Cara Membuat Game dengan Game Maker

12 Nov 2012 13:30 | Hits: 2813

Cara Membuat Game dengan Game Maker: Tahap Penyelesaian dan Penyempurnaan (5-End)

Cara Membuat Game dengan Game Maker: Tahap Penyelesaian dan Penyempurnaan (5-End)

Pada part-part sebelumnya kita telah mengulas tahapan–tahapan tutorial membuat game menggunakan software GameMaker, diantaranya adalah tahap instalasi GameMaker, menginput sprites, membuat objek dan event, mengolah gambar strips, dan membuat script game. Untuk menyelesaikan proses pembuatan game Android, Paseban akan melanjutkan tutorial pada tahapan selanjutnya yaitu tahap Game Maker Language (GML), operasi aritmatika untuk variable, dan terakhir adalah tahap finishing dimana kita akan mengatur tampilan game agar dapat dijalankan pada perangkat Android. Mari kita lanjutkan tutorial cara membuat game dengan Game Maker untuk game Android pada tulisan dibawah ini.

Game Maker Language (GML)

GML merupakan sebuah bahasa pemograman yang diciptakan oleh ahli pemrograman sekaligus sebagai developer dan pemilik software GameMaker, yaitu Mark Overmars. Game Maker Language digunakan sebagai penunjang software GameMaker miliknya. Pada dasarnya, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat script menggunakan bahasa pemrograman GML terbilang cukup sederhana. Dibawah ini merupakan hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan script berbahasa GML.

Resource Names (Objects, Sprites, Sounds, etc)

Dalam memberikan nama suatu resource, seperti objek, sprites, sounds, dan sebagainya, anda harus paham dengan kaidah-kaidah yang berlaku pada GML. Contohnya adalah nama suatu resources tidak diperkenankan menggunakan spasi, nama suatu resources harus diawali dengan huruf (a-z), sangat dilarang menggunakan angka (0-9) pada karakter pertama dalam sebuah nama suatu resources, dan sebagainya.

Penggunaan Reserved Word
Anda sangat tidak dianjurkan menggunakan reserved word pada script GML yang anda buat. Reserved word merupakan sekelompok kata-kata yang terdapat pada bahasa pemrograman, dimana mereka sudah memiliki arti tertentu. Beberapa contoh reserved word adalah; exp, while, if, continue, for, global, cell, dan sebagainya.

Dua hal diatas adalah yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan bahasa GML. Selain itu, terdapat hal lain yang perlu anda pahami, yaitu "Variable”. Variable merupakan sebuah code yang dalam penggunaannya memiliki fungsi sebagai penyimpan informasi. Informasi yang dapat ia simpan meliputi bilangan (real value) dan juga kalimat (string / text). Dalam sebuah game, penggunaan fungsi variable sangatlah penting. Hal itu disebabkan, dalam sebuah game kita memerlukan sebuah program yang mampu mengatur, mengelola, dan menyimpan berbagai informasi penting, dimana informasi-informasi tersebut sangat penting bagi suatu game. Contoh fungsi variable dalam sebuah [game](http://portal.paseban.com/review/11483/download-pengganti-temple-run-game-android-genre-endless-running"Download Genre Endless Running Pengganti Temple Run Game di Perangkat Android"), yaitu untuk menyimpan informasi mengenai performance suatu karakter dalam game, menyimpan value atau nilai score permainan dalam game, dan sebagainya. Dalam membuat variable pada GML, dibawah ini merupakan contoh yang dapat menjadi referensi anda:

Armor = 10
Arti dari variable tersebut, yakni kita membuat suatu variable yang memiliki nama "Armor”, dan setting dari nilai variable score tersebut yaitu sama dengan 10 (Sepuluh).

Ammo = 500
Arti dari variable itu, yakni membuat suatu variable yang dinamai dengan "Ammo”, dan nilai variable score pada variable tersebut di setting dengan value / nilai 500 (Lima ratus).
Dan sebagainya . . .

Operasi Aritmatika untuk Variable

Pada tahap tutorial membuat game ringan Android sebelumnya, telah diulas mengenai dasar-dasar beserta fungsi dari variable dalam sebuah game. Pada tahap ke-8 ini, kita akan melanjutkan bahasan terkait variable. Namun, ditahap ini kita akan menitik-beratkan materi mengenai dasar-dasar memanipulasi values dari sebuah variable menggunakan operasi Aritmetika. Dibawah ini adalah ulasan cara memanipulasi values sebuah variable menggunakan operasi Aritmetika dalam hal mengurang, menambah, mengkali, dan membagi variable values suatu script.

Ketika kita membuat sebuah variable sebagai contoh; Armor = 10 , maka maksud dari tulisan tersebut adalah membuat sebuah variable bernama Armor yang nilai variable-nya sama dengan 10 (sepuluh). Yang perlu kita pahami disini adalah, ketika kita membuat script dan ingin mengurangi value / nilai dari variable pada script tersebut, langkah apa yang harus dilakukan. Dibawah ini penjelasan dari masalah tersebut.

Ketika kita ingin sebuah nilai variable berkurang, maka hal yang harus dilakukan adalah memanipulasi variable tersebut dengan cara menggunakan operasi pengurangan Aritmetika (-). Caranya adalah:

Sebagai bentuk dasar atau umum dari dari operasi pengurangan, yaitu; variable -=nilai . Sehingga jika anda ingin mengurangi nilai variable bernama Armor dengan value 10 (sepuluh) dengan value pengurangan sebesar 100 (seratus), maka yang perlu anda lakukan adalah menulis variable sesuai bentuk dasar operasi pengurangan, yaitu; Armor -=100 . Dengan menambahkan script tersebut, maka variable Armor yang awalnya memiliki value sama dengan 10 (sepuluh), menjadi berkurang value-nya sebesar 100 (seratus).

Sedangkan untuk menambah, mengkali, dan membagi nilai suatu variable, hal yang dilakukan sama seperti diatas. Hanya saja bentuk operasi Aritmetika dari masing-masing operasi tersebut berbeda. Dibawah ini adalah bentuk dasar dari operasi pertambahan, perkalian, dan pembagian Aritmetika pada nilai suatu variable.

*Pertambahan:
Variable +=values

*Perkalian:
Variable *=values

*Pembagian:
Variable /=values

Menjalankan Game Pada Perangkat Android

Setelah anda menyelesaikan tahap demi tahap, mulai dari tahap pertama hingga tahap kedelapan, kini kita beralih ke tahap sembilan, yang merupakan tahap akhir dari tutorial membuat game Android via GameMaker. Tahap selanjutnya ialah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum game anda dijalankan pada perangkat Android anda. Disini, Paseban tidak akan menjelaskan langkah-langkahnya tersebut. Hal itu dikarenakan official web dari GameMaker telah memberikan penjelasan yang cukup detail mengenai tahapan ini. Untuk membaca tutorial membuat game Android tahap finishing di GameMaker, anda bisa klik di sini dan di sini.

Reference

Dikarenakan tutorial membuat game Android yang dijelaskan dalam bentuk tulisan tidak mampu menjelaskan secara sempurna dari setiap tahap-tahap tutorial yang ada, maka developer GameMaker berinisiatif memberikan tutorial membuat game Android menggunakan GameMaker Studio dalam bentuk video. Meskipun tutorial dalam video tersebut hanya menjelaskan mengenai tahapan-tahapan bagian penting saja dari proses pembuatan game, seperti tahap membuat script, variable, dan sebagainya, namun dengan disertai penjelasan yang Paseban tulis mulai dari artikel Part 1 sebelumnya hingga Part 5 saat ini, bisa dikatakan bahwa kedua tutorial (tertulis & video visual) tersebut sudah cukup lengkap untuk anda pelajari dan praktekkan. Untuk menonton video tutorial yang dimaksud, anda dapat menuju ke You Tube Video List milik developer GameMaker, Klik di sini! [HRS]