Screen Protector

21 Nov 2012 09:00 | Hits: 18642

Tips: Cara Memasang Screen Protector Tanpa Gelembung

Tips: Cara Memasang Screen Protector Tanpa Gelembung

Kita semua tahu bahwa tidak semua ponsel dilengkapi pelindung layar yang mumpuni seperti yang dimiliki oleh Nokia Lumia 900 dengan layar tangguh bahkan tidak tergores sedikitpun ketika dibenturkan ke benda tajam. Dan sebaliknya, ponsel yang tidak dilengkapi dengan screen protector akan mengalami sedikit goresan halus ketika berada di dalam saku ataupun goresan yang diakibatkan oleh debu. Untuk beberapa orang goresan ini tidaklah masalah, namun jika Anda memiliki niat untuk menjualnya di masa yang akan datang, menjaga ponsel Anda dari segala macam goresan adalah hal yang seharusnya Anda lakukan untuk menghindari harga yang jatuh.

Salah satu cara untuk melindungi layar adalah dengan memasang screen protector pada layar ponsel Anda. Beberapa orang menggunakan pelindung layar ini adalah untuk menjaga privasi atau menghindarkan dari silau. Namun bagaimana cara memasang pelindung layar ini secara benar agar tidak menimbulkan gelembung kecil yang mengganggu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda bisa mengikuti tips cara memasang pelindung layar agar terkesan rapi berikut ini.

Beli Pelindung Layar yang Tepat

Pada dasarnya ada tiga buah jenis pelindung layar yang masing-masing jenis memiliki keuntungannya masing-masing. Memilih peluindung yang tepat sepenuhnya tergantung pada kebutuhan Anda. Mari kita bandingkan ketiga jenis pelindung layar di bawah ini:

Clear. Jenis ini merupakan jenis pelindung layar yang tradisional. Satu-satunya yang ditawarkan pada pelindung layar berjenis clear ini adalah melindungi layar ponsel Anda dari goresan dengan tampilan layar yang sangat jelas. Namun pelindung jenis inipun dapat tergores apabila Anda telah menerapkannya di ponsel dalam waktu yang telah lama. Anda bisa melepas pelindung jenis ini dan memasangnya kembali untuk menghilangkan gelembung yang mengganggu pada pelindung layar.

Matte. Jenis ini memberikan Anda perlindungan dari silau yang juga tetap melindungi layar ponsel dari goresan. Seperti pelindung jenis clear, pelindung layar jenis matte ini juga datang dengan satu hingga tiga jenis sesuai dengan material yang dibawanya. Namun ada satu kelemahan pada pelindung layar satu ini, yakni distorsi. Bahan yang digunakan pada pelindung ini seringkali menghasilkan efek pelangi. Untuk para pengguna ponsel yang mementingkan grafik visual tentunya akan memilih lebih baik terkena silau atau efek distorsi.

Privacy. Sering diterapkan pada layar komputer, pelindung ini memastikan hanya Anda yang dapat melihat layar aktif pada ponsel ini. Pelindung ini juga tentunya melindungi layar ponsel Anda dari goresan yang mengancam layar Anda. Tapi pelindung ini sama seperti pelindung berjenis matte, yakni memiliki efek distorsi. Layar privasi akan membuat tampilan Anda tampak kabur dan tidak jelas jika dilihat dari sisi yang berbeda dan menghindarkan orang untuk melihatnya.

Memasang Pelindung Layar Tanpa Gelembung

Ada banyak metode untuk menerapkan pelindung layar, dari metode uap hingga kartu. Meskipun kebanyakan dua metode tersebut yang digunakan, namun lebih baik jangan menggunakan metode tersebut. Kecuali pada panduan produk mengatur prosedur tersebut. Lebih baik jauhkan pelindung layar Anda dari cairan, seperti air yang mana akan meninggalkan residu antara pelindung layar dan ponsel Anda, dan perekat pun akan memburuk.

Kunci untuk merekatkan pelindung layar agar tidak adanya gelembung adalah kesabaran. Ini juga penting bahwa ketika Anda telah membeli perangkat baru, maka Anda segera memasangkan pelindung layar pada ponsel Anda.

Yang Anda butuhkan untuk memasang pelindung layar untuk ponsel Anda adalah kartu, seperti kartu kredit, kartu debit, kartu SIM atau kartu yang lainnya yang Anda miliki dan memiliki bahan yang keras. Dan berikut urutan untuk memasagkan pelindung layar pada ponsel Anda.

  1. Siapkan perlengkapan Anda, dan bersihkan tempat di mana Anda akan memasang pelindung layar tersebut dan buat penyangga atau letakan ponsel Anda di atas permukaan yang tidak licin untuk mencegah ponsel Anda bergeser ketika memasangkan pelindung.

  2. Gunakan pembersih LCD dan kain microfiber untuk membersihkan layar Anda, hapus setiap titik debu dan hindari untuk menyentuh layar secara langsung.

  3. Lepaskan penutup dari pelindung layar, dan tahan di sepanjang tepinya. Anda bisa mulai dari bagian atas atau bawah perangkat Anda, tetapi aturan yang praktis adalah memulainya dari bawah yang akan memerlukan penyelarasan yang paling tepat, contohnya jika pada iPhone adalah pada tombol Home. Setelah pelindung sejajar dengan ponsel Anda, maka tempelkan ke layar diikuti dengan kartu kredit untuk menekan gelembung.

  4. Jika masih terdapat gelembung, maka ada dua kemungkinan, layar Anda sudah tergores atau ada bintik debu menempel pada pelindungnya. Jika itu terjadi, maka gunakan selotip untuk mengangkat pelindung layar dan hilangkan debu dari sisi perekat. Kemudian pasang pelindung layar Anda kembali dengan menggunakan metode nomor 3.

[PY]