Meningkatkan Performa Android

18 Nov 2012 08:00 | Hits: 4296

Inilah 5 Cara Sederhana Meningkatkan Performa Android

Inilah 5 Cara Sederhana Meningkatkan Performa Android

Memiliki perangkat Android memang merupakan hal yang cukup menyenangkan. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa perangkat ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam soal modifikasi. Tak jarang kita mendengar sebutan root yang berarti melegalkan segala akses untuk sistem operasi agar lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai custom ROM yang dinilai lebih baik dan cepat. Ya itulah salah satu hal yang bisa mengoptimalkan kinerja sistem operasi Android Anda. Selain itu masih banyak cara mudah lainnya yang bisa mengoptimalkan kinerja dan fungsi Android sebagai salah satu sistem operasi ternama saat ini. Berikut ini adalah tips sederhana yang akan meningkatkan performa Android sebagai sistem operasi yang dikenal memiliki banyak fungsi.

Mengunduh Aplikasi

Salah satu keistimewaan Android adalah keterbukaannya terhadap berbagai aplikasi yang tentunya tersedia via Google Play. Akan dirasa nihil dan tak berguna jika ponsel Android Anda tidak memiliki aplikasi-aplikasi penting semisal Office. Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak, bahkan tak sepeser rupiah pun keluar dari kantong Anda karena Android memang dikenal menyediakan banyak aplikasi gratis. Contohnya jika Anda ingin merasakan sensasi aplikasi Office gratis yang bisa diunduh di Google Play, coba lakukan pencarian dengan kata kunci Kingsoft Office.

Melakukan Update

Hal berikutnya masih terkait dengan aplikasi. Beberapa aplikasi yang telah Anda unduh sebelumnya secara periodik akan memberikan sebuah notifikasi untuk diperbaharui. Ya, notifikasi perbaharuan ini tentunya harus Anda ikuti karena beberapa pembaharuan tersebut menghilangkan beberapa bug yang masih terdapat pada versi sebelumnya. Selain pembaharuan aplikasi, Anda juga harus sesekali mengecek apakah software untuk Android Anda sudah memiliki pembaharuan terbaru? Jika ya, jangan sungkan untuk memperbaharuinya.

Menggunakan Cloud Storage

Ya, cloud storage seakan menjadi terkenal belakangan ini. Dengan menggunakan cloud storage Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan kapasitas di ponsel Android Anda. Selain itu, kegunaan cloud storage semacam Dropbox, Skydrive mupun Google Drive akan memudahkan Anda melakukan sinkronisasi file dari PC atau perangkat lainnya ke dalam satu folder di cloud yang lebih mudah diakses langsung melalui Android. Anda bisa mengaksesnya kapan saja di mana saja asalkan Android Anda telah terinstal aplikasi cloud storage dan tentunya memiliki akses internet untuk mengaksesnya.

Menggunakan Paket Internet

Tips ketiga ini bisa jadi sebagai salah satu tips pemanfaatan Android agar lebih bijak. Menggunakan paket internet biasanya memiliki tarif yang lebih murah ketimbang Anda harus mengorbankan pulsa Anda terkikis rupiah per rupiah karena Internet yang terus berjalan. Apalagi beberapa operator di tanah air saat ini seakan mengobral tarif paket internet dengan harga yang jauh lebih murah dari sebelumnya. Pemakaian internet pada ponsel Android sangat penting sekali, lihat saja 3 tips sebelumnya yang mengharuskan Anda untuk menggunakan sarana internet.

Mematikan Ponsel Secara Berkala

Tips terakhir yang diberikan oleh Paseban untuk meningkatkan performa Android tentu sangat sederhana sekali. Dengan mematikan dan mencabut baterai ponsel Anda secara berkala misalnya 2 kali sehari akan meringankan beban RAM yang ada pada ponsel. Tips sederhana ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan berbagai proses yang masih aktif di background.

Ya seperti itulah kelima tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa Android dalam hal kinerja dan fungsi agar lebih baik. Karena jika Anda memperlakukan si robot hijau dengan lebih bijak maka dia pun akan memberikan manfaat yang teramat besar dalam mempermudahkan pekerjaan kita kelak nantinya. [IQ]