Cara Memotret yang Baik

09 Nov 2012 12:30 | Hits: 5429

Ayo Pelajari Cara Memotret yang Baik dan Benar Menggunakan Smartphone Ala Richard Koci Hernandez

Ayo Pelajari Cara Memotret yang Baik dan Benar Menggunakan Smartphone Ala Richard Koci Hernandez

Richard Koci Hernandez, seorang street photographer sekaligus jurnalis multimedia yang cukup terkenal dengan keahliannya mengabadikan suatu momen atau objek menggunakan fitur kamera yang tertanam pada smartphone iPhone. Ia berhasil membuat sebuah fakta, dimana perangkat mobile camera tidaklah seburuk opini yang bertebaran dikalangan fotografer dunia. Justru dengan kamera ponsel, kita akan bisa menghasilkan sebuah gambar yang memiliki nilai seni lebih dari sekedar fotografi. Disini, kita akan membahas mengenai 12 tips yang perlu dilakukan oleh para fotografer terkait cara memotret yang baik melalui lensa kamera iPhone dan smartphone jenis lainnya. Mari kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Persiapan dan kelengkapan

Bagi yang memahami dasar–dasar fotografi, tentunya sudah paham dengan bagian ini. Tidak berbeda dengan menggunakan kamera digital, pada penggunaan kamera smartphone pun anda perlu mempersiapkan segala macam perlengkapan sebelum melakukan hunting. Anda harus memastikan secara teliti perangkat smartphone yang akan anda gunakan sebagai kamera fotografi, seperti volume batere smartphone dan media penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan objek–objek yang anda potret nantinya. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan pengaturan nada pesan atau panggilan masuk pada smartphone anda. Pastikan bahwa smartphone anda berada dalam kondisi silent, dimana tidak terdapat suara apapun dan tanda getar apapun ketika ada sebuah notifikasi muncul pada layar smartphone anda. Hal tersebut harus dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan memotret anda nantinya. Anda bisa bayangkan ketika anda sedang memotret suatu momen, dan pada saat bersamaan smartphone anda berbunyi serta bergentar disebabkan adanya pesan atau panggilan yang masuk. Pastinya akan kacau, bukan.

2. Pencahayaan

Cara memotret yang baik tentunya tidak terlepas dari aspek pencahayaan. Anda sangat perlu memperhatikan besaran intensitas cahaya yang ada pada objek yang akan anda potret. Sebagai tips, memotretlah pada pagi hari dan ketika hari menjelang senja. Pada saat itu, intensitas cahaya yang ada sangat bersahabat dengan lensa kamera pada smartphone.

3. Menjauhi Zoom

Jika anda menginginkan gambar dengan kualitas cukup baik, maka hindarilah penggunaan fitur zoom pada kamera smartphone anda. Sebaik apapun kualitas kamera yang dimiliki suatu smartphone, tidak akan memberikan hasil yang memuaskan apabila fitur zoom ikut ambil bagian dalam kegiatan pemotretan. Maka lupakan saja fitur ini! Untuk tips nya, bila anda ingin memotret suatu objek secara dekat, maka dekatilah objek tersebut.

4. Mengunci Eksposur dan Fokus Kamera

Bagian ke empat ini merupakan salah satu tips dan cara memotret yang baik menggunakan smartphone yang tidak boleh diabaikan. Kita harus perhatikan betul–betul eksposur dan fokus kamera saat melakukan pemotretan. Ketika menekan/tap dan menahan tombol shutter pada smartphone anda, maka tunggu hingga simbol kotak berkedip terlebih dahulu. Pada saat simbol kotak berkedip, menandakan bahwa kamera telah mengunci eksposur dan fokus kamera, sehingga ketika pemotretan tereksekusi, anda akan mendapatkan kualitas gambar yang memuaskan.

5. Manipulasi Gambar

Editlah gambar hasil potret anda menggunakan aplikasi editor foto kelas profesional. Anda harus menyadari bahwa tidak ada yang mampu membuat suatu gambar yang dihasilkan oleh sebuah smartphone tampil dengan kualitas yang sempurna. Bahkan penggunaan kamera DSLR pun tidak menjamin hasil potret yang kita buat berakhir sempurna. Faktor umum yang menyebabkan hal itu biasanya adalah ketika memotret suatu momen, dimana momen tersebut muncul secara tiba - tiba dan pergi dengan cepat. Sehingga, kita memotretnya dalam situasi terburu - buru. Maka, editing foto akan membantu permasalah tersebut.

6. Memotret Secara Diam - Diam

Maksudnya ialah memotretlah suatu objek dengan membawa ekspresi alami dari sang objek. Tidak ada gaya atau pola yang norak dan tidak natural dari objek yang anda potret. Hasil potretan alami adalah seni potret yang sangat luar biasa.

7. Always Ready

Bagian ini sangat penting bagi seorang fotografer. Jangan pernah ada kejadian, dimana ketika feeling anda mengatakan Shoot!!!, namun ternyata kamera smartphone anda belum siap untuk mengeksekusi. Maka, selalu genggam smartphone anda ketika melakukan hunting, karena terdapat banyak momen yang berlangsung secara singkat pada saat itu. Keberhasilan seorang fotografer bukan dilihat dari hasil kualitas gambar yang mereka hasilkan, namun seberapa cepat mereka memanfaatkan momen yang ada.

Itulah 7 cara memotret yang baik dan benar mengunakan kamera superphone yang ditegaskan oleh sang fotografer jalanan yang mendapat antusias banyak fotografer lain atas kreatifitasnya dalam memotret menggunakan perangkat iPhone. [HRS]