Cara Penggunaan Laptop

19 Nov 2012 19:30 | Hits: 3461

Agar Tubuh Tetap Bugar, Ikuti Cara Penggunaan Laptop Ini

Agar Tubuh Tetap Bugar, Ikuti Cara Penggunaan Laptop Ini

Laptop berukuran kecil, ringan, dan praktis. Laptop merupakan alternatif lain dari penggunaan komputer, yang akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Ukurannya yang kecil dan praktis jika dibandingkan dengan komputer, akan membuat pengguna dapat membawanya ke berbagai tempat, dalam melaksanakan pekerjaan ataupun tugas.

Namun ada banyak isu yang menjadikan penggunaan laptop sebagai kambing hitamnya. Ada yang mengatakan bahwa penggunaan laptop dalam waktu lama dapat mengganggu tubuh, baik dalam hal bentuk maupun kesehatan. Namun, hal seperti ini seharusnya tidak menghentikan Anda dalam memakai laptop, karena laptop memang sangat berguna dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Dan Anda tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang ada, karena hal itu dapat diatasi jika Anda memakai laptop dengan tata cara yang benar. Berikut ini Paseban akan menampilkan tips cara penggunaan laptop menjadi nyaman.

Komponen Eksternal

Jika Anda menggunakan laptop di rumah atau saat bekerja, biasanya akan ditempatkan di atas meja. Hal ini dapat memberikan problem bagi Anda, walaupun Anda duduk di atas kursi yang nyaman. Layar laptop akan berada pada posisi yang rendah, sedangkan keyboard tidak berada pada posisi yang optimal. Dengan ini, pengguna laptop akan membungkukkan badannya untuk mendapatkan posisi yang pas. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan laptop stand dan keyboard eksternal. Dengan menggunakan laptop stand, akan membantu Anda untuk memposisikan badan senyaman yang Anda inginkan. Ditambah dengan keyboard eksternal, maka akan mengoptimalkan pemakaian keyboard dimanapun Anda merasa pas menempatkan keyboard tersebut. Ini akan membuat Anda menampilkan penggunaan laptop secara natural.

Penggunaan mouse juga merupakan suatu ide yang bagus. Dengan menggunakan mouse, Anda dapat memakainya dalam berbagai posisi yang lebih nyaman daripada pemakaian touchpad pada laptop. Tombol mouse juga akan memberikan kemudahan dengan mengurangi melakukan klik saat menggunakan touchpad.

Namun jika Anda masih ingin menggunakan fungsi keyboard termasuk touchpad laptop, maka masih ada cara lain. Monitor eksternal adalah cara yang tepat jika Anda sering menggunakan laptop di rumah atau saat bekerja.

Sebelum membeli laptop, Anda akan berpikir tentang layarnya. Banyak perusahaan membekali laptop buatannya dengan layar resolusi tinggi, karena akan menampilkan visualisasi yang menakjubkan. Namun, walaupun menggunakan layar resolusi tinggi, laptop akan memberikan problem. Layar tersebut berukuran kecil, dan akan memposisikan cara kita melihat. Ini merupakan alasan mengapa disarankan untuk memakai monitor eksternal. Dengan ukuran 22–30 inchi, monitor eksternal akan memperlihatkan tampilan teks yang jelas. Monitor eksternal ini juga dapat menggantikan fungsi dari laptop stand, dalam hal cara penggunaan laptop.

Cara Duduk

Salah satu daya tarik laptop adalah praktis. Pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan penggunaan laptop ketika berada di halte, kafe, kantor, dan berbagai tempat lainnya. Di sini, tidak ada kontrol terhadap cara duduk pada berbagai lokasi tersebut. Tetapi ada jalan yang memungkinkan dalam mengambil cara duduk terbaik. Ambil posisi duduk dengan badan lurus pada kursi kayu. Kursi kayu memang keras, namun akan mendorong Anda untuk dapat memposisikan badan secara lurus saat duduk, lebih baik daripada posisi membungkuk. Kursi plastik dengan kualitas baik juga dapat menjadi alternatif lain. Kursi yang empuk dengan berbagai variasi memang nyaman digunakan, namun hal tersebut akan membuat posisi duduk yang malas, dan cenderung akan mengambil posisi membungkuk. Mengambil posisi berdiri setelah beberapa saat duduk juga merupakan satu cara yang tepat.

Pemanasan
Tubuh manusia tidak dirancang untuk dapat duduk dalam waktu lama. Tubuh kita membutuhkan peregangan otot untuk memunculkan kefleksibilitasannya. Akan sedikit merasa pegal jika kita berlama-lama menghabiskan waktu dalam posisi duduk.

Pemanasan adalah solusi yang tepat. Merupakan ide yang bagus untuk berdiri dan bergerak selama kurang lebih lima menit setiap jam saat bekerja menggunakan laptop dalam posisi duduk. Ada berbagai cara untuk melakukan pemanasan, terutama pada tangan dan pinggul. Dengan melakukan hal tersebut, akan mengurangi rasa pegal karena berlama-lama duduk melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop.[DEAS]