Cara Reset BIOS

19 Nov 2012 14:00 | Hits: 64438

Cara Reset BIOS Password Laptop dan Komputer dengan Software

Cara Reset BIOS Password Laptop dan Komputer dengan Software

BIOS merupakan kepanjangan dari Basic Input-Output System yang merupakan sebuah kode software yang ada di dalam sebuah sistem komputer yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai pemberi informasi dalam bentuk visual pada saat komputer pertama kali dinyalakan, memberikan akses ke keyboard serta memberikan akses komunikasi secara low-level di antara komponen hardware, seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. BIOS ini biasanya ditulis dalam bahasa assembly atau dalam bahasa mesin yang mana bahasa ini biasanya spesifik kepada suatu prosesor tertentu.

Kadangkala ada saat saat di mana Anda perlu mengetahui tentang cara reset BIOS password komputer kita, mungkin juga kita lupa atau ada user yang jahil yang sengaja memberikan password di-BIOS komputer atau laptop milik Anda atau Anda sendiri benar-benar lupa password BIOS pada laptop atau komputer milik Anda. Cara yang paling sering dipergunakan untuk mereset atau mengubah dan juga menghapus password di-BIOS/CMOS yaitu dengan membongkar komputer atau laptop, kemudian meresetnya melalui jumper yang sudah tersedia pada motherboard.

Namun tentu saja hal tersebut cukup merepotkan bagi Anda yang tidak ahli atau paham mengenai komponen-komponen hardware yang ada pada komputer atau laptop milik Anda, salah-salah komputer atau laptop Anda tersebut menjadi rusak. Saat ini Anda tidak perlu khawatir karena Paseban akan mencoba untuk mengulas sebuah aplikasi reset BIOS yang bisa dipergunakan untuk dapat mereser password pada BIOS komputer dan laptop milik Anda tersebut.

PC CMOS Cleaner adalah sebuah aplikasi reset BIOS gratis dan juga aplikasi ini mudah untuk dipergunakan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk me-recover, delete, decode dan menampilkan superior passwords yang disimpan dalam BIOS bermerk dan platform apapun seperti AWARD, AMI, Compaq, Phoenix, Samsung, IBM, Compaq, DTK, Thinkpad, Sony, Toshiba. Software ini merupakan bootable CD yang bisa berjalan di platform sistem komputer berteknologi x86 (32-bit) dan juga komputer dengan teknologi x64 (64-bit).

Bagaimana Cara Mereset Password Dengan Menggunakan salah satu aplikasi reseet BIOS terbaik yaitu PC CMOS Cleaner?

  1. Terlebih dahulu Anda harus mengunduh file ISO aplikasi PC CMOS Cleaner dari situs resminya pada alamat link berikut ini secara gratis

  2. Setelah proses download sudah selesai 100%, langkah berikutnya adalah melakukan proses burning file ISO tadi kedalam sebuah CD atau DVD mempergunakan aplikasi burning tools seperti aplikasi Nero Burning Room, Ashamppo Burning Room, atau aplikasi burning lainnya yang sejenis.

  3. Jika sudah selesai melakukan proses burning tersebut kedalam CD atau DVD, langkah berikutnya Anda bisa menguji terlebih dahulu apakah aplikasi PC CMOS yang sudah Anda burning tersebut berjalan dengan baik atau tidak pada komputer atau laptop milik teman Anda terlebih dahulu.

  4. Jika CD atau DVD sudah berjalan dengan baik, yang Anda tinggal lakukan adalah memsukan CD PC CMOS Cleaner tersebut ke komputer atau laptop yanng ingin Anda reset password BIOS nya tersebut.

  5. Aplikasi ini akan secara otomatis berjalan saat Anda melakukan proses restrart komputer dan CD sudah dalam keadaan dimasukan.

  6. Anda akan dibawa pada menu tampilan aplikasi dari PC CMOS Cleaner, tampilannya cukup mudah dimengerti bagi orang yang awam. Jika dirasa masih bingung Anda dapat mengunjungis situs resmi milik mereka pada alamat link berikut http://www.pccmos.com

Spesifikasi kebutuhan minimum Aplikasi PC CMOS Cleaner adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas memori minimum 64 MB RAM

  • Keyboard: Standard, PS/2 atau USB (HID)

  • Mouse (optional): serial, PS/2 or USB (HID)

  • Bootable CD/DVD drive

Jika masih kurang jelas Anda bisa mengikuti video petunjuk penggunaan dari aplikasi reset BIOS yaitu PC CMOS Cleaner berikut ini

video tutorial 1

Atau video berikut ini:

video tutorial 2

[AG]