Windows Task Scheduler

20 Nov 2012 19:30 | Hits: 2734

Hemat Waktu Anda dengan Menjadwalkan Pekerjaan Melalui Fitur Windows Task Scheduler

Hemat Waktu Anda dengan Menjadwalkan Pekerjaan Melalui Fitur Windows Task Scheduler

Banyak dari kita yang memiliki perkerjaan rutin yang sama setiap hari, atau paling tidak satu bulan. Terutama untuk karyawan-karyawan kantor yang memang tugasnya sudah terjadwalkan dan rutin dikerjakan setiap hari kecuali libur. Atau penulis artikel yang membuka berbagai website sebagai sumber tulisan yang rutin dibuka setiap hari. Bukan hanya website yang bisa kita jadwalkan Windows Task Scheduler. Kita juga bisa menjadwalkan program yang kita jalankan setiap hari bahkan mengirim email secara otomatis. Yang pastinya pedjadwalan ini akan menghemat waktu Anda (apalagi Anda orang yang suka telat). Bisa membantu mengurangi waktu Anda membuka program, mesin pencari, atau website. Ketika Anda sampai di meja kerja semua sudah tersedia dan siap bekerja.

Jalankan Task Scheduler

Untuk menemukan Windows Task Scheduler cara yang paling mudah adalah dengan mengetiknya di Start menu. Tampilan awal akan menampilkan task yang sedang bekerja. Biasanya task ini berisi update antivirus, flash dan lain-lain. Sebelum membuat task kita buat dahulu folder baru yang nantinya menjadi folder task-task Anda. Klik ‘Task Scheduler Library’ kemudian klik kanan dan pilih new folder. Atau bisa juga dengan mengklik menu ‘New Folder’ di bagaian kanan tab.

Membuat Task

Pilih folder yang Anda buat tadi kemudia pilih Action>Creat Task. Bisa juga melalui menu ‘Creat Task’ yang ada dibagian kanan. Setelah itu akan muncul kotak dialog baru yang membantu Anda membuat task dan jadwalnya. Mulai dengan nama task tersebut, dan berbagai pilihan lain seperti menjalankan task walau berbeda user, mengubah grup network. Namun paseban sarankan agar pengaturan ini tetap pada mode default saja.

Pengaturan Trigger

Sekarang beralih ke tab trigger yang ada di sebelah tab general. Trigger merupakan setingan waktu untuk menjalankan task yang kita buat tadi. Klik new yang ada pada bagian bawah dan akan muncol kotak dialog baru. Anda bisa memilih opsi kapan task tersebut aktiv pada menu ‘Begin The Task’. Kemudian atur waktu untuk menjalankan task. Cukup banyak pilihannya seperti hanya satu kali saja, perhari, minggu, bulan, atau pada hari-hari tertentu saja. Setelah selesai takan tombol ‘OK’.

Action

Pindah ke tab berikutnya ‘Action’. Klik tombol new yang yang ada di bagian bawah (sama seperti pada Trigger) akan muncul kotak dialog baru. Pada menu ‘Action’ tersedian pilihan ‘Start program' (berfungsi untuk menjalankan program), Sand an email dan Display a message (untuk menampilkan pesan di layar PC atau Laptop secara otomatis). Paseban akan memberikan contoh penggunaan ‘Start program’ untuk menjalankan Mozilla Firefox dan membuka website secara otomatis. Pada kolom program/scrip klik tombol browse dan pilih Mozilla Firefox yang ada di desktop. Pada kolom ‘add arguments’ masukkan nama website. Bila ingin membuka website lebih dari satu cukup pisahkan url website tersebut dengan spasi. Setelah selesai tekan ‘OK’.

Aksi yang Berbeda Pada Waktu yang Sama

Anda juga dapat membuat lebih dari satu aksi dalam waktu yang sama. Pada langkah ke empat tadi setelah selesai mengisi kotak dialog tekan tombol new dan isi seperti pada langkah keempat. Misalnya Anda memasukkan file Exel dalam kolom browse atau program-program lainnya. Dalam waktu yang bersamaan kedua task tersebut akan dijalankan.

Defrag Harddisk Ketika Komputer Ketika Tidak Beraktivitas

Kita juga bisa menjadwalkan defrag harddisk ketika komputer kita tidak melakukan aktivitas apa-apa. Seperti biasa cari defrag.exe melalui tombol browse di menu Action (biasanya di C:windows/system32/defrag.exe). Kemudian ke menu Trigger untuk mengatur waktunya, pastikan Anda memilih ‘On Idle’ pada menu pilihan ‘begin the task’.

Pengaturan Tambahan

Ketika Anda memilih tipe ‘On idle’ pastikan kita juga memberikan pengaturan Task Scheduler pada saat komputer dalam keadaan tidak berkativitas. Kita bisa menambahkan task berjalan bila komputer dalam keadaan idle 10 menit atau satu jam pada tab ‘Condition’. Untuk pengguna laptop jangan lupa mencentang kolom ‘Start task only if the komputer on AC power’ agar task ini berjalan hanya ketika laptop kita di hubungkan ke arus AC.

Ada beberapa fitur lain Windows Task Scheduler yang berguna namun tidak sulit mengoperasikannya seperti Dislpay Message yang akan menampilkan message otomatis di layar Anda atau pengaturan History Task Scheduler dan mengekspor jadwal yang sudah Anda buat. Walau terlihat agak sulit, bila Anda mencobanya sekali saja akan terbiasa dengan langkah-langkah yang sudah dijabarkan di atas. Semoga Task Scheduler kita dapat menghemat waktu dan menunjang produktifitas Anda. [RIC]