan tools yang mungkin menyebabkan masalah, bahkan jika komputer Anda berjalan lambat. [RIC]