Cara Instal Windows 8

20 Nov 2012 18:30 | Hits: 22206

Bagaimana Cara Instal Windows 8 pada Tablet?

Bagaimana  Cara Instal Windows 8 pada Tablet?

Bukan rahasia lagi bahwa interface baru Windows 8 adalah sistem operasi yang berorientasi pada teknologi layar sentuh. Jika Anda penasaran tentang upgrade ke Windows 8, Anda dapat menguji Windows 8 pada PC Anda. Namun, pastilah berbeda jika menjalankan Windows 8 pada PC dengan layar sentuh dengan yang tidak menggunakan layar sentuh.

Jika Anda memiliki iPad atau tablet Android, Anda dapat Instal windwos 8 dengan layar sentuh sebelum Anda membeli PC atau tablet Windows 8. Anda memang tidak bisa benar-benar menginstal Windows 8 pada tablet, tapi di sini kita akan menggunakan beberapa trik untuk menguji Windows 8 pada tablet layar sentuh Anda. Berikut cara instal Windows 8 pada Tablet:

Yang Anda Butuhkan:

  • Salinan Windows 8. Jika Anda belum memiliki salinannya, Anda dapat mencoba edisi evaluasi Windows 8 Enterprise, yang ditujukan untuk professional IT dan pengembang aplikasi untuk Instal windwos 8sebelum dipasarkan. Ini akan berakhir setelah 90 hari dan tidak dapat diupgrade ke Windows 8 full version, jadi bukan ide yang baik untuk menginstalnya pada komputer Anda.

  • Sebuah program perangkat virtual. Di sini kita akan menggunakan VirtualBox, tapi Anda juga bisa menggunakan VMware Player atau program virtual lainnya.

  • Sebuah iPad atau tablet Android. Tablet yang digunakan di sini adalah Nexus 7, tapi tablet yang lebih besar mungkin lebih ideal. Microsoft tidak memasarkan Windows 8 pada tablet 7 inci.

  • Aplikasi Splashtop, yang akan digunakan untuk mengakses Windows 8 virtual dari tablet. Ini gratis untuk Android dan $4.99 untuk iPad.

Catatan: Hasil uji di sini tidak sama seperti jika Anda menggunakan tablet Windows 8 yang sebenarnya. Perangkat virtual dan perangkat lunak remote streaming akan mengurangi kinerja komputer dan memperlambat interface. Splashtop juga tidak berfungsi persis seperti layar sentuh (kecuali jika Anda membeli aplikasi Splashtop Win8 Metro Testbed, yang ditujukan untuk pengembang aplikasi seharga $50).

Siapkan Perangkat Virtual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal Windows 8 di perangkat virtual. Dengan Windows 8 yang ada di dalam perangkat virtual, Anda juga dapat melihat bagaimana kinerja interface baru Windows 8 menggunakan mouse dan keyboard. Setelah Windows 8 berjalan pada perangkat virtual, Anda harus menginstal aplikasi Splashtop Streamer pada perangkat virtual Windows 8 Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat virtual dan mengontrolnya dari tablet Anda. Pastikan Anda menginstal Streamer pada perangkat virtual Anda, bukan pada sistem operasi.

Selesaikan proses instalasi dan buat akun Splashtop. Anda akan memerlukan akun ini untuk mengakses perangkat virtual Windows 8 dari tablet. Anda juga harus mengaktifkan mode bridged networking. Secara default, perangkat virtual Anda akan terisolasi pada jaringan local yang berbeda. Splashtop akan meminta Anda untuk membeli Anywhere Access Pack kecuali Anda mengaktifkan bridged networking. Untuk melakukannya, klik menu Machine dan pilih Setting. Dari bagian Network, klik Attached to box dan pilih Bridged Adapter. Pengaturan ini akan segera berlaku - Anda tidak perlu reboot perangkat virtual Anda.

Menggunakan Windows 8 pada Tablet Anda

Instal aplikasi Splashtop pada tablet Anda dan login dengan username dan password Splashtop yang telah Anda buat. Anda akan melihat PC Windows 8 Anda pada daftar - tap untuk menghubungkan. Setelah itu, Anda dapat menggunakan Windows 8 pada layar sentuh tablet Anda. Sayangnya, Splashtop sendiri mengendalikan kursor mouse jarak jauh. Jadi tidak akan sama seperti menggunakan layar sentuh. Namun, banyak pengoperasian yang berjalan baik dengan sentuhan.

Anda dapat men-tap layar untuk klik kiri atau sentuh dan tahan untuk klik kanan. Untuk menggulir, letakkan dua jari pada layar dan seret ke atas layar. Anda akan melihat daftar lengkap gerakan yang didukung ketika Anda terhubung pertama kali ke sistem Windows 8 dengan Splashtop.

Anda dapat mengakses keyboard dengan men-tap tombol panah pada sudut layar dan men-tap tombol keyboard. Ini memungkinkan Anda untuk men-tap tombol Windows untuk kembali ke layar Anda setelah menggunakan sebuah aplikasi, karena gerakan sentuh Windows 8 untuk mengakses Charm, Switcher dan fitur sistem operasi lainnya dengan menggesek pada sisi layar tidak bekerja dengan Splashtop.

Menggerakkan kursor ke sudut layar juga tidak bekerja secara default. Untuk menggunakannya, tap tombol panah pada sudut layar dan tap tombol trackpad untuk mengaktifkan mode Trackpad. Pada mode trackpad, Anda dapat dengan mudah menggerakkan kursor ke sudut layar untuk mengakses Charm, Switcher dan fitur lainnya.

Kesimpulan

Sayangnya, Splashtop tidak bekerja sempurna menggunakan Windows 8 pada tablet. Kelancaran interface digantikan dengan perangkat lunak remote desktop, dan gerakan gesek untuk mengakses fitur navigasi yang penting juga tidak tersedia. Namun, ini lebih instruktif daripada menggunakan Windows 8 dengan mouse dan keyboard. Men-tap semua elemen pada layar dengan jari Anda terasa lebih natural daripada menggunakan mouse dan keyboard dengan interface baru Windows 8. Ini memberikan gambaran apakah Anda akan memilih tablet Windows 8. Saat ini sudah banyak yang menyediakan demonstrasi Windows 8 untuk komputer dan tablet. Anda dapat Instal windwos 8 untuk mendapatkan pengalaman yang sebenarnya. [RIC]