Cara Menggunakan Laptop

21 Nov 2012 08:30 | Hits: 22667

Inilah Cara Menggunakan Laptop dengan Nyaman

Inilah Cara Menggunakan Laptop dengan Nyaman

Laptop memang kecil, ringan dan bisa dibawa kemana saja. Laptop juga seringkali lebih nyaman daripada desktop yang digantikannya. Dengan layar, keyboard dan touchpad yang digabungkan dalam satu tubuh, ini menyebabkan segala macam masalah ergonomis. Menggunakan laptop sebagai PC utama, bukan berarti menuntut Anda harus mengorbankan kenyamanan Anda. Masalah yang disebabkannya sebagian besar dapat diatasi. Mari simak lima tips dan cara menggunakan laptop berikut ini, yang membuat Anda merasa nyaman saat menggunakan laptop, tanpa menimbulkan rasa sakit di punggung Anda.

Gunakan Laptop Stand dengan Keyboard dan Mouse

Tips menggunakan laptop yang pertama, jika Anda menggunakan laptop di rumah atau di tempat kerja, kemungkinan laptop Anda akan diletakkan di meja. Hal ini dapat menimbulkan masalah ergonomis, bahkan jika Anda memiliki kursi ergonomis yang bagus. Layar akan terlalu rendah dan keyboard tidak akan berada di sudut yang optimal. Pengguna laptop sering membungkuk untuk mengimbanginya.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membeli sebuah stand laptop dan menggunakan keyboard eksternal. Carilah stand yang disesuaikan, karena posisinya akan tergantung pada tinggi badan Anda. Baik juga untuk menempatkan keyboard di tempat keyboar yang dapat dilampirkan ke meja Anda. Hal ini membuat pergelangan tangan Anda berada pada sudut netral yang mencegah regangan berlebih.

Anda juga dapat mempertimbangan untuk menggunakan mouse. Sebuah mouse portabel dapat digunakan dalam berbagai posisi yang jauh lebih ergonomis daripada touchpad pada keyboard Anda. Tombol mouse juga cenderung lebih tepat dan lebih mudah digunakan daripada touchpad, yang mengurangi klik yang berulang dan kuat.

Gunakan Monitor Eksternal

Sebelum Anda membeli laptop, Anda harus mempertimbangkan tampilannya. Para produsen saat ini menekankan pada resolusi yang tinggi karena mereka memberikan gambar yang tajam untuk mengungguli pesaing-pesaingnya. Namun, tampilan dengan resolusi yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah dengan skala. Beberapa teks dan gambar muncul sangat kecil, yang dapat menyebabkan pengguna terkilir atau membungkuk untuk membaca dengan jelas apa yang ditampilkan.

Inilah sebabnya ada baiknya Anda menggunakan monitor eksternal jika Anda menggunakan laptop di rumah atau sering bekerja menggunakan laptop. Monitor sebesar 22 atau 30 inci dapat menampilkan teks dengan jelas, juga menyediakan banyak piksel. Ini juga kemungkinan akan memecahkan masalah ketinggian yang sudah dibahas sebelumnya, yang berarti Anda tidak perlu membeli stand. Namun, keyboard eksternal masih lebih baik.

Resist Terrible Seating

Bagian dari daya tarik laptop adalah portable computing-nya. Pengguna dapat bekerja di bAndara, coffe shop atau sambil menunggu dosen di kampus. Kita tidak dapat mengontrol tempat duduk bagaimana yang tersedia di lokasi-lokasi tersebut tentunya. Namun ada cara untuk mensiasatinya.

Tempat duduk publik yang paling ergonomis biasanya sederhana saja, lurus - dengan sAndaran kayu, besi atau plastik. Sebuah kursi plastik stAndar atau bisa menjadi pengganti yang layak. Hindari sofa yang nyaman, kursi empuk atau kursi dekoratif. Anda akan merasa nyaman pada awalnya, tapi pada akhirnya rasa tidak nyaman pada punggung akan muncul perlahan-lahan.

Satu-satunya pengecualian adalah kursi dengan sandaran lurus. Kursi seperti ini biasanya baik untuk menyebarkan beban di punggung, bagian bawah dan paha. Berhati-hatilah dengan kursi yang modelnya unik. Berdirilah setelah sepuluh menit digunakan untuk memeriksa apakah kursi tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman.

Peregangan

Tubuh manusia tidak ditujukan untuk duduk dalam waktu yang lama. Seluruh tubuh kita akan merasa tegang, karena otot kita kehilangan fleksibilitas. Melakukan peregangan adalah solusi yang mudah. Sebaiknya lakukan dengan berdiri dan melakukan beberapa gerakan paling tidak selama lima menit setelah setiap jam bekerja pada posisi duduk.

Bawalah Laptop Anda Dalam Tas Punggung

Tips menggunakan laptop yang terakhir, bawalah laptop Anda dalam tas punggung. Tas punggung atau ransel memang tidak begitu keren. Umumnya tas ini dipakai anak-anak atau pejalan kaki, itulah sebabnya begitu banyak orang yang menghindarinya. Pengusaha lebih memilih koper, sementara siswa lebih memilih tas dengan tali sandang. Sayangnya, pilihan tersebut tidak ergonomis. Koper sering menyebabkan orang untuk berjalan dalam posisi membungkung atau bersandar. Tas akan menempatkan ketegangan pada lengan dan tangan, sedangkan tas sAndang akan medistribusikan beratnya pada salah satu bahu saja.

Sebaiknya, Anda menggunakan tas ransel. Tas model ini akan mendistribusikan berat badan secara merata di dua bahu dan dapat disesuaikan di bahu Anda, selain itu tas ini juga aman dan nyaman. Tas ini juga banyak memiliki kantong-kantong kecil yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan Anda, misalnya charger ponsel atau headset. [RIC]