Cara Melindungi Flashdisk dari Virus

10 Nov 2012 18:00 | Hits: 5881

Cara Melindungi Flashdisk dari Virus dengan Menggunakan Software

Cara Melindungi Flashdisk dari Virus dengan Menggunakan Software

Sering kali USB flash disk milik Anda menjadi sebuah jalan masuk untuk virus, malware, spyware ke PC Anda. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir apabila Anda memiliki sebuah antivirus di PC Anda yang selalu up to date, tetapi menjadi sebuah bencana bagi Anda yang tidak memiliki antivirus ataupun memilikinya, hanya saja jarang sekali di update/masa aktif antivirus yang sudah habis.

Nah, bagi Anda yang sering melakukan mobilitas tinggi dan tidak sempat memiliki waktu untuk selalu meng-update antivirus Anda, Paseban memiliki beberapa software yang bisa membantu mempertahankan keamanan flash disk Anda dan PC Anda. Dan berikut ini adalah cara melindungi flashdisk dari virus:

USB Disk Security

Ini adalah software semacam antivirus, tetapi terinstal di USB disk Anda, baik itu flash disk ataupun harddisk eksternal Anda. Fiturnya yang mudah dan lumayan lengkap bisa menjadi pilihan Anda untuk bisa menahan lajunya pertumbuhan virus di flash disk dan PC Anda. Tidak hanya mencari dan memusnahkan virus, software ini bisa memperbaiki registry yang dimodifikasi oleh virus, selain itu juga membersihkan USB disk Anda dari data-data tidak penting (semisal, cache). Untuk menggunakannya pun mudah, jika sudah Anda install di USB disk, Anda tinggal colokkan ke USB port dan bisa langsung autostart (Plug & Play). Jika Anda tertarik memilikinya, bisa Anda unduh di sini yang bisa Anda dapatkan gratis dengan sedikit fitur yang bisa digunakan (untuk versi full version bisa membayar sebesar US $ 55.00) dan ukurannya pun kecil hanya 4.43MB.

Panda USB Vaccine

Software ini merupakan buatan dari Panda Antivirus yang terkenal karena antivirusnya yang ringan dan handal. Kali ini Panda mengeluarkan USB Vaccine yang fungsinya untuk menahan laju virus yang mulai menyebar dari autorun. Oleh karena itu, software ini memiliki tugas yang sederhana, yaitu dengan melindungi system autorun yang terdapat di setiap removable disk Anda. Selain itu, autorun di PC Anda juga diberikan perlindungan oleh software ini. Hanya dengan mengunduh sebesar 828.96KB, Anda bisa melindungi PC Anda dari ancaman virus dan malware. Silahkan klik di sini untuk diunduh secara gratis.

USB Lock AutoProtect

Untuk perlindungan data dari tangan jahil, Anda bisa menggunakan software ini, USB Lock AutoProtect. Software ini mencegah orang lain untuk menggunakan USB disk tanpa sepengetahuan Anda, walaupun tidak ada sangkut pautnya dengan virus, tetapi kehilangan data dari ulah tangan manusia pun merupakan sebuah ancaman. Untuk pencegahannya sangat mudah sekali, Anda tinggal geser dan simpan folder atau file yang ingin Anda proteksi. Selain itu, Anda juga bisa mengenkripsi USB disk Anda menggunakan password agar keamanan Anda makin terjaga. Dengan lisensi shareware dan harga US $ 25.00, rasanya tidak akan masalah untuk Anda demi keamanan Anda. Silahkan klik di sini untuk mengunduhnya yang hanya sebesar 2.05MB.

TrustPort USB Antivirus

Satu lagi Antivirus untuk flash disk Anda, yaitu TrustPort USB Antivirus. Software ini semacam antivirus portable yang bisa mendeteksi virus dan malware di setiap PC yang ditancapkan flash disk Anda. Software yang Plug & Play ini memberikan Anda proteksi berkala disaat flash disk Anda masih tertancap di PC. Selain sebagai antivirus, software ini bisa Anda gunakan untuk enkripsi data penting Anda di dalam PC. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mencoba trial selama 30 hari dengan mengunduh sebesar 91.1MB atau untuk full version sebesar US $ 9.99. Silahkan klik di sini untuk mengunduhnya.

Itulah beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk melindungi flash disk dan PC Anda dari berbagai ancaman, baik itu dari virus, malware, spyware, bahkan dari ulah tangan jahil manusia itu sendiri. Jika Anda memang mementingkan keamanan sebagai prioritas Anda, ada baiknya untuk memasang software yang telah Paseban bahas seperti di atas. [PNJ]