Program Uninstaller

14 Nov 2012 09:00 | Hits: 1637

Alternatif Program Uninstaller Untuk Menghapus Bebagai Program Windows Anda

Alternatif  Program Uninstaller Untuk Menghapus Bebagai Program Windows Anda

Windows menyediakan fitur Add/Remove Programs di menu Control Panel akan membantu Anda untuk menghapus program yang tidak diinginkan. Sayangnya hal ini akan memakan waktu dan tidak begitu praktis. Untungnya banyak developer yang menciptakan program yang memiliki kegunaan untuk menghapus program hingga akar-akarnya, termasuk file, folder, shortcut dan registry di balik program yang akan dihapus. Berikut ini adalah alternatif program uninstaller agar Anda dapat menghapus program secara cepat dan rapi.

Revo Uninstaller

Program pertama yang bisa Anda gunakan adalah Revo Uninstaller, yang bekerja dengan cara yang unik dibandingkan program lainnya. Revo Uninstaller dapat melakukan uninstall pada program yang diinginkan. Di sini Revo Uninstaller bekerja dengan melakukan scan pada hard drive dan registry file, juga menghapus semua program file. Program uninstaller ini juga merupakan satu dari sedikit program sejenis yang dapat membersihkan file yang muncul karena gagal melakukan instalasi. Agar lebih terperinci, berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan Revo Uninstaller.

  • Uninstall berbagai program pada Windows.

  • Hunter Mode untuk uninstall program yang sedang berjalan. Dengan Hunter Mode, Anda dapat drag program shortcut ke dalamnya,untuk melakukan uninstall program dari desktop. Selain itu, fitur ini juga dapat menghentikan program yang bekerja melalui Windows.

  • Membersihkan junk file dengan cara yang sederhana.

  • Mencari program di Google, kemudian melihat lokasinya pada hard drive, dan lalu melihat registry key dari konteks menu.

  • Sotware ini juga mudah digunakan, gratis, tetapi disediakan juga versi pro, dan pengguna dapat memanfaatkan software uninstaller ini tanpa harus mempelajarinya secara terperinci.

GeekUninstaller

Kinerja Revo Uninstaller memang patut diacungi jempol. Namun ada program uninstaller lain yang dapat menyainginya yaitu GeekUninstaller, program Windows yang menawarkan berbagai macam fitur untuk membantu Anda terutama uninstall suatu program. Ketika Anda membuka GeekUninstaller, akan terpampang berbagai program yang ada di komputer Anda. Dengan melakukan klik kanan pada program yang Anda install, maka akan keluar berbagai opsi yang tersedia yaitu:

  • Uninstall, yang akan memberikan Anda jalan untuk melakukan uninstall suatu program.

  • Force Removal, dapat melakukan sesuatu yang tidak ada seperti proses uninstall.

  • Remove Entry, yang dengan simple akan menghapus program tanpa melalui proses uninstall.

  • Registry Entry, akan menampilkan data registry dari program.

  • Installation Folder, akan membawa program pada Windows Explorer.

  • Google for, yang menawarkan pencarian berdasarkan nama program sehingga Anda mendapatkan informasi dari Google.

Khusus untuk opsi force removal, Anda dapat melakukannya pada beberapa program dan dapat digunakan jika tidak ada pilihan proses uninstall pada suatu program. Fitur ini berjalan dengan baik dan aman untuk digunakan. GeekUninstaller merupakan software uninstaller yang bisa Anda dapatkan secara gratis, dan juga terdapat versi pro pada websitenya.

ZSoft Uninstaller

Seperti kebanyakan program pada kelas yang sama, Anda dapat menggunakan ZSoft Uninstaller untuk memberikan jalan yang mudah dalam melakukan uninstall suatu program. Dengan melakukan klik pada area Uninstall, Anda sudah dapat melakukan proses uninstall. Software Uninstaller yang bisa Anda dapatkan gratis ini juga bisa menganalisa instalasi sehingga akan membersihkan semua hal dalam proses uninstall, termasuk mencari dan menghapus file yang masih ada. Fitur lain yang ada pada software ini adalah filter dari daftar program, fitur untuk mencari folder yang kosong, registry backup, dan banyak lainnya.

IOBit Uninstaller

IOBit Uninstaller merupakan software uninstaller yang bekerja dengan baik dengan fitur yang dimiliki yaitu 1-click toolbar uninstaller. Fitur lain yang ada pada IOBit Uninstaller adalah batch uninstaller, yang bermanfaat saat Anda akan membersihkan banyak program. Dengan Advance Uninstall, Anda dapat melakukan scan Windows registry dan hard drive pada berbagai instalasi. Jika Anda menginginkan scanning registry yang lebih aman, Anda dapat menggunakan fitur Powerful Scan. Dan yang lebih menarik adalah, mencari program menggunakan Forced Uninstall kemudian melakukan uninstall langsung pada hasil pencarian. Dengan banyak fitur tersebut, program ini bisa Anda dapatkan secara gratis. [DEAS]